Marhenyantoz's Blog

TIPS : Agar Ginjal Sehat

Posted on: 26/10/2013

  • In: Kesehatan
  • Komentar Dinonaktifkan pada TIPS : Agar Ginjal Sehat

PENYAKIT ginjal memang patut diwaspadai semua orang. Sebab, penyakit ini membuat kualitas hidup penderitanya menurun drastis. Gagal ginjal merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan, hal ini karena pasien gagal ginjal harus melakukan operasi transplantasi ginjal guna mengganti organ ginjalnya yang tak berfungsi lagi. Namun tak usah cemas, asal Anda mengetahui pemicu dan menerapkan pola hidup sehat dan teratur melakukan check up risiko tersebut dapat dihindari.

“Penyakit gagal ginjal cenderung dipicu karena efek buruk dari penyakit Diabetes Mellitus (DM), hipertensi, batu ginjal, obat-obatan seperti penghilang rasa sakit dan antibiotik. Namun, lebih dari itu mengapa gagal ginjal harus diwaspadai dikarenakan penyakit ini tak memiliki gejala awal, apakah itu pembengkakan di wajah, pergelangan kaki, anemia, nyeri tulang, kehilangan nafsu makan dan libido serta beberapa gejala seperti penyakit kronis umumnya,”kata Dr Sanjiv Saxena selaku Kepala Nephrologi dari Pushpawati Singhania Research Institute di New Delhi. Demikian seperti dilansit Healthmeup.

Ditambahkannya,bagi Anda yang sudah memiliki penyakit kronis (penyembuhan penyakitnya memiliki waktu yang lama) harus lebih waspada. Sebab, penyakit gagal ginjal banyak disumbangkan dari pasien DM dan juga hipertensi. Maka, untuk mengurangi risiko itu Anda bisa memantau gula darah tingkat dan tekanan darah serta pastikan Anda rutin melakukan check up.

“Cara sederhana yang bisa dilakukan ialah menjaga kadar gula darah bila Anda menderita penyakit diabetes, kemudian terus memantau tingkat tekanan darah Anda. Pastikan secara teratur memeriksakan fungsi ginjal, bagi Anda yang sudah mengalami penyakit kronis lainnya. Hal ini untuk mengantisipasi efek buruk penyakit kronis lainnya merembet ke fungsi ginjal Anda. Dan bila fungsi ginjal sudah terlanjur terganggu dan terdeteksi, upayakan secara teratur ke dokter untuk memeriksakan kondisi terkini tubuh agar menghindari kemungkinan yang tak diinginkan,” pungkasnya.

ORGAN utama dalam tubuh kita selain dari jantung adalah ginjal. Organ ini terdapat dalam sistem kemih dan berfungsi sebagai penyaring alami terhadap darah.

Ginjal kita juga berfungsi membuang racun dan cairan berlebih dari tubuh. Organ ini juga menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah, sehingga salah satu fungsinya adalah membantu mengatur tekanan darah.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merawat ginjal dengan cara terbaik sehingga ginjal bisa ‘melayani’ kehidupan Anda lebih lama dan tetap sehat. Berikut beberapa cara menjaga ginjal Anda tetap sehat, sebagaimana dilansir Boldsky.

Berhenti merokok

Salah satu cara terbaik untuk menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan berhenti merokok. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan banyak penyakit, salah satunya gagal ginjal di masa depan. Ketika Anda merokok, paru-paru akan lebih banyak memberikan tekanan pada ginjal, sehingga pada akhirnya membuat ginjal lemah.

Berhenti minum alkohol

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat memengaruhi kesehatan ginjal adalah minum alkohol. Oleh sebab itu, bila Anda memiliki kebiasan minum alkohol secara berlebihan sebaiknya pikirkan kembali dampak yang ditimbulkan untuk ginjal. Jadi, untuk menjaga ginjal tetap sehat berhentilah minum alkohol.

Berolahraga

Para ahli mengatakan, beberapa bentuk olahraga seperti berlari, berjalan, dan berenang baik untuk kesehatan jantung dan ginjal. Dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik ini dalam sehari minimal 1 jam. Berolahraga juga membantu menjaga berat badan. Bila Anda obesitas maka ginjal harus bekerja lebih keras sehingga bisa membuat organ ini melemah.

Menjaga cairan tubuh

Menjaga tubuh tetap terhidrasi membuat Anda menjalani gaya hidup yang sehat. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh akan berdapak baik untuk kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh dapat mengonsumsi 3 liter air setiap hari sehingga membuat organ ginjal berfungsi dengan baik dan sehat.

Menjaga tekanan darah

Menjaga tekanan darah adalah salah satu cara membuat ginjal Anda tetap sehat. Hindari terlalu banyak stres dan pastikan kadar kolesterol Anda tetap rendah. Ketika mengontrol tekanan darah, Anda cenderung menjalani hidup yang sehat sehingga menjaga ginjal tetap sehat.

Sumber : Kedaulatan Rakyat  Yogya

 

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,382,060 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: