Marhenyantoz's Blog

Kesehatan

Obat DBD, demam berdarah dengue yang paling top dan ampuh saat ini, dan perlu dimasyarakatkan adalah Daun ULAR, alias Daun UBI JALAR (Tempat saya disebut MUNTHUL) yang lain MANTANG, tempat anda bisa   beda lagi.

Resepnya :

Ambil pucuk daun ubi jalar sebanyak porsi ikatan sayuran, rebus dengan seliter air selama lebih dari 5 menit. Minum sebagai pengganti air minum, berarti sekitar seliter sehari. Mudah-mudahan cepet sembuh. Amin

Baca di sini dan lainnya

http://www.stuartxchange.org/Kamote.html

http://www.pinoyecofarmer.com/medicinal-plants/names-starting-letter-6/kamote-ipomea-batatas-linn-poir/

Virus Hepatitis Jauh Lebih Menular Ketimbang HIV

Banyak orang sudah mengetahui bahwa virus hepatitis dapat menyebar melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi atau berbagi jarum suntik bekas pakai. Pemakian sisir bersama , sikat gigi bersama, handuk, piring, gelas, dsb  Namun penyakit yang menyerang hati ini juga dapat menyebar melalui kontak seksual, demikian dilansirWebMD. 

Mari kita cek apa kaitan antara kontak seksual dan hepatitis agar Anda dapat melindungi diri dari penyakit mematikan ini

Ada berapa jenis virus hepatitis ini? Para ilmuwan telah mengidentifikasi ada 8 jenis virus hepatitis. Di AS, yang menjadi ancaman utama adalah hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

Dapatkah semua jenis virus itu menyebar melalui kontak seksual? Hepatitis A, B, dan C semuanya dapat ditularkan melalui kontak seksual, meskipun transmisi seksual untuk hepatitis C kurang umum.

Hepatitis A menyebar melalui kontak fecal-oral,  yang bisa terjadi jika ada kontak langsung mulut dengan anus atau kontak dengan jari atau obyek yang berada di atau dekat anus dari seseorang yang terinfeksi. Bahkan jika feses dalam jumlah sangat kecil yang mengandung virus terkontak dengan mulut, infeksi tetap bisa terjadi.

Hepatitis B menyebar melalui darah, semen (mani), cairan vagina dan cairan tubuh lainnya dari seseorang yang terinfeksi virus tersebut. Virus hepatitis B 50-100 kali lebih menular dibandingkan HIV, sebuah virus penyebab AIDS, dan mudah ditularkan melalui hubungan seksual.

Hepatitis C disebarkan melalui kontak dengan darah seseorang yang terinfeksi, yang terjadi  kemungkinan karena luka di area genital atau haid.

Apakah laki-laki dan perempuan peluangnya sama menyebarkan hepatitis melalui kontak seksual? Risiko ditentukan oleh perilaku seseorang, bukan berdasar jenis kelamin. Pria yang aktif secara seksual dengan laki-laki (homoseksual) memiliki kemungkinan tertular/menularkan virus hepatitis B sebanyak 10-15 kali lebih tinggi dibandingkan populasi umum.

Virus hepatitis umum berjangkit pada orang yang berasal dari daerah endemik penyakit, termasuk  Asia, Sub-Sahara Afrika, Eropa Timur dan Timur Tengah. Infeksi juga umum terjadi pada mereka yang menggunakan obat suntik atau hirup. Orang-orang yang memiliki tato atau tindik juga lebih mudah terinfeksi virus hepatitis sebab jarum yang digunakan untuk mendekorasi tubuh kadang-kadang terkontaminasi virus ini.

Namun tentu saja bukan karena seseorang masuk dalam kelompok di atas serta merta dia terinfeksi, atau sebaliknya.  (Metronews)

Akibat Benturan Kepala

ANDA pernah mengalami benturan kepala? Jika pernah, jangan anggap remeh. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui perihal benturan kepala. Apalagi kepala merupakan bagian tubuh yang sangat rawan karena di dalam tulang tengkorak kepala tersimpan aset kehidupan yang sangat penting, yaitu otak dan sistem saraf pusat lain.

Benturan pada kepala dari cukup ringan hingga lebih berat potensial menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Cedera kepala adalah penyebab kematian utama dari kecelakaan lalu lintas, khususnya kecelakaan pengendara motor yang tidak memakai helm.

Pada kecelakaan lalu lintas atau trauma fisik lainnya, benturan yang relatif keras pada kepala dapat menimbulkan berbagai gangguan seperti retak dan patah tulang tengkorak, pendarahan dalam tengkorak, dan tidak jarang berbuntut pada koma serta efek benturan kepala yang lebih ringan yang dapat menimbulkan benjol (hematoma). Benturan kepala juga sering terjadi gegar otak (commotion serebri).

Benturan kepala rentan menyebabkan terjadinya gegar otak. Gejala gegar otak sendiri jika tidak ditangani baik, bisa menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Salah satunya penyakit epilepsi.

Namun tidak semua benturan yang mengenai kepala bisa menyebabkan gegar otak. Itu karena otak dilindungi tengkorak yang kokoh ditambah selaput otak sendiri. Karena itu tidak semua benturan langsung bisa menyebabkan terjadi gegar otak itu sendiri. Begitu kata dr Hengky Indradjaja kemarin.

Dalam istilah medis, benturan kepala disebut trauma capitis. Benturan yang keras bisa menyebabkan gegar otak. Dalam bahasa awam, gegar otak adalah bergeraknya jaringan otak dalam tengkorak. “Hanya bergerak saja,” ujarnya.

Meski hanya bergerak, gegar otak bisa membuat cedera dalam otak seperti pendarahan dan pembengkakan dalam jaringan otak. “Tergantung berat-ringan cedera,” ujarnya.

Untuk memastikan, bisa dilihat dari gejalanya. Jika terjadi gegar otak, biasanya gejala yang muncul adalah pusing, kesadaran menurun, muntah berkali-kali, hingga pingsan. “Makanya jika terjadi gejala ini sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk memastikan gegar otak atau tidak. Pastikan juga derajat gegar otak yang dialami,” jelasnya.

Namun tidak semua gejala muncul saat benturan terjadi. Bisa saja gejala muncul beberapa waktu kemudian. Itu disebut lucid interval. Terkadang ada yang mengalami gejala setelah beberapa jam atau sehari kemudian. “Makanya kadang-kadang ada yang meninggal kemudian. Waktu jatuh tidak ada masalah. Rupanya terjadi pendarahan di otak,” ujarnya.(nid/adi)

Periksa Dokter, Bila Perlu Segera Operasi

BILA Anda mengalami benturan keras di kepala, sebaiknya cepat periksa ke dokter. Dari tekanan darah dan denyut nadi, bisa dilihat apakah ada kelainan di dalam otak. Jika ada kelainan, kata Hengky, “Baru untuk memastikannya dilakukan CT scan.”

Lalu apa saja dampak gegar otak itu? Jika gegar otak ringan biasanya dalam beberapa hari bisa kembali normal. Gegar otak ringan tidak sampai menyebabkan terjadinya pendarahan di dalam jaringan otak. “Memang ada gangguan memori, tapi sementara. Beberapa hari biasanya akan kembali normal,” ujarnya.

Namun pada gegar otak berat yang menimbulkan pendarahan, harus segera dioperasi untuk menghilangkannya. Jika pendarahan menutupi semua otak, orang tersebut bisa meninggal dunia. Kalaupun hidup, menimbulkan kecacatan. Selain itu, meski sembuh, luka parut dalam jaringan otak tetap menimbulkan kecacatan pada otak. “Komplikasi paling sering akibat luka di jaringan otak ini adalah epilepsi.”

http://avokadojuice.wordpress.com/2009/08/27/akibat-benturan-kepala/

Khasiat Obat Mindi (Melia azedarach)

Banyak orang salah kaprah antara mindi dengan mimba, karena secara fisik kedua tanaman ini hampir sama. Mindi kecil (Melia azedarach) kerap kali ditanam di sisi jalan sebagai pohon pelindung. Pohon yang tumbuhnya cepat dan berasal dari Cina ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.100 m dpl.

Ciri morfologi Mindi:

•Batang
Batang yang bercabang banyak ini mempunyai kulit batang yang berwarna cokelat tua,
dengan tinggi sampai 4 m, beralur membentuk garis-garis dan bersisik.Batang silindris,
tegak, tidak berbanir; kulit batang (papagan) abu-abu coklat, Pada pohon yang masih
muda memiliki kulit licin dan berlentisel; kayu gubal putih pucat; kayu teras coklat kemerahan.

•Daun
Daunnya majemuk ganda, menyirip ganjil, tumbuh berseling dengan panjang 20-80 cm.
Anak daun bentuknya bulat telur sampai lanset, tepi bergerigi, ujung runcing, pangkal
membulat atau tumpul, permukaan atas daun berwarna hijau tua, bagian bawah hijau
muda, panjang 3-7 cm, lebar 1,5-3 cm. Daun mahkota berjumlah 5, panjangnya sekitar 1 cm,
warnanya ungu pucat, dan berbau harum. Daun yang dikeringkan di dalam buku bisa
menolak serangga atau kutu.

•Bunga
Bunga majemuk dalam malai yang panjangnya 10–20 cm, keluar dari ketiak daun.

•Buah
Buahnya buah batu, bulat, diameter sekitar 1,5 cm. Jika masak warnanya
cokelat kekuningan, dan berbiji satu. Perbanyakan dengan biji.

•Biji
Biji sangat beracun dan biasa digunakan untuk meracuni ikan atau serangga.

SIFAT DAN KHASIAT
Kulit akar dan kulit kayu mindi kecil (ku lian pi) rasanya pahit, sifatnya dingin,
sedikit beracun (toksik). Ku lian pi masuk meridian hati, lambung, dan limpa.
Berkhasiat membersihkan panas dan lembab, peluruh kencing (diuretik),
pencahar (laksatif), perangsang muntah, dan peluruh cacing usus (antelmintik).
Buah mindi kecil (chuan lian zi) rasanya pahit, sifatnya dingin, sedikit toksik.
Chuan lian zi masuk meridian hati, usus kecil, dan kandung kemih,
serta berkhasiat peluruh cacing usus (anthelmintik), mengaktifkan energi vital
guna meredakan nyeri, dan sebagai obat luar berkhasiat antijamur.
Daun berkhasiat peluruh kencing (diuretik) dan peluruh cacing.
Seluruh tanaman berkhasiat pembunuh serangga.

EFEK FARMAKOLOGIS DAN HASIL PENELITIAN
Toosendanin merupakan komponen aktif pada mindi kecil yang berkhasiat
antelmintik dan bekerja lebih lama dari santonin. Pada percobaan in vitro,
infus Meliae Cortex dengan konsentrasi 25–50% menyebabkan kelumpuhan
cacing keremi yang berasal dari tikus. Pemberian toosendanin 8 mg/kg BB
pada tikus secara intravena (IV) atau intramuscular (IM) atau suntikan 0,4 mg/kg langsung
ke pusat pernapasan di medulla, menyebabkan gagal napas. Ini menandakan toosendanin
dapat menimbulkan depresi pernapasan.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah kulit kayu, kulit akar, buah,
dan daunnya. Gunakan bahan segar atau yang telah dikeringkan. Kulit batang setelah
dicuci, lalu jemur sampai kering. Lakukan Pemotongan sebelum penyimpanan.

KHASIAT OBAT MINDI:

1. PENYAKIT KULIT
Siapkan kulit kayu atau kulit akar yang kering sebanyak 15-30 g atau 30-60 g
jika menggunakan yang segar. Rebus atau jadikan bubuk/pil. Jika menggunakan
buahnya, rebus buah mindi kecil sebanyak 5–10 g, lalu minum airnya.
Untuk pemakaian luar, rebus kulit kayu atau kulit akar, gunakan airnya
untuk mencuci kurap atau membilas liang kemaluan yang gatal dan keputihan
akibat infeksi trichomonas (trikomonal vaginitis).

Kulit kayu atau kulit akar juga bisa dibakar/dipanggang, lalu giling sampai
halus menjadi bubuk. Untuk pemakaian, tambahkan cuka atau minyak
secukupnya pada bubuk tersebut, lalu oleskan pada kelainan kulit, seperti
rubella (campak Jerman), erisipelas (infeksi akut pada kulit akibat Streptokokus),
kurap di kulit kapala karena jamur (tinea kapitis), gatal-gatal akibat skabies,
ekzema, dan koreng. Daun mindi kecil juga bisa direbus, gunakan airnya untuk
mencuci kurap dan daunnya untuk mengompres koreng, bisul, ekzema,
dan radang kulit akibat infestasi cacing.

http://tanpapena.blogspot.com/2010/12/khasiat-obat-mindi-melia-azedarach.html

Pegagan, Bikin Otak Encer

Pegagan (Centella asiatica) merupakan tumbuhan asli Indonesia yang tersebar di wilayah Asia Tenggara dan kepulauan sepanjang Samudra Indonesia. Tanaman ini dikenal dengan nama pegagan.

Pegagan termasuk tanaman tahunan daerah tropis yang berbunga sepanjang tahun. Bentuk daunnya bulat seperti ginjal, batangnya lunak dan beruas, serta menjalar hingga bisa mencapai 1 meter panjangnya. Pada tiap ruas akan tumbuh akar dan daun dengan tangkai daun panjang dan akar berwarna putih. Dengan berkembang biak secara vegetatif seperti itu, ia cepat beranak-pinak. Jika keadaan tanahnya bagus, tiap ruas yang menyentuh tanah akan tumbuh menjadi tanaman baru.
Pegagan bisa tumbuh hingga ketinggian 2.500 m diatas permukaan laut. Jenisnya tumbuhan tanpa batang, dengan rimpang pendek dan stolon-stolon yang merayap dengan panjang 10-80 cm. Akarnya keluar dari setiap bonggol,dengan cabang yang akan membentuk tumbuhan baru. Helai daun bersifat tunggal (satu), panjang tangkai sekitar 5-15 cm dengan bentuk ginjal manusia.
Tepi daun agak bergerigi dengan penampang 1-7 cm tersusun dalam roset yang terdiri dari 2-10 helai daun. Bunga, warnya putih atau merah muda, bersusun seperti sebuah karangan bunga berbentuk payung yang tunggal atau 3-5 kuntum keluar dari ketiak daun pegagan. Juga berbuah yang bentuknya lonjong atau pipih yang panjangnya 2-2,5 mm; berbau wangi dan rasanya pahit.
Kandungan kimiawi dari Pegagan : asiaticoside, isonthankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose,carotenoids, garam-garam mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium,besi,vellarine, zat samak).

Tanaman ini juga digunakan secara oral maupun topikal untuk meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varises, dan salah urat. Selain dapat membantu meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh, pegagan juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat energi serta menurunkan gejala stres dan depresi.
Manfaat lainnya adalah: memberi efek positif terhadap daya rangsang saraf otak,dan memperlancar transportasi darah pada pembuluh-pembuluh otak. Bahkan saat ini sudah dimanfaatkan sebagai tonik untuk meningkatkan daya tahan otak dan saraf. Berbagai penelitian mengenai khasiat pegagan telah banyak dilakukan. Manfaat yang berhubungan dengan fungsi saraf dan otak telah dibuktikan lewat berbagai penelitian.

http://tanpapena.blogspot.com/2009/04/pegagan-bikin-otak-encer.html

OBAT PENYAKIT KENCING BATU

Air minum yang banyak mengandung zat kapur seringkali menjadi penyebab timbulnya penyakit kencing batu. Selain itu, penyakit ini bisa juga diakibatkan oleh kebiasaan buruk yang seharusnya tidak kita lakukan, yaitu menahan rasa ingin kencing. Bila hal ini sering kita lakukan, maka kotoran-kotoran yang terdapat dalam kandung kemih akan mengendap dan akhirnya mengeras atau mengkristal menjadi batu yang bisa menyumbat jalannya air kencing.

Sedangkan cara untuk menyembuhkannya adalah dengan menggunakan resep berikut:
a. 1 genggam daun kreci beling.
b. Beberapa lembar daun remujang atau daun kumis kucing,
c. 1 genggam daun meniran

Cara membuat ramuannya :
1. Cucilah ketiga macam bahan di atas sampai bersih, lalu rebus de­ngan air sebanyak 3 gelas.
2. Bila sudah mendidih. biarkan saja sampai airnya menyusut kira-kira tinggai 1 geias.
3. Setelah itu dinginkan, dan minumlah ramuan ini secara rutin setiap hari 3 kali. Bila Anda tekun melakukannya, Insya Allah batu yang
menyumbat jaiannya air kencing tersebut akan hancur, sehingga air kencing Anda akan lancar.

http://obatkuno.com/tag/daun-meniran

MENIRAN, TANAMAN PEMACU KEKEBALAN TUBUH

Khasiatnya sudah terbukti secara ilmiah. Bebas efek samping lagi!

Meniran merupakan tanaman tradisional yang secara turun-temurun dipercaya berkhasiat mengatasi berbagai penyakit. Antara lain penyakit kulit, radang, malaria, kencing batu, diare, sariawan, batu ginjal, dan penyakit kuning.Setiap daerah memiliki nama khas untuk meniran seperti dukung anak (Kalimantan), meniran ijo, meniran (Jawa, Sunda), dan gossau ma dugi (Ternate). Pun, meski tidak tahu namanya, banyak orang langsung mengenalinya begitu tanaman bernama Latin Phyllanthus niruri L,. ini diperlihatkan.Meniran tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga di negara lain tempat bertumbuhnya, seperti Thailand dan India. Di negara tropis seperti Indonesia, meniran mudah ditemui di ladang, pematang sawah, tanah yang lembap, tepi sungai, bahkan tumbuh liar begitu saja di halaman rumah. Batangnya tegak setinggi kira-kira 50 cm dan memiliki daun menyirip berbentuk lonjong.Terakhir, olahan meniran dimanfaatkan sebagai imunomodulator yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Mengenai hal ini, Dr. Drs. Suprapto Ma’at, Apoteker MS, farmakolog dan ahli obat tradisional di Yayasan Kanker Wisnuwardhana, Surabaya, telah membuktikannya. Penelitian mengenai keamanan dan karakteristik imunomodulasi tanaman ini sudah dilakukan sejak 1992 terhadap mencit (tikus). Hasilnya, ekstrak meniran mampu merangsang sistem imun nonspesifik dan spesifik. Tidak hanya itu, ekstrak meniran juga tidak mengandung zat toksik. Ini dilakukan setelah Suprapto memberikan bahan ekstrak sebanyak-banyaknya secara oral kepada tikus. Tidak ada seekor tikus pun yang menunjukkan gejala patologis dan histopatologis.Peneliti obat-obat tradisional ini mengungkapkan, penemuan khasiat meniran merupakan titik awal bagi penelitian obat tradisional selanjutnya. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan tanaman obat terbesar. Sayangnya, kekayaan tersebut tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin karena minimnya penelitian. “Sebab khasiat obat tidak hanya memerlukan kepercayaan dan mitos saja, tapi juga bukti ilmiah,” ujarnya.Cara memanfaatkan tanaman meniran itu sendiri bisa dengan dua cara. Cara pertama, daun meniran dipetik dan dikeringkan. Kemudian setelah ditumbuk, direbus beberapa menit hingga mendidih. Seduhan yang telah disaring ini bisa langsung diminum.Akan tetapi, ada beberapa kelemahan jika meniran dikonsumsi secara langsung atau tidak diproses menjadi ekstrak terlebih dulu. Pertama, sebagian kecil zat-zat toksik yang mungkin ada dalam daun meniran akan ikut diserap tubuh lalu berdampak pada kesehatan. Kedua, tumbuhan ini bersifat diuretik yang akan membuat pengonsumsi banyak kencing yang bisa berimbas pada menurunnya tekanan darah. Ketiga, obat itu sendiri belum tentu efektif karena tidak adanya takaran yang jelas. Jika diibaratkan obat kimia, demam baru sembuh jika kita minum obat turun panas beberapa mililiter sekian kali dalam waktu beberapa hari.Cara kedua, kita bisa merasakan manfaat meniran lewat produk yang sudah diolah menjadi ekstrak. Ekstrak meniran ini sudah memiliki takaran yang jelas, bebas zat toksik, dan hanya zat-zat imunomodulatornya yang diambil. Kelebihan lainnya, ekstrak meniran yang dijual dalam bentuk kapsul dan sirup ini sudah diuji secara klinis.TERBUKTI EFEKTIF

Dalam kesempatan terpisah, DR. Raymond R. Tjandrawinata, Ph.D., MS, MBA mengungkapkan, efektivitas ekstrak meniran tidak hanya terbukti pada mencit tapi juga manusia. Pemberian ekstrak meniran pada penderita hepatitis B karier kronik dewasa, contohnya, dapat memberikan efek hilangnya antigen permukaan virus (HbsAg) pada 59% penderita.

Penelitian uji klinis menunjukkan, penggunaan ekstrak meniran juga terbukti efektif dan aman membantu asiklovir (jenis obat) meningkatkan respons pengobatan penderita herpes zoster komplikata. Sebanyak 60 pasien herpes zoster non-komplikata usia 14-60 tahun secara acak dan tersamar ganda diberi asiklovir yang dicampur dengan meniran. Sebagai pembanding, diteliti juga kelompok plasebo yang hanya mendapatkan asiklovir. Dari situ diteliti efektivitas pengobatan meliputi rasa nyeri pembengkakan, luas lesi, dan sebagainya. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi meniran dan asiklovir mengalami pengurangan rasa gatal (61,3%). Gejala klinis lain seperti rasa nyeri, pembengkakan, luas lesi, dan lain-lain pun lebih ringan dialami kelompok asiklovir dengan meniran ketimbang kelompok plasebo.

Selain hepatitis B dan herpes, masih banyak penyakit lain yang dapat dipercepat penyembuhannya lewat kombinasi meniran dan obat-obatan penyakit tersebut, seperti TBC, kandidiasis vagina, dan sebagainya. Ini, ungkap Raymond, tak lain karena meniran sendiri yang berfungsi meningkatkan sistem imun. Dengan sistem imun yang baik, maka mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan bakteri, virus, kuman, jamur, dan racun menjadi lebih efektif.

Perlu diketahui, sistem kekebalan tubuh manusia sendiri dibedakan menjadi dua, nonspesifik dan spesifik. Sistem imun nonspesifik (SINS) merupakan kekebalan yang bertujuan untuk menangkal masuknya segala macam zat asing dari luar yang bisa menjadi pemicu penyakit seperti virus, bakteri, parasit, dan sejenisnya. Yang termasuk kekebalan tubuh nonspesifik di antaranya pertahanan fisik (kulit, lapisan mukosa), kimiawi (enzim, asam lambung), mekanik (gerakan usus, rambut getar) serta fagositosis (sel NK, granulosit, makrofag, neutrofil).

Pada hakekatnya, SINS merupakan benteng pertahanan pertama tubuh dari bibit penyakit. Kerusakan SINS seperti gangguan lambung, kulit yang terluka, membuat bibit penyakit gampang masuk. Terlebih jika virus, bakteri atau zat asing itu cukup kuat. Jika SINS tidak dapat menangkal bibit penyakit, maka tubuh akan menggunakan sistem imun spesifik (SIS). Kekebalan yang terdiri atas antibodi dan limfosit ini hanya bisa berperan jika bibit penyakit atau benda asing sudah pernah masuk ke tubuh penderita. “Nah, ekstrak meniran sendiri mampu memperkuat sistem imun tubuh, baik pada SINS hingga SIS.”

Karena itu, ekstrak meniran pun sangat baik diminum orang yang sehat guna menjaga kondisi tubuhnya agar tidak gampang sakit. Ini tentu sangat cocok jika dikonsumsi oleh anak-anak, karena sistem kekebalan mereka belum berkembang optimal. Sedangkan bagi yang sakit, diharapkan proses penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat.

PASTIKAN JENIS MENIRANNYA

“Kualitas bahan meniran tentu saja tak boleh luput dari perhatian,” tukas Raymond yang merupakan Direktur Umum Medis Dexa Medica Jakarta. Mulai jenis meniran yang ditanam, ladang tempat meniran ditanam, kesuburan tanah, curah hujan, jenis pupuk yang digunakan, dan lain-lain. Dengan berbagai tindakan di atas diharapkan bahan baku meniran terbaik bisa didapat.

Demikian juga dengan cara pengolahan meniran hingga menjadi ekstrak dalam bentuk kapsul atau obat. Pengolahan yang baik akan menghasilkan produk obat alami yang bermutu. Pengolahan tersebut meliputi standar higienitas kebersihan pengolahan, cara membuat ekstrak, proses pengeringan, maupun pengolahan meniran menjadi kapsul atau sirup.

Hal penting lain yang perlu diingat, ada banyak macam Phyllanthus di dunia. Akan tetapi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh (imunomodulator) yang pernah diteliti adalah jenis Phyllanthus Niruri L. (PNL). “Belum tentu Phyllanthus jenis lain yang efektif menghancurkan batu ginjal, akan efektif juga menjadi imunomodulator. Demikian juga dengan PNL belum tentu efektif mengobati batu ginjal.”

Lewat serangkaian pengolahan dan uji klinis yang telah disinggung tadi, meniran bisa menjadi obat tradisional dengan status fitofarmaka (status tertinggi untuk obat tradisional). Berdasarkan cara pembuatan serta jenis penggunaan dan tingkat pembuktian khasiat, obat bahan Alam Indonesia dikelompokkan secara berjenjang menjadi 3, yakni jamu, obat herbal terstandar dan fitofarmaka. Dikatakan jamu jika secara turun-temurun dikatakan berkhasiat. Pembuktiannya hanya berdasarkan pengalaman penggunanya.

Jamu bisa naik tingkat menjadi obat herbal terstandar jika telah dilakukan uji praklinis untuk membuktikan obat itu aman dan memiliki standarisasi mutu obat. Sedangkan untuk menjadi fitofarmaka lebih sulit lagi. Selain harus aman, memenuhi standarisasi mutu, juga harus ada uji klinik yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

IKUTI PETUNJUK DOSIS

Berdasarkan penelitian, jika dikonsumsi dengan tepat, meniran tidak menimbulkan efek samping. Ini tentu berbeda dari obat kimia biasa yang tetap dapat menimbulkan efek samping meski dikonsumsi sesuai aturan. Meski begitu, Raymond mengingatkan, agar orangtua mematuhi petunjuk penggunaan ekstrak meniran sehingga aman dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu panjang.

Selain tidak memicu alergi, obat ini juga tidak mengiritasi lambung atau aman dikonsumsi sebelum makan. Pun aman saat dikombinasikan dengan obat kimia dari dokter. “Justru ekstrak meniran mampu membuat obat kimia itu lebih ampuh.”

Namun untuk penyandang autisme, hiperaktif, maupun kebutuhan khusus lain, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi ekstrak meniran.

PANDUAN BEKAM DASAR, CARA PENGOBATAN BEKAM, JENIS TERAPI BEKAM, PERSIAPAN BEKAM : Bekam Kering (Dry Cupping) /Bekam Angin, Bekam Luncur (Sliding Cupping), Bekam Cepat (Flash Cupping) atau Bekam Tarik, Bekam Basah (Wet Cupping)  Lihat di sini 

Terapi Sakit Gigi  dengan bekam di sini 

8 Manfaat dari Jeruk Nipis

Jakarta, Radar Online
Tahukah Anda? Jeruk nipis bisa membuat citarasa hidangan menjadi lebih segar dan tidak enek. Setelah Anda selesai memakainya, jangan langsung membuang sisa jeruk nipis. Karena, air jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain untuk membersihkan rumah, mengatasi gejala flu, bahkan menjadi bagian dari sesi perawatan wajah. Tak percaya? Coba saja salah satu hal berikut:

1. Menghilangkan bau amis. Anda ingat ketika Anda baru saja makan pecel lele? Wah, aroma terasi pasti akan terus “menghantui” Anda sampai esok hari. Pasalnya, sabun cuci tangan saja tidak mampu mengalahkan kuatnya aroma terasi. Kalau sudah begini, gunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis atau bau terasinya.

2. Meredakan gejala flu. Jika tenggorokan Anda perih, atau Anda sedang batuk dalam tahap awal, minum campuran air jeruk nipis dengan madu dan air putih untuk meredakan nyeri tersebut. Jika batuk Anda berdahak, campuran kecap dan jeruk nipis masih ampuh untuk mengeluarkan dahak.

3. Membersihkan talenan. Tambahkan perasan jeruk nipis atau gunakan irisan jeruk nipis untuk membersihkan talenan. Selain itu juga untuk membuatnya lebih steril dan menghilangkan bau amis.

4. Menyamarkan noda hitam. Jika kulit wajah Anda menampakkan pigmen yang lebih gelap pada beberapa titik, gosok lembut bagian yang menghitam dengan perasan jeruk nipis setiap hari sampai warnanya menjadi lebih muda.

5. Memutihkan pakaian. Produk pemutih pakaian memang banyak tersedia di pasaran. Namun jeruk nipis pun punya daya pemutih yang tak kalah hebat. Tambahkan seperempat cangkir air jeruk nipis pada pakaian-pakaian putih yang Anda masukkan ke mesin cuci.

6. Mencerahkan kuku. Agar kuku Anda tidak terlihat kekuningan, celup dan rendam kuku jari Anda ke dalam campuran air dan perasa jeruk nipis agar warna kuku menjadi lebih cerah.

7. Menyegarkan peralatan rumah tangga. Misalnya, masukkan irisan jeruk nipis ke dalam microwave untuk menghilangkan berbagai macam aroma makanan dan menyegarkan baunya. Atau tambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke dalam vacuum bag jika peralatan tersebut menjadi sedikit kotor dan bau.

8. Sebagai bahan disinfektan untuk luka. Jeruk nipis ternyata bisa menghentikan perdarahan dan membersihkan sayatan atau irisan akibat terkena pisau.

Sumber : Radar Online

TERAPI WICARA

Tahukah Anda terapi Wicara?? Terapi wicara adalah suatu ilmu/kiat yang mempelajari perilaku komunikasi normal/abnormal yang dipergunakan untuk memberikan terapi pada penderita gangguan perilaku komunikasi, yaitu kelainan kemampuan bahasa, bicara, suara, irama/kelancaran, sehingga penderita mampu berinteraksi dengan lingkungan secara wajar.

Kelainan kemampuan bahasa, bicara, suara, irama/kelancaran terjadi karena adanya penyakit, gangguan fisik, psikis ataupun sosiologis. Kelainan ini dapat timbul pada masa prenatal, natal maupun post natal. Selain itu penyebabnya bisa dari Heriditer, Congenital maupun Acquired. Kelainan berkomunikasi dibedakan menjadi:

 

  1. Kelainan Bicara
  2. Kelainan Bahasa
  3. Kelainan Suara
  4. Kelainan Irama/Kelancaran

Kelainan Bicara
Merupakan salah satu jenis kelainan berkomunikasi yang ditandai adanya kesalahan proses produksi bunyi bicara, baik itu yang terjadi pada POA (Point Of Articulation) dan/atau MOA (Manner OF Articulation).

Disaudia. Gangguan bicara/artikulasi yang berhubungan dengan adanya kesulitan/gangguan feedback auditory, dapat terjadi karena gangguan pendengaran.

Dislogia. Kelainan berkomunikasi yang disertai kerusakan mental. Rendahnya kecerdasan menyebabkan kesulitan dalam mengamati serta mengolah dalam pembentukan konsep dan pengertian bahasa.

Disartria. Kelainan bicara akibat gangguan koordinasi otot-otot organ bicara sehubungan adanya kerusakan/gangguan sistem syaraf pusat maupun perifer.

Disglosia. Kelainan bicara akibat adanya kelainan bentuk dan/atau struktur organ bicara, khususnya organ artikulator.

Dislalia. Gangguan artikulasi yang disebabkan ketaknormalan di luar organ wicara dan bukan dikarenakan kerusakan sistem syaraf pusat maupun perfer dan psikologis tapi merupakan gangguan fungsi artikulasi.

Kelainan Bahasa
Merupakan salah satu jenis kelainan berkomunikasi, dimana penderita mengalami kesulitan/kehilangan kemampuan dalam proses simbolisasi bahasa. Kelainan ini diakibatkan oleh adanya kerusakan otak dan diartikan sebagai kerusakan sebagian atau seluruh dari pemahaman bahasa, perumusan, penggunaan bahasa. Tidak termasuk gangguan yang dihubungkan dengan berkurangnya sensor primer, keadaan mental yang memburuk dan gangguan psikis.

  • Afasia Perkembangan/Anak
  • Afasia Dewasa

Kelainan Suara
Gangguan suara yang utamanya disebabkan oleh aksi atau perilaku pita suara, intensitas suara dan/atau kualitas suara yang tidak sesuai untuk individu tersebut dalam kaitannya dengan usia, jenis kelamin atau lingkungan.

  • Kelainan kenyaringan suara
  • Kelainan nada suara
  • Kelainan kualitas suara

Kelainan Irama/Kelancaran

Stuttering/Gagap. Gangguan kelancaran bicara yang berupa adanya pengulangan, perpanjangan, penghentian pada kata dan suku kata.

Cluttering. Gangguan bicara yang ditandai dengan adanya irama sangat cepat sehingga terjadi misartikulasi dan sulit dimengerti.

Palilalia. Kecenderungan mengulang kata atau phrase pada waktu mengucapkan kalimat.

Sumber : poltekes-solo

 

Kenapa Orang Bisa Kena Kanker?

Penyakit kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia ini. Penyakit yang umumnya diketahui setelah pemeriksaan secara rutin, memang tidak memandang usia. Sehingga, mulai dari bayi hingga orang lanjut usia dapat terkena penyakit kanker.

Jenisnya pun bermacam-macam dan umumnya menyerang salah satu organ tubuh dan akhirnya menyebar keseluruh tubuh. Untuk proses penyembunnya pun tidak mudah. Memang untuk mereka yang baru stadium I memiliki kesempatan sembuh lebih besar dari stadium berikutnya, namun kesemuanya itu tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak murah.

Lalu pertanyaannya, mengapa orang bisa terkena kanker? Menurut informasi kesehatan yang kami kutip dari  http://health.detik.com, kanker pada dasarnya terjadi karena mutasi sel-sel normal secara berulang sehingga membentuk sel ganas yang berkembang secara tak terkendali dan mengganggu kelangsungan hidup sel-sel normal.

Lebih lanjut dikatakan, mendengar kata kanker, orang akan langsung bergidik. Penyakit ganas ini menyerang tanpa pandang usia dan jenis kelamin. Yang mengkhawatirkan, penyakit ini sulit atau bahkan hampir mustahil disembuhkan. Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah, apa yang bisa membuat seseorang terkena kanker?

Kanker pada dasarnya terjadi karena mutasi sel-sel normal secara berulang sehingga membentuk sel ganas yang berkembang secara tak terkendali dan mengganggu kelangsungan hidup sel-sel normal.

Yang unik dari sel kanker adalah kemampuannya untuk membuat sendiri pembuluh darah agar sel-sel kanker yang tumbuh dapat memasok makanannya sendiri.

Seluruh sel-sel di bagian tubuh yang bisa membelah bisa berubah menjadi sel kanker, kecuali kuku dan rambut. Oleh karena itu, kanker ada berbagai macam jenis sesuai tempat tumbuhnya, mulai dari kanker kulit, payudara, prostat, paru, hingga kanker darah. Penyebabnya pun juga beraneka ragam.

“Faktor penyebab kanker adalah keturunan dan lingkungan. Orang belum tentu kena kanker jika belum ada kesesuaian antara faktor keturunan dan lingkungan. Contohnya pada pasien kanker paru, ada banyak pasien yang terserang kanker paru karena kebiasaan merokok. Namun ada juga perokok yang tidak terkena kanker paru. Padahal rokok diketahui sangat berisiko memicu kanker,” kata Dr dr Andhika Rachman, SpPD, dokter ahli kanker dari RS Kanker Dharmais seperti dituturkan kepada detikHealth, Rabu (27/6/2012).

Secara umum, dr Andhika menjelaskan bahwa penyebab kanker bisa digolongkan karena acquired dan congenital. Dikatakan acquired jika proses terjadinya kanker karena berbagai faktor yang didapatkan setelah kelahiran. Sedangkan congenital jika kanker terjadi karena proses patologis atau individu sudah berpotensi kanker sejak sebelum dilahirkan.

Faktor-faktor yang didapat setelah kelahiran dari lingkungan (acquired) jauh lebih besar pengaruhnya dalam perkembangan kanker. Perbandingan kasarnya adalah sekitar 80% kejadian kanker bersifat acquired dan 20% sisanya karena congenital.

Penyebab dari faktor lingkungan pun ada bermacam-macam, salah satu contohnya adalah makanan. Makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi, makanan yang diasapi, daging merah, makanan fermentasi, makanan gosong hingga bahan kimia dalam makanan seperti formalin terbukti bisa memicu kanker.

Mutasi sel bisa juga disebabkan oleh radiasi nuklir. Contoh kasusnya, beberapa tahun setelah bom atom meluluhlantakkan kota Hiroshima pada Perang Dunia II, warga di sekitar kota yang masih selamat banyak mengalami kanker kulit. Tak hanya itu, paparan medan listrik di luar kapasitas yang mampu diterima oleh sel juga bisa memicu kanker.

“Pada kanker hati, penyebabnya kebanyakan dipicu oleh penyakit hepatitits B dan C. Kanker lambung bisa dipicu oleh infeksi Helicobacter pylori karena maag yang terjadi secara berulang sehingga merusak lapisan lambung. Kanker esofagus bisa ditimbulkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Seringnya asam lambung yang naik ini akan menciptakan baret esofagus dan akhirnya memicu kanker,” kata dr Andhika.

Dr Andhika sangat menganjurkan pentingnya deteksi dini. Semakin cepat kanker dideteksi, kemungkinan sembuhya juga makin besar. Kanker yang masih berada dalam stadium bawah masih memiliki kemungkinan besar untuk disembuhkan. Semakin lanjut stadiumnya, maka kanker akan makin sulit disembuhkan.

Beberapa tingkat keparahan kanker beserta kemungkinan sembuhnya adalah sebagai berikut:

Pada stadium I, kemungkinan sembuhnya sebesar 90%

Pada stadium II, kemungkinan sembuhnya menurun jadi 70%

Pada stadium II, kemungkinan sembuhnya menjadi 40%, dan

pada stadium IV, pasien hanya memiliki 20% kemungkinan bertahan hidup

Sumber : Gentong mas

Kandungan dan Manfaatnya Gula Aren

1. Riboflavin            :

  • Membantu pembentukan sel darah merah;
  • Menghasilkan antibodi;
  • Bersama enzim menghasilkan energi  yang  diperlukan tubuh manusia;
  • Bersama vitamin A memperbaiki selaput mukosa pada saluran pencernaan;
  • Menghambat kerusakan sel pada saat proses produksi energi;
  • Memperbaiki sistem kerja jaringan dan saluran pencernaan tubuh.

2. Thiamin

  • Berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme energi;
  • Memperkuat sistem syaraf dan otot;
  • Membantu tubuh membuat dan memakai protein.

3. Niacin

  • Berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme Glukosa, Lemak dan Alkohol;
  • Membantu kesehatan kulit, sistem syaraf dan sistem pencernaan;
  • Menurunkan kadar kolesterol LDL
  • Meningkatkan fungsi kerja otak

4. Nicotinic Acid

  • Mencegah dan menghaluskan bekas jerawat
  • Mencegah sembelit dan wasir

5. Ascorbic Acid

  • Memiliki fungsi Antibiotik;
  • Mencegah Rematik, Flu dan Asthma;
  • Dapat mencegah Kanker;
  • Menciptakan sistem imunitas;
  • Memperkokoh tulang dan sendi;
  • Bersifat antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas.

6. Kalsium

  • Melancarkan peredaran darah;
  • Menormalkan Tekanan Darah;
  • Menyeimbangkan tingkat keasaman darah;
  • Mencegah Osteoporosis (keropos tulang);
  • Mencegah Penyakit Jantung dan menurunkan resiko Kanker Usus;
  • Memulihkan gairah Sex yang menurun/ melemah.

7. Vitamin B6 dan lain-lain

  • Metabolisme protein & karbohidrat;
  • Membantu dalam produksi sel-sel darah merah;
  • Membantu sistem Imunitas tubuh.

Sumber : Gentong Mas

Habatusauda (Jinten Hitam)/ Negella Sativa

Nigella Sativa mengandung Zat Aktif yang sangat bermanfaat, antara lain:

Alanine : Antioxidant, pencegah kanker;
Arginine : Antihipertensi, diuretic (memperlancar buang air kecil ), menambah sperma tozoa;
Asam Askorbat : Antirematik, Antibiotik, Anti Flu, Pencegah kanker dan Asthma;
Asparagine : Antisickling/anti mual, Anti Hipertensi;
Asam Palmitat : Anti Pendarahan;
Asam Linoleat : Anti reumatik, Anti Eksim Kulit, Anti Hista mine, Anti Meoragia, pencegah anker, Anti Anafi- latik, Anti Aterosklerosis;
Calsium : Anti Alergy, Anti Aterosklerosis, Anti Osteoporosis;
Carvone : Anti Septik, Pencegah kanker, Karminati;
Cysteine : Anti Hemosistinuriaf
Copper : Membantu pembentukan form- asi sel-sel darah di sumsum tulang belakang, meningkatkan Formasi Eritrosit;
D-Limonene : Anti kanker Payudara, anti tumor, pencegah kanker;
Fiber : Anti Diabetes Melitus, Pencegah Kanker, Penguat Jantung, Peluntur Lemak / anti obesitas, memperlancar buang air besar, anti maag;
Phytosterol : Normalisasi Kolesterol, Pencegah Kanker Usus, Mammae &Prostate, Anti Inflamasi;
Glycine : Anti Maag, Pencegah Kanker;
Hederagenin : Anti Alergi, Penguat pembuluh darah, Anti Inflamasi, Anti Jamur;
Iodine : Pembakar Lemak, penguat gigi, rambut, kulit, Antisepsis local, memperbaiki gangguan mental dan berbicara;
Isoleucine : Anti Radang otak;
Leucine : Anti Radang otak, Zat Esensial tubuh;
Lysine : Anti Hepatitis, penguat hati;
Magnesium : Menguatkan otot jantung, mengubah gula darah menjadi energi, pembentukan tulang dan gigi,aktivitas enzim;
Potasium : Anti Depresi, Anti hipertensi, Anti kejang usus, Anti lelah, Menjaga kesehatan rambut dan kulit;
Thymohydro- quinone : Anti radang sendi, Anti asma, anti bakteri, anti Alergi, Anti oksidan;
Selenium : Antioksidan utama, Anti kanker paru, koLon, prostate, anti ketombe, mengurangi resiko kanker payudara, membantu mengeluarkan racun jenis logam berat dari tubuh, meningkatkan konsentrasi, mem pertahankan elastisitas jaringan, Anti ketombe;
Sodium/Natrium : Meningkatkan tekanan darah;
Serine : Pencegah Kanker;
Stigmasterol : Anti Hipatotoksik, anti inflamasi, anti virus, ovulant, pencegah kanker;
Tannin : Antibiotik, anti tumor, Anti diare, Anti Virus, Anti oksidant;
Threonine : Antibiotik;
Tryptopan : Anti Piretik, anti demensia, anti Parkinson, anti migraine, anti insomnia;
Tytosine : Pencegah Kanker, Anti Parkinson;
Vitamin A,B1,B2 : Perbaikan sel-sel tubuh, pencegah kanker paru, metabolisme sel saraf, otot jantung, pertumbuhan tubuh, metabolisme karbohidrat;
Zat Besi : Anti anemia, Anti Menoragia;
Zinc : Mampertahankan keseim bangan asam basa tubuh, membantu aktiva sel trombosit, menutup luka terbuka,anti oksidan;
Glucose : Anti Varises, meningkatkan daya ingat;
Beta Sitosterol : Anti aktivitas karsinogen;
Alpa spinasterol : Anti Radang;
Beta Sisterol : Anti bakteri, Anti kanker, Anti tumor;
Chromium : Mengatur metabolisme gula darah, Mengatur kepekaan sel terhadap insulin,Memecah timbunan lemak;
Cobat : Menstimulasi produksi sel darah merah;
Glutamic Acid : Anti Epilepsi;
Methionine : Anti eksim, pencegah kanker, anti oksidan;
Myristic Acid : Mencegah kanker, pelumas sendi tulang;
Nigellone : Anti Asma, Anti Broncitis, Anti Alergi, Anti kejang usus;
Oleic Acid : Anti radang, mencegah kanker;
Phenylalanine : Anti Parkinson, Anti depresi;Sumber : Gentong Mas

 

 

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,346,330 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: