Marhenyantoz's Blog

Malaysia VS Indonesia : Sepenggal Cerita TKI yang Mudik Lebaran

Posted on: 20/09/2010

Maraknya berita panas berkaitan dengan tindakan Malaysia melakukan penangkapan petugas DKP Indonesia oleh Petugas Malaysia diperairan laut mejadikan hubungan kedua Negara memanas. Kita tidak perlu berpanas-panasan ikut larut dalam masalah ini. Warga malaysia sebagian besar tidak memperbincangkan masalah ini, itu urusan Kerajaan. Karna akan menghabiskan energy. Bukan berarti kita tidak ada sifat patriotism terhadap Negara, namun kita harus berfikir jernih. Bagaimana kita membangun Negara ini agar lebih maju. Bercermin dari Malaysia, karena Negara kita Indonesia jauh ketinggalan tentang pembangunan di segala sector.
Sepenggal Cerita berikut ini akan menggambarkan hasil pembangunan di Malaysia dari salah seorang TKI yang sukses bekerja di Malaysia. Pada Idul Fitri tahun ini ada saudara saya mudik yang ke-3 setelah bekerja di Malaysia. Tiap tahun mudik dengan naik pesawat terbang. Walaupun hanya bekerja di sector pembangunan . bahasa kasarnya buruh di bidang pembangunan, namun berhasil secara financial. Cerita yang dia sampaikan ternyata hasil pembangunan di Indonesia jauh ketinggalan dibanding Malaysia. Di Malaysia, lingkungan bersih dengan melihat tidak ada saluran air, selokan, sungai yang kotor, masyarakatnya peduli akan kebersihan lingkungannya. Jika kita dilihat di Jakarta, udara panas, jika di dalam rumah gerah pingin keluar rumah, di luar banyak nyamuk, bau tak sedap dari selokan di depan rumah atau lingkungan. Sungai-sungai kotor, bau menyengat, dan banjir pula. Jika di Malaysia, banjir terjadi di kota, dalam waktu 1-2 jam sudah bisa surut kering, karena pembuanga air lancar. Got-got depan rumah dibuat semen, dengan cetakan saluran air. Pembangunan jalan-jalan berkualitas.
Bagaimana dengan Indonesia, jalan dibangun mulus, satu bulan hancur. Karena kualitas tidak dipenuhi, aspal dicampur dengan bakaran ban, maka kualitas tidak baik. Ini disebabkan banyaknya korupsi, dari atas sampai bawah semua melakukan korupsi. Proyek-proyek di Malaysia harus memnuhi standar Internasional, dengan melihat proses pembangunannya.
Certita yang disampaikan TKI di atas, selama proses pengerjaaan control ketat sekali, bagaimana pengerjaan, bahan bangunan ,sampai pemeriksaan hasil pengerjaan. Paling tidak di cek oleh Pemakai hasil pembangunan(pembeli), kontraktor, pengawas, jika tidak memnuhi salah satu maka kontraktor akan disuruh membongkar. Disiplin kerja orang malysia memang bagus, tekun, walaupun punya sifat sebagai juragan/bos, karena mereka puny a uang. Negara Malaysia yang bersifat kerajaan, maka segal a sesuatu harus patuh terhadap undang-undang kerajaan, masalah demokrasi, Indonesia lebih maju, tetapi demokrasi yang kebablasan. Yang jelas Indonesia perlu banyak belajar dari Malaysia, memang betul dulu Malaysia belajar dari Indonesia, itu dulu. Sekarang sudah berubah. Kalau Indonesia ingin maju, maka harus ada kebersamaan untuk memberantas korupsi di segala bidang, sifat para penguasa dari tingkat RT sampai pejabat Negara 99 persen korup. Tunggulah 5 – 10 tahun mendatang Indonesia akan menjadi Negara miskin, perekonomian hancur, akan diinjak-injak Negara lain karena hanya mengandalkan hutang-hutang dan hutang, jika tidak ada perubahan perilaku korup.
Mari kita memulai dari diri kita, ajak teman sahabat dan lingkungan untuk memajukan lingkngan, melakukan control, laporkan kepada pejabat yang tidak korup, tulis laporan di media massa agar terbaca oleh masyarakat umum. Mudah-mudahan Negara kita kedepan akan lebih maju. Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,453,976 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: