Marhenyantoz's Blog

Server Ngadat UKG Gagal

Posted on: 31/07/2012

  • In: Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Server Ngadat UKG Gagal

Uji Kompetensi Guru (UKG) hari kedua di SMKN 3 Metro “GAGAL” sampai dengan jam 09.00 wib Selasa(31/7). Para peserta UKG menelan kekecewaan, gelisah, capek menunggu Koneksi internet ke server pusatnya gagal (Ngadat) . Guru tidak  bisa log in untuk isi data dan mengerjakan soal.

Guru-guru peserta UKG gelombang kedua sudah mulai berdatangan, sambil mencari informasi jadi tidaknya UKG hari ini atau mesti ditunda. Sedangkan gelombang pertama saja belum bisa konek, ya kita tunggu keputusan panitia saja kapan diulang kembali, ujar seorang Peserta yang ikut gelombang 2.

Pelaksanaan kegiatan masal yang menggunakan IT semacam ini ternyata memerlukan persiapan yang matang. Apalagi kegiatan yang baru pertama kali diadakan di suatu instansi. Walaupun sudah diadakan uji coba  oleh panitia namun hasil pada saat pelaksanaan secara resmi banyak mengalami kendala.

Melihat fakta yang terjadi tentu perlu diadakan koreksi terhadap semua perangkat yang diperlukan untuk menunjang kegiatan ini. Jangan hanya mengejar target kegiatan bisa dilaksanakan, jika “gagal kan” bisa diulang kembali. Masalahnya proyek ini melibatkan jutaan orang, sehingga akan berdampak luas di berbagai sektor. Secara ekonomi akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, dengan hasil yang minimal.

Perlu dipertimbangkan oleh pengambil kebijakan, pengambil keputusan bahwa pelaksanaan UKG ini jangan dianggap sepele, percaya hanya informasi yang disampaikan para penasehat dengan bualan “asal bapak senang”. Semua sudah OK Bos !

  1. Misal Kemendikbud sudah mengantisipasi server akan diakses minimal 250 ribu dalam waktu bersamaan. Sehingga tim pengembang sudah mempersiapkan alat pendukung agar nantinya berjalan lancar. (Kita misalkan Google, seberapa besar kapasitasnya sehingga mampu melayani pengguna internet se dunia !)
  2. Kemudian penunjukan sekolah penyelenggara pelaksanaan UKG harus dilihat kemampuan perangkat untuk mengakses internet. Jangan hanya dilihat bentuk fisik dan kuantitasnya, namun perlu dicek kemampuannya. Jangan sampai karena proyek, sekolah dengan internet bandwith 512kb ditunjuk sebagai pelaksana.
  3. Perlu kerjasama dengan provider yang handal dalam mempersiapkkan jaringan agar bandwith tidak habis ketika digunakan secara masal di suatu penyelenggara UKG, walaupun dengan resiko biaya  besar, namun lancar.

Menurut Kepala Badan Pembinaan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Syawal Gultom mengatakan, akan ada penjadwalan ulang bagi semua daerah yang tertunda melaksanakan uji kompetisi guru (UKG) . Menurut rencana, UKG ulang akan digelar pada 2 Oktober 2012 mendatang.

UKG penting dilaksanakan sebagai upaya untuk memetakan kompetensi guru dan sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Untuk itu UKG secara online tetap akan dilaksanakan dengan pembenahan , akan melakukan kroscek ganda sebelum UKG tahap selanjutnya mulai dilaksanakan. Ia berharap, pelaksanaan ujian pada para guru tersertifikasi itu dapat berjalan lebih baik dari UKG kali ini, demikian yang disampaikan Syawal.

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,415,603 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Abiubaidah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: