Marhenyantoz's Blog

Waspada Serangan Serangga TOMCAT

Posted on: 20/03/2012

  • In: Berita | Kesehatan
  • Komentar Dinonaktifkan pada Waspada Serangan Serangga TOMCAT

Serangga  ini termasuk dalam genus Paedorus, dikenal dengan nama kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie, dari golongan kumbang dan termasuk anggota family Staphylinidae. Paederus telur diletakkan secara tunggal, di habitat lembab  daerah pertanian seperti sawah. Larva melewati dua instar sebelum pupation. Larva dan dewasa predator pada serangga lain, dan serangga ini muncul pada sore hari dan sangat tertarik terhadap cahaya. Serangga ini merupakan sahabat petani untuk mengusir dan memakan jenis kutu dan hewan kepik hama padi. Ukuran tubuh kumbang ini kecil kurang lebih 1 cm.  Memiliki warna tubuh Hitam dan orange.

Berikut Klasifikasi Ilmiahnya :

Kingdom: Animalia 

Phylum: Arthropoda 

Class: Insecta 

Order: Coleoptera 

Family: Staphylinidae 

Subfamily: Paederinae 

Genus: Paederus

Meskipun Paederus kumbang tidak menggigit atau menyengat, Kumbang ini perlu diwaspadai, karena mereka dapat mengeluarkan toxin (racun) bila bersentuhan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui pakaian, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Toxin yang dihasilkan biasa disebut Pederin menyebabkan Kulit  iritasi hasil dari kontak dengan pederin racun yg menyebabkan bengkak/melepuh.

Pencegahan

Kumbang ini sangat tertarik dengan cahaya, sehingga sebaiknya hindari berada terlalu dekat dengan cahaya lampu atau minimalkan penggunaan cahaya dekat pintu dan jendela. Tutup jendela dan pintu sebelum cahaya lampu dalam rumah dinyalakan..   Bisa juga di jendela dipasang strimin. Usahakan tidur dalam kelambu.  Gunakan jaring nyamuk atau semprot aerosol  atau pestisida organik dari campuran laos, daun mimba, dan sereh untuk mematikan kumbang yang masuk.

Pengobatan

Bila ada Tomcat hinggap  di kulit, jangan mematikannya di tubuhkita saat tomcat menempel di klit, cukup diusir tanpa membuat badanya pecahi. Tujuannya agar cairan di tubuh Tomcat tidak pecah/ keluar sehigga membasahi kulit.   Jika kulit mengalami kontak dengan serangga ini, timbul sensasi terbakar yang kemudian menjadi kemerahan /melepuh. Segera cuci  bagian yang terkena dengan air mengalir dan sabun atau antiseptic lainnya. Jika terjadi reaksi kulit, cuci dengan antiseptik ringan pemanganate kalium dilusian (Kmn04) seperti hydrocortisone 1% dan krim steroid lemah misalnya betametasone dan antibiotik neomycin sulfat 5%. Jangan menggaruk luka, karena racunnya bahkan dapat berpindah ke bagian lain kulit lewat cairan di luka. Namun, bila luka terjadi pada area mata dan selaput lendir, sebaiknya segera ke dokter.

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,414,495 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: