Marhenyantoz's Blog

Inilah Sepenggal Unek-unek Muslimah AS Tentang Jilbab

Posted on: 13/04/2011

  • Di: Islam
  • Komentar Dinonaktifkan pada Inilah Sepenggal Unek-unek Muslimah AS Tentang Jilbab

NEW YORK – Pekan lalu suasana Jabberwocky Cafe sedikit berbeda dari biasanya. Kafe yang berada di pinggiran kota New York tengah menjadi tuan rumah diskusi Asosiasi Mahasiswa Muslim.

Sesuai namanya, diskusi ini bermaksud memberikan semacam pencerahan terhadap kekeliruan yang terjadi soal Islam dan Muslim. Diskusi berjalan begitu hangat dan mencapai titik klimaks ketika Muslimah AS giliran berbicara soal unek-unek mereka tentang hijab.

“Sangat mudah untuk melihat orang lain seperti lainnya ketika anda tidak tahu cerita mereka,” papar Kamilah Pichet, Muslimah AS keturunan Afro-Amerika. Ia mengaku kesal dengan kejahilan yang menimpa dirinya akibat gaya berpakaiannya yang serba tertutup.

Picket adalah mahasiswa Universitas Chicago sekaligus penulis buku “Ten Things About Me”. Saat itu ia tengah berbagi kisah dirinya bersama Muslimah AS lainnya,

Pickett yang memutuskan memeluk Islam ketika berusia 12 tahun mengenakan jilbab sebagai bagian dari keyakinannya sebagai Muslim. Dia menyatakan jilbab bukanlah sebatas kain penutup kepala melainkan bentuk kerendahan hati seorang perempuan Muslim dalam menjalani kehidupannya.  “Jilbab ini hanyalah sepotong kain, bukan tongkat sihir,” kata Pickett seperti dikutip dari Dailyorange, pekan lalu.

Varsty Muhammad, mahasiswa  tahun kedua studi kedokteran keluarga memutuskan memeluk Islam pada tahun 1998. Diawal, dirinya mengenakan jilbab sebatas saat menghadiri pengajian ataupun beribadah. Dia mulai mengenakan jilbab secara utuh pada tahun 2000.

Dalam pandangan Varsty, kesederhanaan sangat diperlukan. Jilbab itulah menurut Varsty simbol kesederhanaan itu. “Jilbab ini hanya materi. Mengenakan jilbab tidak membuat anda menjadi seorang Muslim,”katanya.

Zohura Ali, pakar keuangan dan akuntansi utama memilih untuk tidak mengenakan jilbab, meskipun ibunya dan dua kakak perempuan memakainya. Dia mengatakan orang tuanya percaya jilbab dapat membantu perempuan Muslim menekan godaan.  “Anda bisa menutupi rambut untuk seolah terlihat baik padahal masih melakukan semua hal-hal buruk,” kata Ali.

Azhar Ali, presiden dari Himpunan Mahasiswa Islam menilai kekeliruan tentang Islam yang terbesar adalah pernyataan yang mengatakan jilbab merupakan bentuk penindasan terhadap perempuan. “Jilbab membantu anda fokus termasuk menjadi alasan mengapa kalian ada di sini,” tegasnya. (Republika)

Berita Terkait Dari Republika :

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1.771.926 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

Iklan
%d blogger menyukai ini: