Kreativitas
Posted 13/03/2013
on:- In: Pendidikan
- Komentar Dinonaktifkan pada Kreativitas
Kreativitas adalah hasil kerja keras ketika berbagai upaya/latihan untuk berkreasi, sehingga banyak melakukan aktivitas pada saat melakukan kegiatan.
Sedangkan untuk mengidentifikasi potensi peserta didik menurut (Djemari Mardapi: 2004) dapat dikenali dari ciri-ciri indikator kreativitas sebagai berikut:
Indikator kreativitas
- memiliki rasa ingin tahu yang besar
- sering mengajukan pertanyaan yang berbobot
- memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah
- mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu
- mempunyai/menghargai rasa keindahan
- mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya, tidak mudah terpengaruh orang lain
- memiliki rasa humor tinggi
- mempunyai daya imajinasi yang kuat
- mampu mengajukan pemikiran, gagasan pemecahan masalah yang berbeda dari orang lain (orisinil)
- dapat bekerja sendiri
- senang mencoba hal-hal baru
- mampu mengembangkan atau merinci suatu gagasan (kemampuan elaborasi)
Kemudian dapat di ambil 10 indikator kreativitas penelitian sebagai berikut:
- Keterampilan dalam menggunakan 3 Software
- Perhatian saat pelajaran berlangsung
- Antusias mengikuti pelajaran
- Perhatian pada saat guru menerangkan materi maupun memberikan contoh soal
- Bertanya pada guru
- Menjawab pertanyaan guru
- Semangat siswa dalam belajar
- Keaktivan mengerjakan soal di papan tulis dan di komputer
- Minat demonstrasi di depan kelas baik dengan computer atau tidak.
- Mengamati hasil penyelesaian soal teman di papan tulis maupun di komputer
Tag: teori pendidikan