Marhenyantoz's Blog

Etika Seorang Muslim Ber Facebook

Posted on: 30/05/2011

  • In: Artikel | Islam
  • Komentar Dinonaktifkan pada Etika Seorang Muslim Ber Facebook

Semua tahu pengguna internet tentang Facebook, barangkali telah ikut bergabung bersamanya. Jutaan orang di seluruh dunia telah menggunakan facebook, dengan berbagai tujuan dan motivasi. Namun demikian telah jutaan orang juga sebagai korban dari facebook. Facebook sebagai jejaring social telah mempengaruhi jutaan orang berkaitan dengan sikap dan pengetahuannya berkaitan dengan informasi yang diperoleh dari facebook. Otak dari Jutaan orang telah terpengaruh oleh berbagai informasi dari facebook ini. Walaupun ini sekedar kata-kata “jutaan” barangkali benar adanya, tanpa survey atau penelitian.

Sudah banyak korban facebook berkaitan dengan kegiatan criminal, seperti penipuan, pelecehan seksual, perelingkuhan, membuka aib diri atau orang lain dengan menampilkan foto-foto seronok, dan sebagainya.

Tetapi jutaan orang juga telah diuntungkan dengan adanya jejaring social ini. Silaturahmi berjalan dengan baik, dapat berjumpa dengan saudara, tema-teman lama walaupun sekedar lihat gambar, secara materi juga diuntungkan bagi yang pandai menangkap peluang sehingga dapat berjualan dengan online. Banyak yangng memperoleh pengetahuan dari berbagai bidang ilmu hanya dengan menggunakan facebook ini.

Dalam mengatasi dampak dari facebook ini, sekedar berbagi bagaimana mestinya pengguna facebook terutama bagi seorang muslim menerapkan etika-etika berikut :

  1. Jadikan Facebook sebagai lahan meraih pahala (Luruskan niat jika akan menggunakan facebook dengan tujuan yang dapat memperoleh manfaat seperti berdakwah, menimba ilmu, bersilaturahmi, dsb.)
  2. Tahu Waktu ( hendaknya ingat akan waktu, jangan sampai waktu terbuang sia-sia karena berfacebook ria, sehingga lalai akan tugas dan kewajibannya).
  3. Hati-hati akan Zina (Zina di sini bisa dalam bentuk nafsu akan penggunaan mata, dengan melihat gambar/foto lawan jenis).
  4. Hati-hati dengan Kata-kata (Hind arilah  penggunaan kata-kata yang tidak baik, kotor, jorok, fitnah, provokasi, gunjingan, dll)
  5. Takutlah ada yang mengawasi ( Segala perbuatan, perkataan akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT, kelak. )
Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,415,603 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Abiubaidah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: