Marhenyantoz's Blog

Wajib Sertifikasi Para Da’i dan Ustadz : Semua Jadi Repot

Posted on: 10/09/2012

  • In: Berita | Islam
  • Komentar Dinonaktifkan pada Wajib Sertifikasi Para Da’i dan Ustadz : Semua Jadi Repot

Kasus teror dua bulan terakhir marak lagi di Negara kita. Sehingga membuat aparat keamanan kerja ekstra keras, mengungkap siapa saja dalang dan pelaku teror tersebut. Kasus teror ini disebutkan sebagai ulah para teroris, misalkan penembakan di Solo, meledaknya bom di Depok.

Berbagai kasus terorisme yang telah terjadi di negara ini menunjukkan bahwa sampai saat ini aparat belum bisa mengatasi secara tuntas. Para pelaku yang disebutkan tokoh seperti Dr. Azhari, Nurdin M Top sudah hilang, namun yang kelopok-kelompok kecil masih saja bermunculan. Ini mengakibatkan peran Ustadz, Da’i di negara ini dipertanyakan perannya oleh pemerintah dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) . Sehingga muncul ide akan memberlakukan Sertifikasi bagi para Ustadz, dan Da’i.

Ini kan  aneh saja dengan usulan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) yang mengusulkan adanya Sertifiaksi da’i dan ustadz oleh negara. Setelah munculnya ide ini berbagai elemen masyarakat menolak adanya ide Sertifikasi bagi Ustadz dan Da’i.  Sependapat dengan pendapat Ketua PBNU KH Said Aqil Siraj bahwa bila itu diterapkan maka negara di anggap terlalu jauh mengurusi agama.

Seandainya pemberlakuan Sertifikasi bagi Ustadz dan Da’I diberlakukan, wah semua jadi repot, masyarakat akan jauh dari agama, akhlaq masyarakat jauh akan lebih rusak, pembangunan di negara ini akan lebih tersendat….. korupsi merajalela.

Mengapa demikian saya sampaikan?

Selama ini penyampaian ajaran agama yang benar, memberikan pendidikan dasar keagamaan disampaikan oleh orang-orang yang mempunyai ilmu agama, mereka peduli dengan kwajiban dakwah, walaupun tidak disebut sebagai da’i atau Ustadz. Mereka sampaikan pendidikan agama di Musholla, di Masjid, di rumah-rumah, di Lembaga Pemasyarakatan (LP), di kantor-kantor, sekolah,  dsb.

Penyampaian ajaran agama, akhlaq dan materi lainya akan berimbas pada jalannya kehidupan bermasyarakat lebih harmonis. Pembangunan negara ini menjadi lebih maju berkat orang-orang yang menyampaikan ajaran agama dengan benar, walaupun bukan para da’i. Disetiap kesempatan disampaikan hidup rukun, harmonis, melaksanakan kewajiban sebagai warga negara, membayar pajak, tidak korupsi, mentaati segala peraturan pemerintah dsb. Ya walaupun disampaikan hanya dalam tajuk KULTUM.

Seorang muslim adalah seorang da’i, ustadz akan memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim tentu akan berdakwah, tentu sesuai kemampuannya. Artinya ada jutaan ustadz, da’i di negara ini. Tanpa sertifikasi, tanpa ijazah pondokpun akan dengan ikhlas berdakwah.

Seandainya diberlakukan WAJIB SERTIFIKASI bagi para da’i , Ustadz, runyam juga nantinya. Seberapa kemampuan pemerintah mempunyai tenaga pensertifikasi? Mau dibawa kemana umat Islam yang ratusan juta orang tanpa bimbingan para dai dan Ustadz?

Memberantas terorisme itu intinya pada  setuju saja, pemerintah telah mempunyai perangkat aparat yang lengkap dan cukup (polisi, densus 88, BIN, dsb). Itulah kewajiban pemerintah melaksanakan Undang-undang, melindungi segenap warga negara Indonesia dari ancaman teroris. Tetapi bukan melokalisir khusus untuk umat Islam saja. Ingat, kasus penembakan di Papua tidak pernah disebutkan TERORIS?

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,442,146 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: