Marhenyantoz's Blog

Draf Kurikulum 2013

Posted on: 02/12/2012

  • In: Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Draf Kurikulum 2013

Draf Kurikulum 2013 . Rencana pemerintah untuk memberlakukan Kurikulum Baru di tahun 2013 dapat dipastikan akan berlaku. Berdasarkan Draft Pengembangan Kurikulum 2013, diperoleh beberapa informasi esensial tentang berbagai usulan dan rencana perubahan yang akan dilakukan, khususnya berkaitan dengan: (1) Standar Kompetensi Lulusan; (2) Standar Proses;  (3) Standar Isi; dan (4)  Standar Penilaian.

Dasar dari penyempurnaan kurikulum ini adalah inpres nomor 10 tahun 2010 yaitu Percepatan  Pelaksanaan Prioritas  Pembangunan Nasional : Penyempurnaan Kurikulum dan Metode Pembelajaran Aktif Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya bangsa Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa.

Kurikulum baru ini didesain untuk menyiapkan generasi Indonesia yang lebih optimis, di mana terdapat keseimbangan antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Kurikulum disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Sebelum diberlakukannya  kurikulum 2013, maka  akan diuji publik, pemerintah memberikan waktu kepada masyarakat untuk mengevaluasi. Masukan dari masyarakat akan dibahas kembali oleh pemerintah untuk mematangkan kurikulum yang akan diberlakukan untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Untuk  di tingkat SD akan dilaksanakan dengan pendekatan sains. Jumlah pelajaran SD akan diubah dari 10 menjadi 6, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Agama, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Kesenian.

Meski jumlah pelajaran berkurang, namun jumlah jam belajar justru bertambah menjadi sekitar empat jam pelajaran per minggu. Untuk kelas 1 SD, jam belajar bertambah dari 26 menjadi 30 jam, kelas 2 SD dari 27 menjadi 32 jam, kelas 3 SD dari 28 menjadi 34 jam, dan kelas 4, 5, 6 SD dari 32 menjadi 36 jam.

Penambahan jam belajar ini juga terjadi di tingkat SMP. Meski mata pelajaran SMP berkurang dari 12 menjadi 10, namun jumlah jam belajar bertambah enam jam per minggu. Jam belajar siswa SMA pun bertambah dua jam per minggu.

Download draf Kurikulum 2013 pengembangan-kurikulum-2013

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1.871.621 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Feed yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat