Marhenyantoz's Blog

Masyarakat Tolak Sertifikasi Da’i dan Ustadz

Posted on: 11/09/2012

  • In: Berita | Islam | Sertifikasi
  • Komentar Dinonaktifkan pada Masyarakat Tolak Sertifikasi Da’i dan Ustadz

Bola panas “Ide sertifikasi bagi da’i dan ustadz” sudah terlanjur bergulir dan menjadi bahan perbincangan masyarakat terutama dikalangan santri dan masyarakat yang cinta dengan dakwah. Berbagai kalangan telah menyampaikan pendapatnya dengan tegas menolak ide tersebut.

Walaupun Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengusulkan agar ada sertifikasi ulama di Indonesia, namun masyarakat sudah mendengarnya. Mau tak mau masyarakat akan merespon atas segala sesuatu yang dapat menganggu kenyamanan, ketentraman, kerukunan, aktifitas keagamaan serta aktifitas seorang da’i.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai berdalih bahwa Direktur Deradikalisasi BNPT Irfan Idris ketika acara dalam diskusi Sindoradiao, Polemik, bertajuk “Teror Tak Kunjung Usai” di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2012). Katanya hanya mengambil contoh negara Singapura yang membuat sertifikasi ulama untuk kepentingan deradikalisasi.
Mengapa harus mencontoh Singapura atas keberhasilannya menghambat radikalisme? Ini merupakan sebuah tindakan yang tidak tepat, mengingat bahwa beda Indonesia , beda pula Singapura.

Ingat !!! sebutan atau gelar kyai, ustadz, buya, tuan guru dan lainnya bagi ulama adalah gelar yang disematkan masyarakat sebagai bentuk pengakuan serta penghormatan kepada seseorang yang dinilai dan diakui keilmuan agamanya.

Inilah salah satu bentuk kontrol yang akan diterapkan, sehingga akan berakibat rusakknya tatanan masyarakat. Masyarakat sudah maklum dimana setiap harinya diberi nasehat, diceramahi oleh para da’i dan Ustadz, itupun bangsa ini masih saja terpuruk. Jadi tak tepat apabila pemerintah menentukan seseorang pantas atau tidak, berhak atau tidak berhak menyandang gelar da’i ,  Ustadz dan Ulama melalui sertifikasialam. Pemerintah dalam kasus ini tetaplah fokus dalam menangani terjadinya terorisme oleh segelintir orang yang mengatasnamakan Islam. Laksanakan sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing sesuai dengan ketentuan yang berlaku.   Kalau anda ingin tetap bisa berdakwah sesuai kemampuan walaupun bukan seorang da’i , tolak ide tersebut.

Kenapa harus ditolak? Anda tidak akan mampu mendapatkan sertifikasi da’I  jika ilmu yang dimiliki juga masih sedikit, sementara kewajiban berdakwah tetap melekat sebagai seorang muslim.

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,366,219 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Abiubaidah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: