Marhenyantoz's Blog

EVALUASI PASCA RAMADHAN

Posted on: 14/09/2010

EVALUASI PASCA RAMADHAN

Apabila seseorang telah menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugas pokoknya, maka orang tersebut mengetahui hasil pekerjaannya baik atau tidak, sesuai dengan tujan dia mengerjakan tugas tersebut. Bagi seorang muslim melaksanakan tugas wajib berpuasa di bulan suci Ramadhan adalah suatu tugas yang dibebankan kepadanya oleh Allah SWT., agar orang tersebut menjadi manusia ber Taqwa di hadapan Allah SWT. Di bulan itu segala amal ibadah yang dilaksanakan dengan penuh keikhlasan dan hanya mengharap ridho-Nya, pahala yang di berikan dilipatgandakan berlipat-lipat, dibantu dengan membelenggu setan, diiming-imingi penuh Rohmat, Baroqah, serta maghfiroh, dan akhirnya kelak akan ditempatkan di jannah.

Bulan yang penuh dengan kemuliaan telah meninggalkan kita, kita mohon pada Allah, berharap kita masih diberi umur panjang sehingga kita masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan untuk lebih meningkatkan amal ibadah dibandingkan dengan amal ibadah di Ramadhan tahun ini. Adakah diantara kita sudah merasa maksimal pelaksanaan ibdah di bulan Ramadhan tahun ini? Jika orang itu masih merasa dirinya manusia yang lemah, hina, tidak sombong, terhadap sang pencipta, tentu tidak akan berani mengatakan saya sudah puas dengan pahala yang saya peroleh tahun ini. Dengan bangganya, bersuka ria, berpesta pora meraih kebebasan setelah puasa satu bulan. Sedangkan para sahabat Nabi saat itu, merasa bersedih akan ditinggalkan oleh bulan Ramadahan. Karena merasa belum maksimal, masih banyak kekurangan dalam beribadah pada Allah SWT., dan apakah di Ramadhan tahun depan bisa menjumpai lagi bulan Ramahan itu? Bagaimana dengan kita? Saya? Anda?

Mari kita evaluasi (Muhasabah) hasil kerjaan kita selama satu bulan penuh berkaitan dengan Ibdah bulan Ramadhan tahun ini. Bagitu semangatnya kita melaksanakan ibadah puasa, tidak makan atau minum, menahan emosi, menahan tidak menggunjing, mata, telinga, mulut, tangan, kaki, banyak berdzikir, Shalat Taraweh, witir, tadarus Qur,an, ngaji, sodaqoh, infaq, zakat. Tanpak segalanya bisa dilaksanakan denngan mudah, ringan. Allah telah membantu dengan membelenggu setan agar tidak mengganggu hambanya dalam emelaksanakan perintah-Nya.

Menilai sesuatu tentu tidak gampang, dapat menggunakan patokan yang standar, sehingga memudahkan untuk mengevaluasi. Yang agak mudah, ringan adalah dengan cara melihat hasil atau reaksi yang ditimbulkan olehnya.
Sebagai contoh, dalam sehari sebelum puasa mereka shalat berjamaah di masjid satu kali
Setelah puasa ramadhan menjadi tiga kali. Banyak berinfaq, sodaqoh, berzakat, tadarus, dan lain-lain. Ini namanya berhasil, ada tambahan perubahan perilakiu dalam beribadah. Sebaliknya mungkin ada yang kesehariannya sama seperti bulan sebelumnya, tanpa peningkatan. Ini yang rugi.

Apakah kita ada perubahan dalam hal ibadah setelah ramadhan selesai?
Apakah perubahannya tidak ada? Coba renungkan dan evaluasi diri kita , sampai dimana kita telah berusaha melaksanakan perintah-Nya !!! ”Koreksi dan evaluasi dirimu sebelum tiba saatnya untuk di evaluasi”(Umar bin khothob)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1.803.314 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: