Marhenyantoz's Blog

Cara Mengatasi Kekeringan

Posted on: 18/09/2011

  • In: Uncategorized
  • Komentar Dinonaktifkan pada Cara Mengatasi Kekeringan

Kekeringan sedang melanda berbagai daerah di wilayah Indonesia dengan berbagai tingkat keparahan. Terasa sangat sedih melihat warga harus mencari air dengan berjalan kaki berkilometer sekedar mendapat air satu jerigen kecil. Bahkan ada yang harus berjalan naik turun bukit terjal dengan harapan mendapatkan air bersih untuk memasak menghidupi anak dan anggota keluarganya.

Kadang ada yang lebih menyedihkan melihat ibu-ibu, mbah-mbah tua renta harus mencari air yang jauh tempatnya, ternyata yang diperoleh hanya se-ember kecil air keruh yang tak layak digunakan. Di tempat lain kisah semacam ini muncul dengan mengais air di tengah lubang kecil di tengah telaga yang kering kerontang. Sedikit demi sedikit air dikumpulkan melalui canting kecil untuk memenuhi jerigen kecilnya dengan penuh sabar dan harus segera gentian dengan warga lain yang ngantri di belakangnya.

Kekeringan yang melanda negeri ini, tiap tahun selalu terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Akankah kejadian seperti ini akan selalu terulang kembali di tahun ke depan? Barangkali Ya. Pengalaman masa kecil 4o tahun lalu dikala anak-anak senang bermain air di parit-parit depan rumah dengan membuat sumur-sumuran, sungguh senangnya jika air mata air memancar dari lubang galian sedalam 10-15 cm. Ya hanya 10 cm menggali tanah dengan tangan sudah mendapatkan mata air. Setelah bermain membuat lubang sumur-sumuran dilanjutkan dengan mencari ikan diparit-parit, dengan mudahnya mendapatkan ikan, seperti ikan mujair, ikan betik atau ikan kating. Ya itu waktu 40 tahun yang lalu. Tahun-tahun berikutnya air mulai langka dengan beriringan matinya pohon-pohon tahunan dikebun-kebun, karena didirikan rumah-rumah, bangunan-bangunan, dsb. Namun sekarang ini orang membuat sumur untuk kebutuhan air minum keluarga harus menggali tanah antara 5 – 15 m, tergantung lokasi tanahnya. Itupun jika musim kemarau masih karing juga. Bagaimana dengan 5 -10 tahun ke depan, kondisi air permukaan akan makin dalam.

Begitulah kondisi perkembangan keadaan air permukaan di daerah kami. Walaupun dekat dengan kawasan hutan lindung yang hanya berjarak tidak lebih dari 15 km. Hutan kawasan yang mestinya lebat ternyata lebat dipinggiran saja, tengah hutan bagaikan padang ilalang nan luas sejauh mata memandang. Karena pohon-pohon telah ditebangi oleh orang-orang yang tidak peduli akan lingkungan dan hanya peduli keluarga dan kroninya. Ya cukong cukong besar, pejabat-pejabat diera tahun 70-80an. Kini penghuni hutan sepeti Gajah, terpaksa mencari makan di pinggir kawasan milik penduduk. Memakan seadanya, padi, pisang, pohon kelapa, sikat habis. Ya memang kasihan warga di sekitar kawasan hutan lindung. Korban tidak saja berujud tanaman pangan namun juga korban jiwa juga sudah banyak karena dibantai Gajah, dengan diinjak-injak, saat ronda menjaga tanaman pangannya yang hampir di panen.

Kembali ke masalah kekringan tadi, ternyata hutan penting sekali untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari dan mempertahankan ketersediaan air yan cukup. Sayangnya kesadaran masyarakat sekarang ini makin berkurang bahkan sama sekali tidak peduli akan pentingnya penanaman pohon tahunan, yang lebih parah lagi banyak pejabat yang terkait dengan pengadaan penanaman hutan juga banyak yang korup.

Pemerintah Indonesia telah mencanangkan penanaman pohon 1 Milyar di seluruh Indonesia. Ya, 1 milyar pohon dan akan terasa manfaatnya 5-10 tahun mendatang. Tetapi, 5 -10 tahun mendatang berjuta-juta pohon ditebangi untuk pembukaan lahan perkebunan seperti sawit, karet, atau penambangan hasil bumi lainnya. Belum lagi untuk kawasan perumahan, ladang berpindah, illegal loging, dsb. Sampai saat ini hutan Indonesia tidak lebih 100 juta hektar.

Peran Pemda
Kekeringan yang melanda berbagai daerah setiap tahun terjadi, dan masyarakat se Indonesia sudah tahu dan selalu ditayangkan bagaimana kehidupan rakyatnya yang kesusahan mencari air untuk keperluan hidupnya. Sekarang yang perlu dipertanyakan adalah sikap pemerintah daerahnya (PEMDA) selama ini dalam menangani kejadian ini sampai sejauhmana? Jika pemda beralasan sudah ditangani, tetapi di daerah yang sama masyarakat selalu kesulitan air. Belum ada sumur bor yang bisa mencukupi kebutuhan air warganya.

Solusi yang bisa diberikan adalah pemda membuatkan sumur bor ditiap desa yang mengalami kekeringan tiap tahunnya. Apakah bisa? Jawabnya pasti bisa, tergantung sikap para pemimpinnya ada niatan membantu apa tidak. Alasan klasik yang selalu dilontarkan adalah TIDAK ADA DANA.

Biaya pembuatan sumur bor sebenarnya murah sekali, jika dilihat manfaatnya. Contohnya didaerah saya, membuat sumur bor diameter 4 inchi kedalaman 50 meter, sudah ada pompa air yang ditanam di dasar sumur, air siap mengalir tanpa sumber listrik dan tampungan air , terima bersih Rp. 10.000.000,. misalkan lengkap bisa Rp. 15.000.000 (+ Bak dan Listrik)

Biaya di atas adalah biaya pribadi, bukan nilai proyek, tanpa tender, tanpa potongan sana-sini, tanpa ada yang dikorupsi. Tanpa gambar, tanpa biaya materai, tanpa proposal, tanpa ini itu.

Tetapi jika sumur bantuan pemerintah dengan kedalaman70 m, nilai proyeknya Rp. 90 juta.

Kalau pemerintah ada niatan membantu, permudahlah proses bantuan, dengan mengucurkan dana ke masyarakat secara langsung, biarkan masyarakat yanag menangani, jika kekurangan dana sedkit masyarakat yang mengusahakan kekurangannya, dengan arahan, bimbingan, dan pengawasan dari dinas terkait. Tidak menutup kemungkinan masyarakat yang diserahi proyek terdapat oknum yang ingin berbuat curang juga.

Dengan model semacam ini diharapkan masyarakat terbantu, dana pemerintah juga dapat terserap dengan baik, korupsi oknum Pegawai pemda bisa ditekan. Masyarakat jadi hidup sejahtera.

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1.871.620 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Feed yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat