Marhenyantoz's Blog

Uri-uri Boso Jowo lewat Radio

Posted on: 24/10/2011

Uri-uri kabudayan boso jowo ono ing monco negoro. Ada sesuatu yang membanggakan hati ketika suatu malam browsing di internet menemukan suatu radio streaming  yang setelah didengarkan siarannya full “boso jowo” ngoko. Kemudian kita coba bongkar informasi yang ada di web tersebut untuk mencari semua informasi yang terkait dengan suara “jawa”nya, yang agak beda dialek yang diucapkan sang penyiar seperti kebanyakan bahasa jawa keseharian yang kita dengar.

Sebelum membaca lebih lanjut boleh dicoba dulu di sini http://rtv-garuda.com untuk mencari beberapa informasi atau ingin mencoba mendengarkan suaranya di sini http://rtv-garuda.com/webplayer.html dan jadwal acaranya di sini http://rtv-garuda.com/index..htm.  Coba kita bandingkan dengan yang saya temukan  di sini   belum ada yang menggunakan bahasa daerah 50% atau lebih.

Setelah anda mencoba barangkali dalam benak kita, muncul suatu pengakuan “sungguh hebat orang-orang Suriname keturunan Jawa ini”. Setelah seratusan tahun yang lalu para leluhurnya meninggalkan tanah jawa karena “dipaksa” Belanda untuk untuk menjadi “budak”nya. Setelah turun-temurun ke anak cucu, hasil didikan para sesepuh, orang tua telah menyatu dalam jiwa orang-orang jawa Asli Suriname ini. “Lestarekno budoyo jowo” mugo-mugo langgeng selawase.

Sampai saat ini saya sendiri belum pernah menemukan sebuah station Radio di beberapa daerah di Indonesia yang kita lewati, dengan program siaran yang mengkhususkan menggunakan bahasa daerah  sebagai pengantar, walaupun tidak 100%, tetapi lebih dari 80%.

Mudah-mudahan kedepaan akan ada station radio yang menyiarkan dengan pengantar bahasa daerah seccara full time.  Bukan berarti akan mengkotak-kotakan kesukuan, tetapi lebih sekedar URI-URI BAHASA DAERAH, agar budaya berbahasa daerah tetap lestari.

Inilah pelajaran yang bisa kita petik dari adanya pengalaman sejarah kelam saudara kita yang ada di Suriname, masih bersikukuh ingin mempertahankan budaya leluhurnya, sebagai kekayaan budaya bangsa Suriname. Dengan keminoritasan mereka (17%) dari populasi penduduk Suriname orang-orang keturunan jawa ini tetap eksis terus memacu diri untuk membangun bangsanya sendiri.

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1.803.314 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: