Marhenyantoz's Blog

Jawa Timur Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional

Posted on: 09/11/2013

  • In: Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Jawa Timur Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional

Malang (Pinmas)— Kontingen Provinsi Jawa Timur (Jatim) menjadi juara umum dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional 2013 di Kota Malang. Jatim ditetapkan sebagai juara umum setelah mengumpulkan 7 medali emas, 4 perak. Kemudian posisi selanjutnya Kontingen Provinsi Banten dengan perolehan 7 emas, 2 perak, dan satu perunggu.

“Juara ketiga, Provinsi Jawa Barat dengan 4 emas, 6 perak dan 1 perunggu,” Kata Kepala Sub Direktorat Kurikulum, Kidup Supriyadi saat membacakan pengumuman, saat acara penutupan, di Kota Malang, Jumat malam (8/11).Untuk diketahui, Kompetisi Sains ini diikuti puluhan siswa madrasah dari 33 provinsi di Indonesia, mulai tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs), dan Aliyah (MA) yang sebelumnya terjaring dari masing-masing wilayah.

Ajang kompetisi ini, setiap jenjang pendidikan memiliki mata pelajaran berbeda yang diujikan. Untuk siswa MI misalnya, hanya dua mata pelajaran diujikan, yakni Sains dan Matematika. Untuk tingkat MTs ada tiga mata pelajaran, antara lain Fisika, Matematika, dan Biologi.

Sedangkan tingkat MA ada enam mata pelajaran, yakni Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, Fisika, Geografi, dan Ekonomi. Tes dalam KSM terbagi menjadi dua bagian, yakni tes teori pertama dan tes teori kedua. Untuk tes teori pertama hanya untuk melihat kemampuan dasar siswa terhadap mata pelajaran yang diujikan. Sementara untuk tes teori kedua memiliki bobot soal yang lebih berat atau aplikatif, yakni eksperimen untuk mata pelajaran sains dan eksplorasi untuk mata pelajaran non sains.

Selain juara umum KSM, kontingen Jatim juga kembali menyabet juara umum dalam Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) yang digelar bersamaan dengan KSM. Aksioma digelar dua tahun sekali. Pada 2011 lalu, Jatim menjuarai perolehan medali saat digelar di Jakarta. “Juara umum adalah, Provinsi Jawa Timur dengan 7 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu”kata Kidup saat membacakan pengumuman.

Lalu, disusul Kontingen Jawa Barat dengan perolehan 5 medali emas, 0 perak dan 4 perunggu. Sementara posisi ketiga disabet Provinsi DI. Yogyakarta dengan 4 emas, 2 perak dan 0 perunggu.

KSM dan Aksioma ini digelar selama 5 hari, mulai 5 hingga 9 Oktober. Acara ini dibuka oleh Menteri Agama Suryadharma Ali pada Selasa (5/11) malam, di Stadion Gajayana, Malang. Sementara penutupan digelar pada Jumat malam (8/11) oleh Sekjen Kementerian Agama, Bahrul Hayat.

Sumber : Kemenag

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,266,454 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: