Marhenyantoz's Blog

Gerhana Bulan Total

Posted on: 11/12/2011

  • In: Berita | IPTEK
  • Komentar Dinonaktifkan pada Gerhana Bulan Total

Malam minggu kemarin telah terjadi gerhana matahari total dan nampak bisa dilihat diberbagai belahan negara. Untuk wilayah Indonesia bisa dilihat di Sumatra, Jawa, KAlimantan, sebagian Nusatenggara. Untuk diberbagai tempat di negara lain seperti bisa dilihat di wilayah Eropa, Afrika, Amerika Selatan, Australia, dan Asia, termasuk Indonesia. Wilayah timur Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah, dan barat Australia .

GBT Sabtu 10 Desember 2011 dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Diawali dengan dengan Gerhana Bulan Penumbra jam 18:34 WIB, Gerhana Umbra jam 19:46 WIB, Gerhana Total jam 21:32 WIB berakhir jam 21:57 WIB, Gerhana Umbra berakhir jam 23:18 WIB, Gerhana Penumbra berakhir jam 24:30 WIB.


Saya sendiri tidak bis a mengabadikan moment tersebut karena ketiadaan kamera yang dapat digunakan untuk mengambil gambar yang cukup jauh, punyanya kamera digital kecil 12 megapikxel, zoom 10x.  Namun demikian sungguh luar bisasa, kagum dan bersyukur, karena dapat menikmati secara langsung gerhana tersebut sambil malam mingguan . Sebagai dokumentasi tentu tidak punya fotonya, namun di internet banyak sekali, gambar sungguh bagus hasil jepretan para fotografer profesiaonal seantaero jagad.

Gerhana malam tadi nampak berwarna kemerahan. Apa ya yang menyebabkkan tampak merah? Menurut Astronom Institut Teknologi Bandung (ITB), Moedji Raharto, mengungkapkan keistimewaan gerhana bulan kali ini adalah warnanya yang merah-gelap. “Itu adalah indikator bahwa banyak sekali debu di angkasa kita,” “Pelajaran yang bisa dipetik adalah gerhana bulan telah merekam seta memberikan suatu informasi mengenai kondisi angkasa bumi yang dilalui cahaya matahari” Nah sekarang debu tersebut akan membahayakan bagi penduduk bumi atau tidak? Kita tunggu jawaban para ahli astronomi.

Sebagai obat pengingat bahwa tanggal 10 desember 2012 telah terjadi Gerhana Bulan Total, saya tampilkan slide fotonya, yang diambil dari berbagai sumber.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1.871.621 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Feed yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat