Marhenyantoz's Blog

Untung Rugi Kebijakan penghematan BBM ber-Subsidi

Posted on: 29/05/2012

  • In: Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Untung Rugi Kebijakan penghematan BBM ber-Subsidi

Mobil Plat Merah Nekat

.Pemerintah akan memberlakukan kebijakan penghematan energi . Seperti ditegaskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  (29/5) di Jakarta. Beliau menyebutkan kendaraan-kendaraan yang dilarang menggunakan BBM bersubsidi. Kendaraan yang dilarang adalah kendaraan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah, termasuk kendaraan BUMN dan BUMD serta  kendaraan perkebunan dan pertambangan. Tujuannya adalah penghematan.

Apa dampak larangan mobil –mobil diatas menggunakan BBM bersubsidi?  Pemerintah daerah dan lainya dengan mudah saja menyikapi hal tersebut. Pemerintah dan DPR, Pemda dan DPRD, dipastikan akan setuju menaikkan anggaran untuk pembelian BBM. Keduanya sama –sama diuntungkan, karena sama-sama menggunakan kendaraan plat merah.

Siapa yang akan dirugikan kebijakan ini? Tentu masyarakat lagi yang akan dirugikan. Pemerintah dan para anggota dewan akan mudah meloloskan anggaran pendapatan belanja negara atau daerah. Jika di daerah, akan berusaha memaksimalkan PAD mereka. Tentu masyarakat yang akan ketiban “nasib” harus menanggung biaya-biaya yang lebih tinggi. Pajak berbagai item akan dinaikkan sehingga masyarakat yang harus membayarnya.

Bagaimana dengan kendaraan diperkebunan dan pertambangan ? Masyarakat tidaklah berburuk sangka dengan suatu usaha yang jauh dari pemukiman penduduk, namun membutuhkan konsumsi energi yang tidak sedikit. Dampak yang akan dirasakan adalah kenaikan harga berbagai barang kebutuhan masyarakat dikarenakan perusahaan-perusahaan yang dilarang menggunakan bbm bersubsidi menguasai produk dari hulu sampai hilir.

Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana menjaga dan mengamankan bbm bersubsidi tidak diselundupkan keberbagai perkebunan dan pertambangan. Di sinilah tantangannya, karena semua akan bermain untuk mendapatkan keuntungan secara finansial.

Semenjak batalnya kenaikan BBM yang lalu masyarakat dibuat susah untuk mendapatkan bbm bersubsidi. Antrean panjang diberbagai SPBU diberbagai propinsi mengular ratusan meter. Antrean panjang membuat lamanya antrean makin membuat pencari BBM merasa berkeluh kesah, jengkel, ngedumel. Bagaimana tidak membuat frustasi ? Harga eceran premium bisa mencapai Rp. 10.000,/liter. Ini bervariasi diberbagai daerah, yang pasti lebih mahal dan susah mencarinya.  Sebenarnya masyarakat lebih setuju harga Rp. 6000/liter tetapi mudah mendapatkannya.

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,438,108 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: