Marhenyantoz's Blog

Inilah Yang Mesti Dilakukan Untuk Meraih Keutamaan Ramadhan

Posted on: 20/06/2013

  • In: Amal | Ramadhan
  • Komentar Dinonaktifkan pada Inilah Yang Mesti Dilakukan Untuk Meraih Keutamaan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan keutamaan. Karena itu sudah selayaknya kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt. atas nikmatnya kembali mempertemukan kita dengan bulan yang mulia ini. Ramadhan disebut sebagai bulan penuh berkah karena di dalamnya terdapat banyak keutamaan.

Karena itu, agar orang yang shaum mendapatkan semua keutamaan tersebut, dia harus melaksanakan shaumnya dengan beberapa syarat, yaitu:

 Pertama, niat yang dimilikinya harus ikhlas. Ia menerima kedatangan Ramadhan dengan penuh, keikhlasan, shaum dan semua ibadah yang dilaksanakannya selama bulan Ramadhan harus ia laksanakan dengan penuh keikhlasan.

 Kedua, shaum yang dilaksanakannya bukan sebatas tidak makan dan tidak minum, tapi lebih dari itu, juga menjaga diri dari perbuatan-perbuatan tercela. Sebab dalam satu haditsnya Rasulullah Saw. menjelaskan: “Barangsiapa yang tidak meninggalkan kata ‘zuur’ dan beramal dengannya maka tidak ada keperluan bagi Allah  untuk memberinya ganjaran pahala terhadap makanan dan minuman yang ia tinggalkan (puasanya).” (HR. Bukhari dan Muslim).

 Artinya kita tidak sebatas mempuasakan diri dari makan dan minum, tapi harus juga mempuasakan mulut, mata, telinga dan semua anggota tubuh kita dari perbuatan dosa. Agar dapat memenuhinya, maka selama bulan Ramadhan kita harus menyibukan diri dengan beribadah kepada Allah Swt., berdzikir sepanjang waktu. Dan sebaik-baik berdzikir adalah membaca al-Quran.

 Karena itu selama bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk memperbanyak bacaan al-Quran kita. Rasulullah Saw. sendiri telah memberikan contoh kepada umatnya. Beliau mempelajari Al-Qur’an tiap malam bersama Jibril as, sebagaimana yang tersebut dalam hadits Ibnu Abbas: “Rasulullah saw bertemu dengan Jibril setiap malam Ramadhan untuk mempelajari Al Qur’an “ (HR Bukhari).

 Mengingat luar biasanya keberkahan dan keutamaan bulan Ramadhan ini, sudah sepantasnya kita mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam rangka menghadapi bulan Ramadhan kali ini, agar kita berhasil mendapatkan semua keutamaan yang terdapat di bulan penuh berkah ini.

Sumber : dewandakwah.com

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,417,850 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: