Marhenyantoz's Blog

Wakaf Al-Qur’an

Posted on: 03/07/2012

  • In: Islam | wakaf
  • Komentar Dinonaktifkan pada Wakaf Al-Qur’an

Wakaf Al Qur’an

Gerakan Wakaf Qur’an adalah salah satu program yang diperuntukan bagi kaum muslimin, baik yang mau mewakafkan Al- qur’an ataupun sangat membutuhkan Al-qur’an. guna keperluan untuk menghafal, muroja’ah atau sebagai bacaan keseharian dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah Jalla wa’ala, akan tetapi tidak mampu membelinya karena terlalu mahal, atau kaum muslimin yang di rumahnya belum memiliki Al-Qur’an karena suatu sebab. Dengan diberikannya Al-Qur’an mudah-mudahan jiwanya akan tergerak membaca dan mempelajarinya. Walhasil semoga program yang kami sampaikan dapat mengetuk hati para mukhsinin yang ada kelebihan hartanya untuk membantu saudara-saudara kita, dalam rangka memberantas buta huruf terhadap Al-qur’an.

Al-Qur’an adalan pedoman atau tuntunan bagi umat islam yang menginginkan kebahagian Dunia dan Akheratnya, barang siapa yang merasa hidupnya resah ( tidak tenang ) maka bacalah Al-qur’an. Oleh karena itu kami ingin menjadi wasilah ( penghubung ) antara mukhsinin dengan yang membutuhkan. Berkata Al-imam Hasan al Bashri Rohimahullah : ” Sesungguhnya kalian tidak akan meraih apa yang kalian suka melainkan dengan meninggalkan apa yang kalian senangi, Kalian juga tidak akan menggapai angan-angan kalian melainkan dengan bersabar atas apa yang kalian benci ( Tafsir Al-Qurthubi ).

Indonesia adalah negara dengan jumlah pemeluk agama Islam yang cukup besar sehingga membutuhkan Al-Qur’an tiap tahunnya sekitar 2 juta eksemplar, sedangkan kemampuan pemerintah hanya mampu mencetak 600.000 eks/tahun. Jumlah ini belum termasuk hasil cetakan swasta yang diperjual belikan.

Kita cukup prihatin dengan beredarnya berita bahwa di Kementrian Agama RI terjadi korupsi pengadaan Al-Qur’an. Inilah kasus yang sangat mencoreng kaum muslimin di Indonesia bahwa Al-Qur’an saja bisa dikorupsi.

Dengan gerakan wakaf Al-Qur’an ini diharapkan seluruh kaum muslimin di Indonesia memiliki Al-Qur’an, terutama Al-Qur’an yang ada terjemahnya sehingga bagi yang belum bisa mengartikan dapat mempelajari dan mengamalkan dengan baik. Harapan ke depan bangsa ini akan menjadi negara yang aman, sejahtera karena mendapat ridho Allah SWT.

Adapun cara mudah mewakafkan hartanya untuk keperluan kaum muslimin, anda bisa langsung membeli Al-Qur’an dan memberikan kepada orang atau lembaga yang membutuhkan. Cara lain yang bisa ditempuh bila mengalami kesulitan dalam menyampaikan kepada yang membutuhkan adalah dengan menghubungi lembaga-lembaga yang melayani wakaf Al-Qur’an.

Imam An-Nawawi Rohimahullah, Menyebutkan Dalam Kitab beliau ” Raudhotut Tholibin” bahwa rukun wakaf ada empat, yaitu :

Al-Waqif ( Orang yang mewakafkan )

Al-Mauquf ( Harta yang diwakafkan )

Al-Mauquf alaih ( Pihak yang dituju untuk wakaf tersebut )

Shighoh ( Lafadz dari yang mewakafkan )

Di syaratkan wakif ( Orang yang mewakafkan ) adalah :

Orang yang berakal dan dewasa pemikirannya,

Sudah berusia baligh dan bisa bertransaksi,

Orang yang merdeka ( Bukan budak )

Di antara hal yang harus diperhatikan dari harta yang akan di wakafkan adalah:

Harta tersebut telah diketahui dan ditentukan bendanya.

Benda tersebut adalah milik yang mewakafkan.

Harta yang diwakafkan adalah benda yang bisa di perjual – belikan dan bisa dimanfaatkan dengan tetap masih ada wujud  bendanya.

Apabila anda kaum muslimin dimanapun berada dan berniat dan mampu  untuk mewakafkan Al-Qur’an bersegeralah  melaksanakannya mumpung masih diberikan kesehatan, umur panjang, serta kelonggaran rezeki.

Sebagai gambaran bagi anda tentang harga Al-Qur’an dipasaran adalah relatif.  Relatif disini bisa dikatakan murah atau mahal tergantung kemampuan secara finansial dan niat untuk menggapai ridho Allah SWT. Misalkan sebuah Al-Qur’an terjemah terbitan Kemenag. Rp. 50.000/eks. Jika Al-Qur’an tanpa terjemah ada yang berharga Rp. 35.000/eks. Namun ada juga yang berharga di atas Rp. 100.000/eks tergantung kualitas Al-Qur’an serta kelebihan-kelebihan  di dalamnya.

Contoh Alamat tempat wakaf  Al-Qur’an :

  1. http://sejutaquran.org/
  2. http://wakafquran.org/

 

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,417,850 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: