Marhenyantoz's Blog

Keutamaan Ibadah di Bulan Ramadhan

Posted on: 20/06/2013

  • In: Amal | Ramadhan
  • Komentar Dinonaktifkan pada Keutamaan Ibadah di Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan keutamaan. Karena itu sudah selayaknya kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt. atas nikmatnya kembali mempertemukan kita dengan bulan yang mulia ini. Ramadhan disebut sebagai bulan penuh berkah karena di dalamnya terdapat banyak keutamaan, diantaranya:

Pertama, Allah Swt. menyediakan ampunan bagi hamba-hambaNya yang melaksanakan shaum dengan keimanan dan keikhlasan. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw yang artinya “Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR Bukhari Muslim).

 Kedua, Allah Swt. akan melipatgandakan pahala shaum di bulan Ramadhan dengan kelipatan yang tak terhingga. Dalam sebuah hadits qudsi Allah Swt. Menjelaskan yang artinya “Setiap amal anak Adam akan dilipatgandakan. Satu kebaikan bisa dilipatgandakan dari sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman, “Kecuali puasa, sesungguhnya dia adalah milik-Ku, dan Aku yang akan membalasnya sendiri, karena dia meninggalkan syahwat dan makannya  demi mencari ridha-Ku.” (HR Bukhari Muslim)

 Ketiga, shaum di bulan Ramadhan akan menjadi tameng / perisai dari jilatan api neraka bagi hamba yang melaksanaknnya. Rasulullah Saw. Bersabda yang artinya “Puasa adalah perisai dan benteng dari api neraka.” (HR. Ahmad).

 Keempat, shaum akan memberikan syafaat kepada pelakunya di hari kiamat nanti. Dalam sebuah hadits dijelaskan yang berarti “Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaatnya kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata, ‘Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makanan dan syahwat pada siang hari, maka berilah ijin kepadaku untuk memberikan syafa’at kepadanya.’ Al-Qur’an berkata, ‘Aku telah menahannya dari tidur pada malam hari, maka berilah saya ijin untuk memberikan syafaat kepadanya.’ Keduanya dapat ijin untuk memberikan syafa’atnya.” (HR. Ahmad).

 Kelima, di dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.: “Sesungguhnya bulan ini (yaitu bulan Ramadhan) telah datang kepada kamu, di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang tidak mendapatkannya, berarti dia tidak mendapatkan seluruh kebaikan.” (HR Ibnu Majah).

 Untuk mendukung kaum muslimin agar mendapatkan segala keutamaan itu, Rasulullah Saw. menjelaskan bahwa di bulan Ramadhan pintu syurga dibuka, pintu neraka ditutup dan syetan-syetan dibelenggu. Rasulullah Saw. bersabda: “Jika datang bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu surga, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan diikatlah para setan.” (HR Bukhari dan Muslim).

 Dengan begitu, seolah-olah Allah Swt. ingin mengatakan kepada para hambaNya, :”Sudahkah kalian berbuat baik sebanyak-banyaknya, jangan takut digoda syetan karena syetan sudah dibelenggu.”

 Dalam kondisi seperti itu, jika masih ada umat Islam yang tidak berhasil mendapatkan keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan, maka dia adalah umat Islam yang paling tidak tahu diri. Sebab dia tidak memanfaatkan kesempatan besar yang disediakan Allah Swt.

 Pertanyaannya kemudian, apakah semua orang yang melaksanakan shaum di bulan Ramadhan secara otomatis mendapatkan semua keutamaan-keutamaan tersebut? Jawabannya tidak, karena Rasulullah Saw. sendiri pernah bersabda: “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thabrani)

selanjutnya …

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,397,695 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Abiubaidah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: