Marhenyantoz's Blog

Penyebab Kecelakaan di Perlintasan KA

Posted on: 11/12/2013

  • In: Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Penyebab Kecelakaan di Perlintasan KA

Tragedi memilukan kembali terjadi akibat tabrakan antara mobil dengan kereta api. Sudah ratusan korban tewas digilas  si kereta besi  akibat tabrakan di pintu perlintasan.  Tragedi memilukan itu terjadi lagi Senin, 9 Desember 2013 pagi, saat kereta api bertabrakan dengan truk pengangkut bahan bakar.

Kecelakaan lalu lintas tidak hanya  banyak terjadi di jalan raya saja yang padat kendaraan saat melaju, tetapi diperlintasan yang jelas-jelas ada rambu-rambu berupa tanda gambar, bunyi sirine, bahkan palang pintupun masih terjadi kecelakaan.  Banyak pengguna jalan tidak sabar menunggu beberapa saat agar kendaraan yang mesti diprioritaskan dipersilahkan lewat dahulu.

Nampaknya masyarakat belum sadar akan aturan yang telah dibuat pemerintah. Namun perlu juga dipertanyakan apakah pemerintah sudah mensosialisasikan secara kontinu akan peraturan tersebut.   Kita ambil contoh, ketika mobil Ambulance lewat sirine meraung-raung, pengguna jalan dengan tenangnya tidak mau menepi untuk memberikan kesempata ambulance lewat.Rombongan pejabat  negara , rombongan kendaraan pasukan tempur dll dengan pengawalan mobil patroli yang membunyikan sirine, mestinya diberikan prioritas, itulah bunyi UU.

Namun perlu juga disayangkan kepada aparat polisi, jangan semaunya memberikan ijin kepada masyarakat yang minta pengawalan, misal rombongan  pengantin harus didahulukan dengan pengawalan polisi, apa hebatnya seorang calon pengantin.

Kembali ke masalah banyak korban di perlintasan kereta api akibat menerobos pintu palang KA.  Ketika kereta api berjalan di rel yang terbuat dari besi maka akan menimbulkan gaya tarik  diantara dua rel yang sejajar.  Bisa menimbulkan gaya tarik magnet terhadap benda lain yang beraliran listrik.  Banyak kasus ketika mesin mobil lewat diatas rel di perlintasan KA, sedang ada kereta lewat maka mesin mobil mati. Ini akibat sistem kelistrikan mobil akan dipengaruhi oleh gaya tarik oleh rel (gaya listrik/gaya magnet).  Mungkin selama ini belum ada yang membahas soal ini, yang dicari penyebabnya masalah siapa yang salah, apakah sopir/pengedara yang menerobos, atau petugas palang pintu yang lalai atau  peralatan pendukung yang rusak.

Jawaban Klasik “ Kita tunggu  hasil investigasi pihak berwenang ( pihak kepolisian, PT KAI, maupun Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)”.

Urusan sanksi  pelanggar,  Negara mengaturnya di dalam Undang Undang no_22_tahun_2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dalam pasal 114 UU tersebut ditegaskan bahwa pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain. Selain itu, mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada Kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel. Bagi para pelanggar, dalam pasal 296 digariskan sanksi yang bakal dijatuhkan, yakni penjara paling lama tiga bulan atau denda maksimal Rp 750 ribu.

Apapun sanksi yang akan diberikan , tentu  sudah  tidak ada gunanya lagi kalau sudah  mati ! Akibat ketidak sabaran, ketidak tahuan aturan atau akibat kebodohan masyarakatnya.

Marilah kita sebagai masyarakat untuk taat aturan , tertib di jalan, demi keselamatan kita sendiri dan orang lain. Setuju ?

Tag: ,

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,266,454 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: