Marhenyantoz's Blog

Berlatih Mengisi Kultum bagi Pejabat

Posted on: 27/03/2012

  • In: Artikel | Kultum
  • Komentar Dinonaktifkan pada Berlatih Mengisi Kultum bagi Pejabat

Tidak semua orang yang berpendidikan dan menduduki jabatan pandai dalam berpidato atau meragkai kata-kata pada saat memberikan sambutan dalam acara-acara tertentu di suatu kantor. Kenyataan ini banyak dijumpai di berbagai kantor, atau  sekolah sekalipun . Padahal di sekolah dipenuhi guru-guru yang tiap hari memberikan materi dengan metode ceramah.

Bagaimana dengan orang-orang kantoran yang terbiasa diam, dalam arti kegiatannya tidak memerlukan banyak bicara. Masalah ilmu dan wawasan orang-orang yang kerja dikantoran boleh dikatakan wawasan lebih luas dibandingkan guru. Setiap pegawai kantoran banyak diisi dengan baca-baca Koran, mengakses internet , dsb. Sedangkan bagi para guru waktunya banyak dihabiskan di depan kelas menyampaikan materi-materi pelajaran. Boleh dikatakan jarang ada kesempatan membaca Koran saat-saat di sekolah.

Sebuah ide yang patut ditiru yang diterpkan oleh Bupati Karang Anyar Solo, Rina Iriani  mewajibkan para Kepala Dinas memberikan kultum sebelum rapat dimulai. Walaupun saling lempar “kamu saja-kamu saja” karena merasa tidak siap atau tidak mempunyai bahan untuk disampaikan.

Jika dilihat rata-rata para pejabat dipemerintahan sudah banyak yang bergelar Haji, bahkan Umroh sudah berkali-kali. Para kepala dinas sering memberikan sambutan, arahan, nasehat, dsb. Tapi seringpula dalam sambutannya hanya berisi “marahan” kepada bawahan. Biasanya para pejabat yang sering memberikan “sambutan marah” adalah pejabat yang tidak bisa kerja, jabatannya tidak sesuai dengan kompetensinya.

Sebuah pengalaman barangkali patut ditiru bagi suatu instansi dalam masalah ini, sebut saja Sekolah..X.., setiap bulan ada kegiatan rutin arisan keluarga besar sekolah X. Arisan ini jika dinilai uang tidak seberapa, namun manfaatnya sangat banyak, diantaranya selalu terjalin silaturahim sesama, saling tahu di rumah sesama naggota keluarga besar sekolah tersebut. Pelaksanaan arisan ini dilakukan secara bergilir di rumah masing-masing anggota yang mendapatkan undian arisan. Dan yang paling utama, siapapun yang mendapatkan giliran arisan diwajibkan menyampaikan ceramah dihadapan sesame anggota. Alhamdulillah, dalam sekian tahun berjalan akhirnya masing-masing anggota telah biasa menyampaikan ceramah , walaupun materi yang disampaikan tidak seperti para Ustad-ustad yang kondang. Namun memang masih ada satu-dua, yang belum berani menyampaikan ceramah. Tentu dengan berbagai resiko, yaitu dia harus mencari pengganti penceramah dari luar dengan mengeluarkan biaya transport sang Ustad.

Kultum atau ceramah atau apapun istilahnya, bukanlah menjadi persoalan yang urgen. Orang akan merasa takut apabila disuruh menyampaikan sebuah kultum. Tentu banyak persoalan yang melatar belakangi alasan tersebut. Yang utama adalah bagaimana seorang bisa melaksanakan apa yang disampaikan kepada orang lain. Sebuah materi kultum bisa diambilkan dari pengalaman pribadi atau “sesuatu” yang telah dilaksanakan dalam keseharian. Misalkan, seorang kepala dinas menyampaikan kultum bekerjalah sungguh-sungguh , jujur . Kepala dinas ini patut ditiru ajakan dalam kultumnya, manakala segala perbuatan di kantornya dia bekerja sungguh-sungguh dan berlaku jujur. Tetapi apabila kepala dinas, hanya sebatas isi kultumnya, sedangkan dalam kesehariannya dia korupsi, tentu akan ditertawakan para bawahannya.

Kegiatan-kegiatan semacam ini patut digalakkan di berbagai Instansi, kantor, baik pemerintah ataupun swasta, bahkan di gedung DPR, MPR sekalipun , paling  tidak saling mengingatkan sesama saudara, teman, sahabat dalam berbuat kebaikan.

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,438,150 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: