Marhenyantoz's Blog

Mutasi Guru dan Tunjangan Profesi

Posted on: 27/09/2012

  • In: Artikel
  • Komentar Dinonaktifkan pada Mutasi Guru dan Tunjangan Profesi

Profesi guru merupakan sebuah profesi yang mulia karena dalam melaksanakan tugasnya para guru dituntut bisa mentransfer ilmu pengetahuan dari berbagai sumber kepada anak didiknya. Kemulian sebuah profesi ini tentu jika diiringi dengan penuh rasa tanggung jawab dan ikhlas atas segala hal yang diberikan kepada anak didiknya.

Sekarang ini guru-guru telah banyak memenuhi standar sebagai guru yang profesional dengan telah mengantongi sertifikat sebagi “guru profesional”. Pemerintahpun tak tinggal diam dengan memberikan penghargaan berupa tunjangan sertifikasi bagi yang telah memenuhi berbagai syarat. Seperti telah mengajar minimal dalam seminggunya 24 jam.  Jika seorang guru tidak memenuhi syarat tersebut maka tunjangan sertifikasinya belum bisa dibayarkan. Inilah yang menjadi momok bagi seorang guru apabila di sekolahnya belum bisa mengajar 24 jam seminggu. Walaupun bisa dipenuhi jumlah jamnya dengan mengajar di sekolah lain baik negeri atau swasta, dengan syarat-syarat tertentu.

Kita ambilkan contoh mutasi guru dalam upaya penataan dan pemerataan guru PNS untuk mewujudkan pemerataan mutu pendidikan formal secara obyektif . Dengan adanya mutasi ini diharapkan dapat terwujud suatu pemerataan mutu pendidikan, sehingga harapan pemerintah dapat terlaksana. Muncul sebuah pertanyaan menyangkut mutasi guru-guru : Apakah sudah tepat tindakan mutasi ini?

Atas jawaban pertanyaan ini tentu tergantung siapa yang akan menjawabnya. Jika yang menjawab pertanyaan adalah pemerintah, tentu sudah tepat. Tetapi jika yang menjawab guru-guru yang termutasi jawabnya pasti belum.

Yang menjadi ganjalan para guru yang dimutasi antara lain lokasi rumah jauh dengan sekolah baru, apalagi antar kabupaten sehingga menambah biaya transportasi, dll. Belum lagi jika mutasi alih jenjang (misal :SMP ke SD, atau SMA ke SMK) sehingga akan menimbulkan berbagai permasalahan. Namun jika dilihat dari sisi terpenuhinya jam wajib mengajar yang minimal 24 jam perminggu, apakah telah memenuhi syarat? Inilah yang akan dipermasalahkan oleh guru-guru yang termutasi. Jam mengajar guru-guru disekolah yang dituju tentu akan kesulitan membagi jam mengajar sesuai dengan ketentuan yang 24 jam. Ini bisa disebabkan di sekolah yang dituju pas-pasan 24 jam untuk semua guru yang tersertifikasi. Bagaimana dengan tambahan guru baru hasil mutasi, tentu guru mata pelajaran tertentu harus berbagi dengan guru baru tersebut. Sehingga tidak akan terpenuhinya jam mengajar wajib yang dipersyaratkan, dan akan berakibat guru-guru resah karena tunjangan sertifikasinya tidak akan cair.

Dengan demikian, perlu dilihat secara profesional oleh yang berwenang memutasi guru dengan melihat secara keseluruhan data yang ada. Bukan hanya sebatas keinginan sepihak untuk memenuhi target terlaksananya sebuah rencana. Pemerintah berharap semua PNS bekerja secara profesional.

 

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,382,563 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: