Marhenyantoz's Blog

Liga Dunia Islam : Mengimbangi Berkembangnya ‘Islamphobia’

Posted on: 26/09/2012

  • In: Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Liga Dunia Islam : Mengimbangi Berkembangnya ‘Islamphobia’

Liga Muslim Dunia akan  membuat dan mengelola ‘website’ Islam internasional. Pembuatan website ini  sebagai upaya mengimbangi berkembangnya ‘Islamphobia’ melalui media sosial. Rencana pembuatan ini disampaikan Sekjen Liga Muslim Dunia (Rabithoh Alam Islami), Abdullah bin Abdul Muhsin Al-Turki saat bertemu Sekjen Kementerian Agama RI, Bahrul Hayat dan Kepala Biro Hukum Kerja Sama Luar Negeri, Mubarak di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (25/9). Beliau sampaikan kepada Indonesia untuk ikut membantu mengelola website ini untuk kepentingan Islam.

Pembuatan ‘website’ IslammediaWML.org itu untuk menindaklanjuti rekomendasi Pertemuan Media Islam Internasional di Jakarta pada Desember 2011. Saat itu, Indonesia ditunjuk menjadi Komite Tindaklanjut Konferensi, salah satunya membuat ‘website’. IslammediaWML.org, bisa untuk mempromosikan Islam yang cinta damai agar kesalahfahaman tentang Islam bisa dikurangi.

Adapun para tokoh Lida Muslim Dunia antara lain :

Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Nama lengkapnya adalah Abdul Aziz bin Abdullah bin Abdurrahman bin Muhammad bin Abdul Ali Baz. Dilahirkan di Riyadh, Arab Saudi pada 12 Dzulhijjah 1330 H.

Dia wafat pada Subuh, Kamis 27 Muharram 1420 H di Kota Thaif, dishalatkan pada hari Jumat (28 Muharram 1420 H) di Masjidil Haram, dan dimakamkan di pemakaman Al-‘Adl Makkah.

Sebagai putra seorang ulama, pendidikan yang dikenyam oleh Abdul Azis lebih banyak tertuju pada pelajaran Alquran dan hadis. Kedua ilmu tersebut ia pelajari pertama kali langsung dari keluarganya.

Kemudian ia belajar ilmu-ilmu syar’i dari sejumlah ulama besar di Riyadh, seperti Syekh Muhammad bin Abdullathif bin Abdurrahman bin Hasan bin Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab dan Syaikh Shalih bin Abdul Aziz bin Abdurrahman bin Hasan bin Syekh Muhammad bin Abdul Wahab (hakim di Riyadh).

Abdul Aziz merupakan seorang dai beraliran Salafi. Semasa hidupnya, ia pernah menduduki posisi Mufti Agung Arab Saudi. Di samping itu, ia juga pernah menjadi qadhi (hakim) di daerah Al-Kharaj pada 1357-1371 H; Wakil Rektor Universitas Islam Madinah (1381-1390 H); dan Rektor Universitas Islam Madinah (1390-1395 H).

Di kancah internasional, sejumlah posisi penting pernah dijabatnya, antara lain anggota dan kepala majelis pendiri Liga Dunia Islam dan kepala Majma’ Al-Fiqhi Al-Islami (Akademi Fiqih Islam) yang berpusat di Makkah, yang merupakan bagian dari Liga Dunia Islam.

Said Ramadhan
Said Ramadhan adalah seorang intelektual Muslim asal Mesir. Ia dilahirkan pada 12 April 1926, dan wafat pada 4 Agustus 1995.

Semasa hidupnya, Said dikenal sebagai salah satu tokoh utama dalam organisasi Ikhwanul Muslimin yang didirikan oleh Hassan Al-Banna, yang tak lain merupakan mertuanya sendiri.

Sikap vokalnya yang ditujukan kepada pemerintahan Presiden Gamal Abdul Nasser membuat Said dan keluarganya diusir dari Mesir. Dia kemudian pindah ke Jenewa, Swiss dan menetap di sana hingga akhir hayatnya.

Selama bermukim di Swiss, Said memberikan kontribusi yang besar bagi penyebaran agama Islam di negara Eropa tersebut. Pada 1961, ia mendirikan Islamic Center di Jenewa. Islamic Center tersebut kemudian ia fungsikan sebagai masjid sekaligus pusat komunitas dan pembelajaran mengenai Islam.

Allal Al-Fasi
Nama lengkapnya Muhammad Allal Al-Fassi. Ia adalah seorang politikus, penulis, penyair, dan ilmuwan Muslim asal Maroko. Ia dilahirkan di Kota Fes, Maroko, 10 Januari 1910, dan wafat pada 19 Mei 1974.

Sejak usia muda, Al-Fasi sudah terjun ke dunia politik di Maroko. Pada masa penjajahan Prancis, ia memelopori berdirinya partai nasionalis Istiqlal. Partai politik yang didirikannya ini kelak menjadi kekuatan pendorong dalam perjuangan kemerdekaan Maroko dari kekuasaan kolonial Prancis.

Namun, pada pertengahan 1950-an, ia memutuskan untuk keluar dari partai dan memilih bergabung dengan kelompok revolusioner bersenjata dan para gerilyawan di perkotaan.

Berbeda dengan partai nasionalis Istiqlal yang memilih jalur diplomasi, kelompok revolusioner ini lebih memilih menggunakan jalur kekerasan dengan mengangkat senjata dalam memperjuangkan kemerdekaan Maroko.

Tantangan Liga Dunia Islam

Perkembangan dunia yang begitu pesat dari waktu ke waktu secara langsung berdampak pada berbagai sendi kehidupan masyarakat Muslim.

Karena itu, berbagai elemen masyarakat Muslim harus bersatu dan merapatkan barisan guna menghadapi dan mengatasi bebagai persoalan yang muncul di era globalisasi ini.

Liga Dunia Islam sebagai organisasi Islam transnasional—pad a era globalisasi ini dihadapkan pada setumpuk tantangan, salahsatunya dalam bidang informasi.

Hal tersebut terungkap dalam Konferensi Tahunan Liga Dunia Islam ke-11 yang diselenggarakan di Makkah pada 5 hingga 7 Zulhijah 1431 H lalu, yang bertepatan dengan 11-13 November 2010 M.

Sekjen Liga Dunia Islam Dr Abdullah bin Abdul Muhsin At-Turki mengatakan, Rabithah Al-Alam Al-Islami harus terus mewaspadai berbagai perubahan yang meliputi dunia Islam dan perkembangan teknik dalam bidang informasi, yang dapat memengaruhi kesadaran manusia di era globalisasi ini.

Guna menghadapi berbagai tantangan dalam bidang informasi, Liga Dunia Islam berusaha merealisasikan beberapa tujuan.

“Kami akan mengadakan peluang pertemuan, dialog dan pertukaran wawasan dan pengalaman, dan usaha untuk mengoordinasi kerja keras insan media di dunia Islam serta mempelajari realitas media massa pada masyarakat Muslim, guna membuat perbandingan dengan perkembangan dunia sekarang ini,” papar At-Turki.

Pihaknya berharap media modern bisa digunakan untuk menghadapi tantangan-tantangan dan membantu memajukan insan media, baik secara pemahaman maupun praktik. Seperti etika dan perilaku yang terpuji, hal itu adalah demi kebaikan dunia dan untuk merealisasikan Islam dan kaum Muslimin serta menemukan bentuk kerjasama dengan lembaga media massa, dalam menanggulangi berbagai masalah.

Perdamaian global
Lingkungan yang aman dan damai tentunya menjadi dambaan setiap umat manusia di dunia.

Namun, semua itu bisa tercapai jika hubungan antarmanusia yang memiliki latar belakang suku, budaya, dan keyakinan yang berbeda-beda berjalan secara harmonis.

Terkait dengan persoalan ini, Liga Dunia Islam menekankan pentingnya mengedepankan budaya dialog guna memperkuat hubungan manusia dan meningkatkan perdamaian global.

“Liga Dunia Islam menganggap dialog sebagai alat komunikasi sangat penting untuk mempromosikan pemahaman dan kerjasama di antara multikeyakinan dan kebudayaan yang ada,”  ujar Dr At-Turki.

Lebih jauh ia menegaskan, Islam menyerukan untuk menggalang dialog, pemahaman dan kerjasama antarnegara untuk kepentingan kemanusiaan. Menurutnya, dunia sangat membutuhkan pemahaman yang lebih besar dan kerjasama di antara negara.

“Karena itulah, Liga Dunia Islam telah menetapkan sejumlah program untuk mempromosikan dialog antara organisasi budaya dan sosial untuk meningkatkan hubungan antarmanusia dan kesatuan,” tambahnya.

Persatuan umat
Kondisi umat Islam dunia yang kini terkotak-kotak dan mengalami perpecahan juga menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Liga Dunia Islam. Dan, salah satu cara yang bisa ditempuh guna mewujudkan persatuan umat ini adalah melalui pelaksanaan ibadah haji.

Dr At-Turki menilai ibadah haji sebagai mutiara berharga bagi umat Islam. Menurutnya, pada momen itu, umat Islam akan memperluas semangat persaudaraan mereka ke level maksimal.

“Kami (Liga Dunia Islam—Red) menyeru para pemimpin umat Islam untuk memanfaatkan momen ibadah haji dalam mewujudkan persatuan umat,”  ujarnya.

Ia menambahkan, umat Islam memiliki pengaruh besar sepanjang sejarah kehidupan manusia di bumi. Meski demikian, ia menyebut keterasingan dari ajaran Islam selama berabad-abad sebagai penyakit kaum Muslim. Dampak keterasingan itu adalah muncul dan meluasnya perpecahan yang telah menyebabkan dominasi musuh-musuh Islam atas kaum Muslim.

Sumber : Republika.co.id

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,367,729 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Abiubaidah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: