Marhenyantoz's Blog

Rumah Qur’an di Puncak Merapi

Posted on: 17/03/2014

  • In: Sedeqah | wakaf
  • Komentar Dinonaktifkan pada Rumah Qur’an di Puncak Merapi

Pasca erupsi Gunung Merapi 2010 lalu, Program Pembibitan Penghafal Al Qur’an (PPPA) Daarul Quran melaksanakan program pembangunan kawasan permukiman di lereng Merapi. Program bertajuk “Kampung Qur’an Merapi” ini menargetkan pembangunan 300 rumah secara gotong-royong.

Setelah adanya erupsi Merapi berlalu, ternyata warga lebih memilih kembali ke desa asal mereka. Ternak dan lahan pertanian subur di lereng Merapi, rupanya sudah menyatu dalam jiwa mereka. Padahal, menurut prakiraan Tim Ekspedisi Sabuk Merapi, ancaman erupsi Gunung Merapi pasca letusan 2010 diprediksi mengarah ke lereng selatan yang saat ini dihuni lebih dari 1000 keluarga di sembilan dusun (Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen, Singlar, Glagahmalang, Gading, Jetis Sumur, Ngancar, Besalen yang masuk Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman).

Desa tersebut berada di kawasan rawan bencana (KRB) III terdampak langsung erupsi yang berjarak sekitar 4 kilometer dari arah puncak. Kini, di kawasan rawan tersebut sektor pertanian dan perekonomian sudah berjalan baik. Warga pun merasa aman dengan keberadaan Bukit Kendil yang dianggap bisa menjadi tameng dusun dari erupsi Merapi. Untuk memperkuat benteng erupsi, PPPA Daqu menggelar Program Rumah Qur’an bersama relawan YKPU (Yayasan Klaten Peduli Umat).

Bagaimanapun Gunung Merapi hanyalah mahluk Allah. ‘’Allah lah yang dapat memerintahkannya, sebagaimana disebutkan dalam Surah Al-Araf ayat 143, Allah pula yang menghacurkan Bukit Sinai saat Nabi Musa penasaran ingin ‘’melihat’’ Allah SWT atas desakan kaumnya (QS Al-Hasyr : 21). Insya Allah, Kampung Qur’an akan menjadi benteng erupsi yang kokoh, karena Program ini dibiayai dana sedekah. Sedang sedekah jauh lebih dahsyat ketimbang kedahsyatan gunung.Kampung Qur'an di Puncak Merapi

Pembangunan rumah dilaksanakan secara gotong royong melibatkan relawan PPPA Daarul Qur’an dan masyarakat penerima manfaat program. (PPPA Daarul Quran)
Kampung Qur'an di Puncak Merapi
Program ini berbentuk pembangunan rumah semi permanen yang artistik berukuran 6 x 7 meter terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi. (PPPA Daarul Quran)
Kampung Qur'an di Puncak Merapi
Di setiap 15 rumah dibangun 1 unit Saung Qur’an berukuran 6 x 12 m yang berfungsi sebagai balai pertemuan warga dan tempat belajar mengaji dan menghafal Al Qur’an. (PPPA Daarul Quran)

Sumber : daqu.or.id  dan Anekaartikel

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,266,454 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: