Marhenyantoz's Blog

Puasa Muharom

Posted on: 08/12/2010

Kaum muslimin yang dirahmati Allah SWT. Alhamdulillah kita masih diberi umur panjang, sehingga masih diberi kesempatan bertemu kembali dengan bulan Muharom.

Pada bulan Muharam ini, marilah kita tingkatkan taqwa kita kepada Allah SWT., muliakanlah bulan-bulan kalian dengan selalu bertaqwa kepada Allah SWT., karena Allah telah memuliakan dan mengutamakannya, bahkan Allah menyandarkan penyebutan bulan tersebut kepada-Nya, serta mengagungkan bulan tersebut dari yang lainnya.
Rosululloh saw. Bersabda : Puasa yang paling mulia setelah puasa Romadhon adalah (berpuasa) di bulan Alloh Al-Muharrom (HR. Muslim 1163).

Dia adalah salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT., yang pada bulan itu seorang hamba sangat ditekankan untuk berbuat ketaatan dan meninggalkan segala hal yang dilarang. Allah SWT. Berfirman dalam QS. At-Taubah (9) : 36. “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram[640]. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri[641] kamu dalam bulan yang empat itu.”
([640] maksudnya antara lain ialah: bulan Haram (bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab), tanah Haram (Mekah) dan ihram. [641] maksudnya janganlah kamu menganiaya dirimu dengan mengerjakan perbuatan yang dilarang, seperti melanggar kehormatan bulan itu dengan mengadakan peperangan.)

Dan dari sahabat Ibnu Abbas ra. Ia berkata :”Rasululloh saw. Datang dari kota Madinah, kemudian beliau saw. Melihat orang-orang Yahudi mereka berpuasa di bulan Asyuro maka beliau saw. Mengatakan : ”Apa yang kalian kerjakan itu?” mereka menjawab : ” Ini adalah hari baik, (di hari ini) Alloh SWT. Telah menyelamatkan Nabi Musa as. Dan bani Isroil, maka nabi Isa as. Pun berpuasa (pada hari itu), ”maka kemudian nabi saw. Bersabda : ”Sesungguhnya kami lebih berhak untuk mengikuti Nabi Musa dari pada kalian. (HR. Bukhori 2004 dan Muslim 1130).

Maka kemudian beliau saw. Berpuasa dan memerintahkan para sahabat ra. untuk berpuasa. Dan di akhir hayatnya beliau saw. Bersabda : “Apabila tahun depan (kita masih diberi umur panjang) Insya Alloh kita akan berpuasa pada hari kesembilan.

Akan tetapi Allah SWT. Menakdirkan beliau saw. meninggal dan tidak dapat menjumpai tahun berikutnya. Rasululloh saw. Bersabda : “ Puasa pada bulan Asyuro dapat menghapus dosa-dosa setahun lalu (HR. Muslim 1162).

Oleh karena itu marilah sama-sama kaum muslimin sekalian, berpuasa pada hari kesembilan dan kesepuluh di bulan Muharom ini, niscaya kita akan mendapatkan balasan berupa dihapuskannya dosa-dosa yang telah lalu. Berarti jika kita berpuasa maka telah mencontoh Nabi saw.

Apabila diantara kalian yang merasa berat Untuk berpuasa karena statu udzur syar’i Allah SWT. Mengetahui seandainya ia tidak mendapatkan udzur tersebut niscaya ia akan berpuasa., maka berilah kabar gembira kepadanya karena ia akan mendapatkan pahala dari Al-Malikil Alam, terlebih bila memang sudah menjadi kebiasaanya selalu berpuasa di hari tersebut pada tahun-tahun sebelumnya, maka dengan hal itu tidaklah terkurangi pahalanya sedikitpun, sebagaimana yang disabdakan Rosululloh saw. : “ Barangsiapa yang sakit ataupun sedng dalam perjalanan maka ditulis baginya (pahala) seperti ia dalam keadaan sehat dn tidak dalam perjalanan” (HR. Bukhori 2996).

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,438,153 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: