Marhenyantoz's Blog

Air Bersih VS Calon Pemimpin

Posted on: 10/11/2013

Air adalah sumber kehidupan dan komoditas yang paling berharga  , namun hampir setengah dari umat manusia menderita kekurangan air minum bersih atau sanitasi . Menurut PBB , sekitar 1,2 miliar orang – hampir seperlima dari penduduk dunia – tinggal di daerah dimana air langka dan angka itu akan meningkat sebesar 500 juta lagi selama dekade berikutnya . Ini juga memperkirakan bahwa lebih dari 2,6 miliar orang akan kekurangan sanitasi dasar .

Banyak kasus di berbagai daerah di tanah air yang masyarakatnya kesulitan dalam mendapatkan air, apalagi yang namanya air bersih. Daerah yang paling terkenal daerah yang langka akan air apalagi di musim kemarau, seperti  Kab.Gunung Kidul, dan deretan pegunungan di selatan pulau jawa bagian timur. Ada juga di NTT yang berbatasan dengan Timor Leste, masyarakatnya harus mencari air di negara tetangga.

Di belahan bumi lainnya juga banyak terjadi daerah yang kesulitan mendapatkan akses air, apalagi air bersih. Seperti di Pakistan , Bangladesh , Sudan dan Tanzania .

Cara yang paling sederhana untu mendapatkan air adalah membangun sebuah sumur gali. Tentunya dengan melihat kondisi geografis wilayah tersebut, apakah sumber air yang aka digali kemungkinan ada airnya? Apakah daerahnya merupakan deretan tanah pegunungan berbatu atau tidak, atau daerahnya datar ?

Banyak kasus daerah yang kesulitan mendapatkan akses air adalah daerah miskin, masyarakat berpendidikan rendah, kesulitan dalam masalah pangan, akses ke kota sulit. Inilah yang menyulitkan masyarakat bisa berpikir bagaimana cara agar daerahnya bisa memperoleh air dengan mudah.

Hal yang bisa dilakukan adalah adanya bantuan dari masyarakat luar. Bantuan yang bisa diberikan seperti memberi pengetahuan bagaimana cara mendapatkan air, pentingnya adanya air bersih bagi kesehatan, mengelola air, atau memberi bantuan sumur jadi yang airnya siap digunakan oleh masyarakat. Bantuan bisa diberikan oleh perorangan , organisasi kemasyarakatan, LSM, lembaga non departemen, Pemerintah.  Selama ini pemerintah masih kurang peduli dengan rakyatnya yang mengalami kesulitan air bersih dengan alasan tidak ada dana. Yang ada adalah dana selalu dikorupsi.

Bisakah pemerintah pusat /daerah bersungguh-sungguh dalam menyejahterakan rakyatnya, dengan memberikan proyek pembangunan pengadaan air bersih?

Untuk itu kepada masyarakat perlu diberikan pemahaman, pengetahuan politik sehingga tidak salah pilih dalam memilih calon pemimpin di daerahnya. Jangan pilih calon yang suka janji-janji !

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,266,454 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: