Marhenyantoz's Blog

Harga BBM Naik, BLT dilanjutkan

Posted on: 23/02/2012

  • In: Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Harga BBM Naik, BLT dilanjutkan

Harga BBM april mendatang akan dinaikkan. Kepastian ini yang disampaikan pemerintah seperti yang dikemukakan Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono.  “Harga BBM mau tidak mau tentu mesti disesuaikan dengan kenaikan yang tepat,” ujar Susilo Bambang Yudhoyono usai rapat terbatas di Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah harus menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Keputusan itu diambil untuk melakukan penyelamatan anggaran negara.

Rencana kenaikan harga BBM itu, lanjut SBY, telah disampaikan dalam rapat terbatas kabinet yang khusus membahas subsidi. “Ini falsafah sebetulnya bahasa inggirisnya if we are to be brought. Kalau kita akan mengalami kesulitan atau kantong kita agak kempes, biarkan kantorng yang kempes itu adalah negara atau pemerintah jangan rakyat, utamanya rakyat yang miskin,” katanya.

Menurut SBY, asumsi harga minyak dalam APBN 2012 harus disesuaikan, pemerintah tidak mungkin lagi menetapkan asumsi dengan harga minyak mentah Indonesia (ICP) US$90 per barel. Sebab harga ICP saat ini mencapai US$115 per barel.

SBY menjelaskan, dalam dua bulan terakhir, perkembangan perekonomian global penuh dengan ketidakpastian. Krisis ekonomi Eropa belum dapat diatasi sepenuhnya, lalu muncul geopolitik baru di Timur Tengah.

Meningkatnya harga minyak dunia disebabkan situasi geopolitik di Timur Tengah yang terus memanas, di mana Iran menghentikan ekspor minyaknya ke Eropa dan sanksi Amerika Serikat terhadap Iran, mengakibatkan sentimen negatif sehingga mengakibatkan harga minyak naik.

“Akibat ini semua maka asumsi yang ada dalam APBN 2012 menurut pandangan saya dan juga telah dibahas oleh para menteri di bawah koordinasi Wapres itu memang harus kita sesuaikan,” kata Presiden di Istana Negara, Rabu 22 Februari 2012.

“Maksud saya, kalau kita harus menghadapi kenaikan BBM ini dan akibatnya kita harus memberikan bantuan kepada masyarakat kita utamanya masyarakat miskin ini, maka sumber anggarannya harus kita pastikan dari sumber yang tepat.”

Bagaimana dengan Rakyat Miskin?

Bagi masyarakat miskin janganlah khawatir dengan kenaikan harga bbm april mendatang. Pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah untuk membantu rakyat miskin yang terdampak kenaikan bbm.  Nampaknya BLT masih akan diterapkan  dan ditambah dengan kupon naik angkutan umum.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan berdasarkan kajian konsorsium perguruan tinggi yang dipimpin Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung, kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi harus dibarengi dengan kompensasi.
“Kajian sudah selesai, di dalamnya termasuk kalau ada perubahan (harga BBM), harus menyiapkan kompensasi,” kata Jero Wacik di Istana Negara, Rabu 22 Februari 2012.

Menurut Wacik, kompensasi tersebut selain berupa bantuan langsung tunai (BLT), juga dalam bentuk kupon uang transportasi yang akan dibagikan untuk masyarakat yang menggunakan angkutan umum.

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,283,285 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: