Marhenyantoz's Blog

Hari Air Se-Dunia

Posted on: 22/03/2012

Hari ini, Hari Air Dunia digelar setiap tanggal 22 Maret, sebagai wadah untuk menyatukan fokus perhatian dunia kepada peran penting tersedianya air bersih dan mengupayakan tata kelola sumber daya air segar yang berkelanjutan.

Hari Air Dunia (HAD) atau World Water Day22 Maret dipilih sebagai satu hari dari satu tahun untuk merayakan ketersediaan air segar, sebagaimana direkomendasikan oleh Konverensi PBB tentang Lingkungan Hidup dan Pembangunan (UNCED). Peringatan Hari Air Dunia pertama kali diselenggarakan pada 22 Maret 1993, ketika Sidang Umum PBB merestui program ini.

Mengapa harus diperingati  ? Air merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan  terutama manusia. Paling tidak masing-masing individu akan selalu ingat pentingnya menjaga lingkungan kita agar tetap sehat , sehingga sumber air yang kita selalu gunakan  tetap terjamin ketersediaan dalam kondisi air yang higienis. Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan membersihkan kotoran yang ada di sekitar rumah. Air juga digunakan untuk keperluan industri, pertanian, pemadam kebakaran, tempat rekreasi, transportasi, dan lain-lain. Penyakit-penyakit yang menyerang manusia dapat juga ditularkan dan di­sebarkan melalui air. Kondisi tersebut tentunya dapat menimbulkan wabah penyakit dimana-mana.

Ditinjau dari sudut ilmu kesehatan masyarakat, penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air bersih yang terbatas memudahkan timbulnya penyakit di masyarakat. Volume rata- rata kebutuhan air setiap individu per hari berkisar antara 150-200 liter atau 35-40 galon. Kebutuhan air tersebut bervariasi dan bergantung pada keadaan iklim, standar kehidupan, dan kebiasaan masyarakat.

Bagaimana dengan kondisi ketersediaan air di Negara kita? Ya kondisi air cukup banyak dikala musim hujan bahkan melimpah ruah, sampai-sampai permukaan tanah tidak bisa menampung air. Bencana banjir selalu datang hingga menimbulkan korban jiwa yang tak sedikit. Sumber air bersih diperkotaan sudah mulai susah dicari, sungai tercemar dengan berbagai limbah, sungai kotor keruh karena erosi, DAS penuh dengan gedung dan berlapiskan semen, aspal.

Dihari air sedunia hari ini,  mari segenap rakyat Indonesia khususnya untuk sadar akan pentingnya ketersedian air bersih. Kesadaran ini dapat diwujudkan dengan hanya membuat  LUBANG yang bisa menampung air hujan dari atap rumah, tidak usah lebar-lebar cukup dengan volume 1m3 di dalam pekarangan rumah anda.  Bagaimana dengan yang diperumahan dengan luasan 10 m x 10 m?  Jika anda punya niatan yang baik , semuanya bisa dibuat, dimanapun. Kita bisa berhitung berapa banyak air yang bisa ditampung di tanah se DKI Jakarta jika ada 500.000 rumah maka akan dikumpulkan dalam perut bumi 500.000 m3 air . Daripada air terbuang kemana-mana dan menimbulkan banjir, mulai sekarang dicoba dulu dan tunggu manfaatnya dikudian hari.

Sejak 1993, berbagai tema telah diangkat pada peringatan Hari Air Dunia:

1994 — Peduli sumber daya air adalah tanggungjawab kita semua
1995 — Air dan Perempuan
1996 — Air untuk kota-kota yang haus
1997 — Air dunia
1998 — Air tanah — sumber daya yang tak terlihat
1999 — Semua orang tinggal di hilir
2000 — Air untuk abad 21
2001 — Air untuk kesehatan
2002 — Air untuk pembangunan
2003 — Air untuk masa depan
2004 — Air dan bencana alam
2005 — Air untuk kehidupan 2005-2015
2006 — Air dan budaya
2007 — Kelangkaan air
2008 — Tahun internasional sanitasi
2009 — Perairan lintas batas
2010 — Kualitas air
2011 — Air untuk perkotaan
2012 — Air dan ketahanan pangan

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,358,437 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Abiubaidah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: