Marhenyantoz's Blog

Ulama Saudi: Shalat Jumat Boleh Lebih dari Sekali dalam Sehari

Posted on: 13/04/2011

  • In: Islam
  • Komentar Dinonaktifkan pada Ulama Saudi: Shalat Jumat Boleh Lebih dari Sekali dalam Sehari

RIYADH – Ulama dan da’i Saudi, Syekh Abdullah Fadak meminta kerajaan mengubah libur akhir pekan dari hari Kamis dan Jumat menjadi Jumat dan Sabtu demi kemaslahatan umum.

Menurut Fadak, sebagaimana dilansir televisi Al-Arabiya, Selasa (12/4), umat Islam harus mengetahui realitas dan bertindak sesuai dengan realita yang ada. Saat ini kaum Muslim masih lemah dalam bidang ekonomi, dan dunia Barat lebih kuat secara ekonomi.

“Tidak ada larangan untuk bekerjasama dengan mereka sesuai dengan standar waktu mereka,” ujarnya. “Apalagi para imam madzhab yang empat memberikan kelonggaran untuk libur karena adanya shalat Jumat.”

Fadak mengatakan tidak ada salahnya jika umat Islam berhasil mengembalikan kekuatan ekonomi dan menguasai dunia, untuk menetapkan hari libur sesuai dengan keinginan mereka. “Dengan demikian, kita dapat memaksakan hari libur sesuai dengan keinginan kita, bahkan terhadap negara-negara non-Mulim,” tegasnya.

Fadak menolak keberatan orang yang mengatakan bahwa perubahan hari libur ini sama dengan meniru-niru negeri kafir seperti Inggris dan AS. “Klaim ini tidak benar, karena penyebab yang harus diperhatikan adalah interaksi kita dengan kondisi di mana kita berada sebagai seorang Muslim.”

Syekh Fadak mengaku telah menghubungi Dewan Syura Saudi untuk membahas masalah ini empat tahun yang lalu, kemudian menghubungi kembali untuk membahas masalah yang sama namun tanpa hasil. Bagi Fadak, pendapatnya bukanlah sesuatu yang aneh atau lemah, tapi cukup kuat.

Syekh Fadak pernah menulis artikel di surat kabar Al-Watan, yang ingin merubah waktu shalat Jumat mendekati waktu Ashar. Atau mendirikan shalat Jumat berkali-kali dalam sehari untuk memberikan kesempatan kepada manusia menunaikan tugas dan pekerjaan mereka.

“Karena awal waktu shalat Jumat sama dengan waktu shalat Idul Fitri atau Idul Adha, atau dimulai dari terbitnya matahari lalu berada di porosnya hingga menjelang waktu Ashar. Ini berdasarkan madzhab Hambali dan Maliki,” ujarnya. (Republika)

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,397,893 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: