Marhenyantoz's Blog

Efek Negatif Minum Minuman Bersoda

Posted on: 04/03/2012

  • In: Kesehatan
  • Komentar Dinonaktifkan pada Efek Negatif Minum Minuman Bersoda

Dikala sedang santai atau cuaca agak panas, minum air bersoda terasa segar. Apalagi minuman berasa dingin sehabis diambil dari kulkas. Segaaaaaaaaaaar.

Coba kita lihat perbandingan kandungan dalam minuman bersoda,  dalam sekaleng (330 ml) minuman bersoda mengandung 36 -46 gr gula. Rata-rata satu sendok the gula beratnya 4 gram. Jadi minum bersoda sekaleng hampir sama dengan mengkonsumsi gula 6 – 11 sendok the gula. Artinya minum bersoda dengan kadar gula tinggi bisa menyebabkan obesitas dan diabetes.

Apakah anda sering minuman bersoda atau malah termasuk pecandunya? Sebelum terlanjur cob a baca dulu  artikel dibawah ini akan menuliskan beberapa efek buruk Soda bagi kesehatan anda.
1. Soda tidak punya nilai gizi selain kandungan kalori dan gulanya yang tinggi.
Jadi tidak heran jika kebanyakan penyuka soda akan mengalami kenaikan berat badan dan cenderung obesitas. Sebagian besar minuman soda mengandung 250 kalori per 600 ml. Tak ada kandungan nutrisi atau mineral di dalamnya, melainkan hanya gula dan kafein.

2. Soda bersifat diuretik yang meningkatkan produksi urine
Sifat diuretik ini membuat air di dalam tubuh lebih banyak yang keluar melalui urine, jika tak diimbangi dengan minum air putih bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi.

3. Kandungan asam fosfor dalam minuman soda yang menimbulkan sensasi kesegaran atau gelembung-gelembung udara ternyata dapat mengerogoti tulang.

Jika minuman soda terus menerus dikonsumsi, maka semakin lama tulang akan makin rapuh dan berbentuk seperti pori-pori yang bolong-bolong. Kepadatan tulang yang berkurang akan memicu risiko radang sendi dan osteoporosis.

4. Kandungan asam soda bisa merusak gigi
Minuman soda bisa merusak gigi karena mengandung kadar gula yang tinggi. Komponen asam soda memiliki efek merusak pada email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.

5. Minum soda dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan erosi pada lapisan lambung yang mengakibatkan perut sering mulas, bergas dan masalah pencernaan lainnya.

6. Kandungan Natrium pada pada soda tidak baik untuk kesehatan jantung. Bukti dari studi penelitian ini menunjukkan bahwa terlalu banyak minum soda dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan hati juga.

7. Minuman soda yang dikonsumsi secara terus menerus juga bisa menimbulkan risiko kesehatan lain seperti diabetes tipe 2 akibat kandungan gulanya yang tinggi, memberikan efek dari kafein yang dikandung seperti insomnia, tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak beraturan.

8. Menyebabkan tulang melemah

Sebagian besar minuman soda mengandung asam fosfat yang bisa meningkatkan laju ekskresi kalsium melalui urine. Selain itu minuman ini juga kerap lebih disukai dibanding minuman lain yang lebih sehat sehingga mengurangi asupan kalisum secara keseluruhan.

 

     

    Iklan

    Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

    Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

    Download Fatwa MUI


    Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

    Wakaf Al-Qur’an

    Pengingat Hari ini

    Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

    Translate to your language

    Radio Online

    Kajian.Net

    Selamat

    Daftar Isi

    Slogan

    Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

    doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

    IP

    IP

    Blog Stats

    • 1,397,907 hits

    Pengunjung dari ……

    free counters

    Arsip Tulisan

    Peta Visitor

    Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

    Link Gambar

    Admin

    Image by FlamingText.com

    Pingin klik sajaFlamingText.com

    RSS Umpan yang Tidak Diketahui

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    RSS Hidayatullah.com

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    Quick Counter

    HTML hit counter - Quick-counter.net

    Do’a Selepas Shalat

    %d blogger menyukai ini: