Marhenyantoz's Blog

BBM NAIK Menko Kesra: Penduduk Miskin Tambah 5 Juta

Posted on: 03/03/2012

  • In: Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada BBM NAIK Menko Kesra: Penduduk Miskin Tambah 5 Juta

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) HR Agung Laksono mengatakan, terkait rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bensin dan solar Rp 1.500 per liter April 2012 mendatang, akan menimbulkan jumlah penduduk miskin baru sekitar 4-5 juta jiwa (1,5 persen).

“Saat ini saja masih ada sekitar 30 juta penduduk miskin, sementara 30 juta lagi mendekati miskin. Padahal, pemerintah sudah bertekad akan menurunkan jumlah penduduk miskin ini pada 2014 di bawah 10 persen,” kata Menko Kesra HR Agung Laksono, usai dilantik dan dikukuhkan menjadi anggota kehormatan Lions Club Jakarta Selatan Tunas Menteng, di Jakarta, Jumat malam.

Untuk mencegah terjadinya tambahan inflasi dan tambahan kemiskinan baru, pemerintah berencana memberikan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) sebesar Rp 150.000 setiap bulan.

 

Bantuan langsung itu, menurut Agung, disalurkan melalui kantor-kantor pos yang berada di setiap kelurahan. Sementara itu, pendataan dan verifikasi mengenai warga miskin yang berhak, dilakukan oleh pihak kelurahan. Kelurahan juga turut mengawasi penyaluran BLSM.

Tak hanya itu, pemerintah juga merencanakan beberapa bantuan lagi, termasuk peningkatan penyaluran raskin, peningkatan subsidi terhadap siswa miskin, serta subsidi yang berkaitan dengan pengelolaan angkutan umum dan angkutan desa.

Berbagai bantuan itu, menurutnya, dapat mencegah meroketnya jumlah penduduk miskin di Indonesia. Agung menambahkan, program itu masih dalam proses. Pemerintah masih menunggu persetujuan parlemen.

 

Pada hari yang sama, namun di tempat terpisah, Menko Kesra mengkhawatirkan program penanggulangan HIV-AIDS di Indonesia pada tahun-tahun mendatang menghadapi permasalahan makin besar. Pasalnya, negara-negara donor sudah mulai mengurangi bantuannya, karena Indonesia dinilai sudah mampu sebagai negara kelas menengah. Tahun ini dana sumbangan asing hanya sebesar 54 juta dolar, padahal kebutuhannya mencapai 214 juta dolar.

“Pemerintah agaknya harus lebih giat lagi mencari sumber-sumber dana lain untuk menutupi kekurangan 160 juta dolar itu,” kata Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono usai rapat koordinasi tingkat menteri khusus membahas HIV-AIDS di Jakarta, Jumat (2/3).

Agung menjelaskan, kebutuhan dana penanggulangan HIV-AIDS sebelumnya memang ditanggung sepenuhnya negara-negara donor, termasuk di dalamnya Global Fund. Namun, belakangan sumbangan sudah mulai dikurangi, sehingga pemerintah harus ikut urun biaya (sharing). Padahal kebutuhan dana atas program itu setiap tahun terus meningkat.

“Pemerintah sendiri tahun ini mengalokasikan dana 37 juta dolar dari dana APBN. Sisanya, kami sangat mengandalkan peran dan dukungan pemerintah daerah dan instansi terkait,” ucap Agung

Sumber : Suara karya-online

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,453,969 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: