Marhenyantoz's Blog

PEDOMAN SPMB-PTAIN 2013

Posted on: 23/02/2013

Anda ingin mendapatkan informasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI, baca terus tulisan di bawah ini.

Seleksi di PTAIN dibuat dua jalur, pertama Jalur prestasi akademik, dan kedua, jalur ujian tulis. Peserta dapat memilih program studi di luar wilayah tempat peserta melakukan pendaftaran (lintas wilayah) dan tidak perlu mengikuti ujian di tempat program studi yang menjadi pilihannya. Oleh karena itu,pilihlah tempat ujian yang paling dekat dengan domisili peserta.

PEDOMAN SPMB-PTAIN 2013 – JALUR PRESTASI AKADEMIK

Download Pedoman: Pedoman SPMB-PTAIN 2013 Jalur Prestasi Akademik
Download Panduan: Panduan Pendaftaran Sekolah dan Siswa

I. Latar Belakang

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, penerimaan mahasiswa baru di PTAIN melalui SPMB-PTAIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTAIN.

PTAIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTAIN berdasarkan penilaian dan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa PTAIN melalui jalur prestasi akademik.

II. Tujuan

  1. Mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah.
  2. Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah untuk menjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah/madrasah.

III. Ketentuan Umum dan Persyaratan

  1. Ketentuan Umum
    1. Jalur prestasi akademik ialah mekanisme seleksi bersama berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis.
    2. Sekolah/Madrasah yang berhak mengikuti jalur prestasi akademik adalah semua sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
    3. Sekolah/Madrasah disilahkan mengajukan permohonan kepada Ketua Panitia Pelaksana SPMB-PTAIN 2013 dengan menyertakan profil sekolah/madrasah melalui laman resmi: http://www.spmb-ptain.ac.id.
    4. Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing.
  2. Persyaratan Siswa Pelamar
  1. Pendaftaran
    1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalahkelas terakhir (kelas XII) yang akan mengikuti ujian nasional (UN) pada tahun 2013.
    2. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah/Madrasah, yaitu: masuk dalam peringkat terbaik di sekolah/madrasah yang sama pada semester 3, 4, dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi, dengan rincian sebagai berikut:
      1. Akreditasi A : 25% terbaik dan konsisten di semester 3, 4, dan 5
      2. Akreditasi B : 20% terbaik dan konsisten di semester 3, 4, dan 5
      3. Akreditasi C : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4, dan 5

Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, Bahasa, atau Agama berdasarkan nilai mata pelajaran yang relevan dengan jurusan masing-masing.

  1. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTAIN.
  3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
  • Penerimaan
  • Lulus dari Satuan Pendidikan (SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara), lulus seleksi jalur prestasi akademik SPMB-PTAIN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTAIN penerima.

    IV. Pendaftaran dan Tata Cara Pendaftaran

    1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://www.spmb-ptain.ac.id.
    2. Tatacara pengisian borang pendaftaran Jalur Prestasi Akademik dapat diunduh (download) dari laman http://www.spmb-ptain.ac.id.

    V. Jadwal Seleksi

    1. Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik : 13 Februari s/d 21 Maret 2013
    2. Seleksi Jalur Prestasi Akademik : 22 Maret s/d 21 Mei 2013
    3. Pengumuman Jalur Prestasi Akademik : 31 Mei 2013
    4. Pendaftaran Ulang yang diterima : 25 dan 26 Juni 2013

    VI. Program Studi dan Jumlah Pilihan

    1. Siswa pelamar memilih 2 (dua) PTAIN yang diminati.
    2. Siswa pelamar memilih 3 (tiga) program studi yang diminati pada masing-masing PTAIN.
    3. Urutan pilihan PTAIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
    4. Daftar program studi dan daya tampung SPMB-PTAIN Jalur Prestasi Akademik tahun 2013 dapat dilihat pada laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.idpada periode waktu pendaftaran.
    5. Ketentuan lebih lanjut mengenai prosedur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SPMB-PTAIN Jalur Prestasi Akademik diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTAIN yang dipilih siswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTAIN di laman PTAIN yang dipilih.

    VII. Biaya Pendaftaran

    Biaya pendaftaran SPMB-PTAIN Jalur Prestasi Akademik Tahun 2013 ditanggung oleh pemerintah. Dengan demikian, sekolah/madrasah yang memberi rekomendasi dan siswa pelamar tidak dikenakan biaya pendaftaran.

    VIII. Mekanisme Seleksi

    Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu:

    1. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTAIN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTAIN pilihan pertama.
    2. Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTAIN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTAIN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTAIN pilihan kedua.

    IX. Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

    1. Informasi resmi mengenai SPMB-PTAIN dapat diakses melalui laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id.
    2. Alamat Panitia Pelaksana SPMB-PTAIN 2013: Sekretariat SPMB-PTAIN, Gedung Information Center Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jl. Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp/Faks. (0341) 570887; e-mail: info@spmb-ptain.ac.id.

    X. Lain-lain

    Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SPMB-PTAIN Jalur Prestasi Akademik Tahun 2013 akan diinformasikan melalui laman resmi SPMB-PTAIN http://www.spmb-ptain.ac.id dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Prosedur Operasional Standar SPMB-PTAIN Tahun 2013.

    PROGRAM STUDI JALUR PRESTASI di http://spmb-ptain.ac.id/?p=prodi

     

    PEDOMAN SPMB-PTAIN 2013 – JALUR UJIAN TERTULIS

    Download PDF: Pedoman SPMB-PTAIN 2013 Jalur Tertulis

    I. Latar Belakang

    Jalur Ujian Tertulis merupakan salah satu jalur SPMB-PTAIN yang diharapkan mampu memprediksi keberhasilan calon mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu di PTAIN. Ujian tertulis SPMB-PTAIN menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Disamping itu, soal ujian SPMB-PTAIN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi tes potensi akademik, tes bidang studi dasar, tes wawasan keislaman, tes bidang studi IPA, dan tes bidang studi IPS.

    II. Tujuan

    1. Menjaring calon mahasiswa yang diprediksi berhasil menyelesaikan studi di PTAIN sesuai dengan bidang yang dipilihnya secara tepat waktu.
    2. Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu program studi di PTAIN tanpa harus memperhatikan kesamaan lokasi antara calon peserta dan PTAIN yang dipilih (lintas wilayah).

    III. Ketentuan Umum dan Persyaratan

    1. Ketentuan Umum

    Jalur ujian tertulis adalah mekanisme seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis yang dilakukan serentak. Lokasi pelaksanaan SPMB-PTAIN berjumlah 53 tempat sesuai dengan jumlah UIN/IAIN/STAIN di Indonesia. Penjelasan tentang seluk-beluk Panitia Lokal pada masing-masing PTAIN dapat dilihat pada laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id.

    1. Persyaratan
      1. Pendaftaran
        1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalahatau yang setara dan lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.
        2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTAIN.
        3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
      2. Penerimaan

    Lulus dari Satuan Pendidikan, lulus seleksi jalur ujian tertulis SPMB-PTAIN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTAIN penerima.

    IV. Pendaftaran dan Tata Cara Pendaftaran

    1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://www.spmb-ptain.ac.id.
    2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dapat diunduh (download) dari laman http://www.spmb-ptain.ac.id.
    3. Pendaftaran online dimulai tanggal 6 Mei 15 Juni 2013.

    V. Jenis Ujian

    1. Ujian Tertulis dengan materi:
      1. Tes Potensi Akademik
      2. Tes Bidang Studi Prediktif:
        1. Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Ilmu Alamiah Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar.
        2. Tes Wawasan Keislaman terdiri atas mata ujian al-Qurn-al-Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah-Akhlak, dan Fiqh.
        3. Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
        4. Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

    VI. Jadwal Ujian

      Selasa, 25 Juni 2013

    :

    Tes Potensi Akademik  
        Tes Bidang Studi Dasar  
        Tes Wawasan Keislaman  
         
      Rabu, 26 Juni 2013

    :

    Tes Bidang Studi IPA  
        Tes Bidang Studi IPS  

    VII. Penilaian Hasil Ujian

    Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:

      Jawaban BENAR

    :

    + 4
      Jawaban SALAH

    :

    – 1
      Tidak Menjawab

    :

      0

    Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

    VIII. Kelompok Ujian

    Kelompok ujian tertulis SPMB-PTAIN terbagi menjadi 3 (tiga):

    1. Kelompok Ujian IPA
    2. Kelompok Ujian IPS
    3. Kelompok Ujian IPC

    Setiap peserta dapat mengikuti kelompok Ujian IPA, IPS, atau IPC tidak harus sesuai dengan jurusan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah yang bersangkutan.

    IX. Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

    1. Program Studi yang ada di PTAIN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok IPA dan IPS.
    2. Setiap peserta kelompok ujian IPA atau IPS dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti.
    3. Setiap peserta kelompok ujian IPC dapat memilih maksimal 3 (tiga) program studi dengan catatan minimal satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS.
    4. Urutan dalam pemilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan.
    5. Peserta ujian yang memilih hanya 1 (satu) program studi boleh memilih program studi dari PTAIN di wilayah mana saja.
    6. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTAIN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTAIN di luar wilayahnya.
    7. Daftar program studi dan daya tampung tahun 2013 dapat dilihat di laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id.

    X. Biaya Ujian Tertulis

    1. Peserta kelompok IPA atau IPS membayar biaya ujian tertulis sebesar Rp.150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta.
    2. Peserta kelompok IPC membayar biaya ujian tertulis sebesar Rp.175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta.
    3. Biaya ujian dibayarkan ke Bank Mandiri. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

    XI. Pengumuman Hasil Ujian

    Hasil ujian diumumkan di laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.idyang dapat diakses pada hari Sabtu, 20Juli 2013.

    XII. Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

    1. Informasi resmi mengenai SPMB-PTAIN 2013 dapat diakses melalui laman resmi http://www.spmb-ptain.ac.id.
    2. Alamat Panitia Pelaksana SPMB-PTAIN 2013: Sekretariat SPMB-PTAIN, Gedung Information Center Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jl. Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp/Faks. (0341) 570887; e-mail: info@spmb-ptain.ac.id.

    XIII. Lain-lain

    Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SPMB-PTAIN Jalur Ujian Tertulis Tahun 2013 akan diinformasikan melalui laman resmi SPMB-PTAIN http://www.spmb-ptain.ac.id dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Prosedur Operasional Standar SPMB-PTAIN Tahun 2013.

    PROGRAM STUDI JALUR TERTULIS di http://spmb-ptain.ac.id/?p=prodi&j=2

    SPMB-PTAIN Jalur Prestasi

    Bila Anda mengalami kesulitan, silahkan hubungi:
    Telp : 0341-570887
    e-mail : info@spmb-ptain.ac.id

    Download Panduan Pendaftaran

     

    Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

    Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

    Download Fatwa MUI


    Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

    Wakaf Al-Qur’an

    Pengingat Hari ini

    Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

    Translate to your language

    Radio Online

    Kajian.Net

    Selamat

    Daftar Isi

    Slogan

    Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

    doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

    IP

    IP

    Blog Stats

    • 1.871.622 hits

    Pengunjung dari ……

    free counters

    Arsip Tulisan

    Peta Visitor

    Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

    Link Gambar

    Admin

    Image by FlamingText.com

    Pingin klik sajaFlamingText.com

    RSS Feed yang Tidak Diketahui

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    RSS Hidayatullah.com

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    RSS Arrohmah.com

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

    Quick Counter

    HTML hit counter - Quick-counter.net

    Do’a Selepas Shalat