Marhenyantoz's Blog

Tips Memilih Jurusan Kuliah melalui SNMPTN

Posted on: 27/02/2011

  • In: Pendidikan
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tips Memilih Jurusan Kuliah melalui SNMPTN


Memilih jurusan kuliah adalah  satu kunci pembuka kesuksesan dimassa mendatang. Maka sebelum menentukan pilihan jurusan di PT harus dipikirkan masak-masak dengan berbagai macam pertimbangan dan referensi yang memadai. Apabila anda salah pilih jurusan maka akan sulit sekali memperbaiki kondisi anda selama mengikuti perkuliahan paling tidak dalam jangka waktu yang lama. Misalkan anda memilih S-1 maka akan memerlukan waktu kurang lebih 3,5 -4,5 tahun untuk menyelesaikan. Itupun jika anda termasuk sesuai minat, rajin dan cerdas. Jika tidak bias jadi stress selama mengikuti kuliah, atau berakhir dengan Drop Out (DO).

Berikut adalah tips memilih jurusan kuliah di PT :

1. Sesuaikan Keinginan dan minat. Tetapkan pilihan jurusan yang akan anda pilih, tapi harus Anda sesuaikan dengan minat kemampuan Anda. Misalnya ketika SMU jurasan anda IPA, tetapi mengalami kesulitan di pelajaran matematika, maka jangan memaksakan mengambil jurusan yang banyak hitungan. Matematika adalah dasar utama untuk mempelajari mata kuliah lain. Misal, jurusan teknik (kimia, sipil,bangunan, fisika, dll).

Demikian juga kurang bagus  hafalannya, kurang berprestasi dalam biologi, kimia, jangan memilih kedokteran, dsb.

 

2. Realistis. Anda harus berpikir realistis. Jangan terlalu idealis. Jangan memaksakan diri memilih jurusan karena jurusannya favorit, dalam benak ke depan mudah mencari pekerjaan dengan gelar sarjana tersebut, namun tidak didukung dengan dasar kemampuan yang memadai. Kedokteran itu prospeknya bagus, tetapi perlu dukungan otak yang memadai dan financial yang cukup.

3. Kenali Pesaing. Kadang banyak teman anda ngeyel jika dikasih tahu bahwa dalam satu sekolah dan kadang teman satu kelas bersaing dalam satu jurusan –satu Perguruan Tinggi. Ini masuk Idialis Dengan teman sendiri bersaing dan tahu persis rangking di kelasnya, apalagi denga  pesaing dari SMA lain se Indonesia?Misalnya, Kedokteran  UGM daya tampung 40 orang dengan peminat 1000 orang , berarti Anda harus menganyingkirkan 25 orang pesaing untuk bisa diterima disana.

4. Prediksi 5 tahun . Prediksi  yang dimaksud di sini adalah lapangan kerja 5 tahun ke depan apa yang banyak membutuhkan lapangan pekerjaan dan menjanjikan dari segi financial. Misal, sekarang lagi booming jurusan keguruan, banyak yang masuk ke jurusan keguruan karena pekerjaan jadi guru sekarang jadi favorit kerja. Bukan karena banyak jadi pahlawan tanpa Tanda Jasa, tapi tunjangan cukup menjanjikan karena Sertifikasi. Apakah 5 tahun ke depan masih favorit. Coba chek di sini daftar prodi SNMPTN 2011, daya tampung, peminat tahun lalu. Tak lupa bias konsultasikan dengan guru BP mu, orang tua serta kakak-kaka alumni sekolahmu untuk memberikan masukan berkaitan dengan pemilihan jurusan di PT.

5. Orang Tua, restu orang tua, dukungan biaya dari orang tua/wali.sangatlah penting demi kelangsungan study anda yang cukup memakan waktu agak lama.

 

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,413,941 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: