Marhenyantoz's Blog

Jl. Jend. Sudirman Kota Metro Kebanjiran

Posted on: 24/11/2012

  • In: Bencana | Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Jl. Jend. Sudirman Kota Metro Kebanjiran

Hujan deras yang mengguyur Kota Metro pada Kamis(22/11) sore menyebabkan banjir di jalan sepanjang  Jl Jend. Sudirman mulai dari batas  Kota Metro-Lampung Tengah. Jalan  yang terendam banjir di RT 2 , RT 4 dan RT 8 Kelurahan Ganjaragung, Kecamatan Metro Barat. Banjir yang paling parah terjadi di tikungan depan halte SMANDA Metro dengan ketinggian air bisa mencapai 60 cm merendam trotoar yang baru di bangun

Selain merendam trotoar air banjir juga menyebabkan beberapa sepeeda motor macet dan terpaksa di dorong , sedangkan mobil hanya satu buah yang terjebak banjir dan terpaksa dipinggirkan masuk gang. Suasana banjir ini dimanfaatkan warga nonton kendaraan yang kejebak banjir  terutama anak-anak. Sedangkan sebagian warga berusaha membersihkan sampah yang menyumbat  lubang pembuangan air ke drainase agar air cepat surut.

Menurut warga yang menonton suasana banjir di  Kelurahan Ganjaragung, banjir di depan halte SMANDA  pasti terjadi jika ada hujan yang cukup deras. Ini akibat rendahnya badan jalan tersebut serta saluran drainase sejajar dengan saluran irigasi. Sehingga air buangan drainase tidak bisa langsung lancar ke irigasi.

Masih ada lagi penyebab tidak lancarnya air masuk ke saluran irigasi adalah saluran pembuangan  ke saluran irigasi walaupun ada dua buah yang menerobos jl. Sudirman, namun karena tertutup lumpur sehingga aliran air tidak lancar.  Ditambah lagi dengan pembangunan penutup saluran drainase untuk trotoar, tidak semua saluran drainase dikeruk. Ini terjadi pada dorong-gorong di depan rumah penduduk  yang sudah permanen. Ini terlihat saat pembangunan hanya tersisa 15 cm untuk lewat air dari plat cor gorong-gorong.  Masih ada lagi penyebab  susahnya air surut  saat banjir, yaitu pembangunan penutup drainase untuk trotoar  telah dibuatkan lubang pembuangan air ke drainase namun berukuran ( 10 cm x 10 cm) disertai jarring besi sehingga daun kecilpun mudah menyumbat lubang,  serta jaraknya terlalu jauh antar lubang.

Untuk itu pemda Kota Metro atau pihak yang berwenang yang mengurusi pembangunan drainase diharap segera memperbaiki penyebab banjir di jalan Sudirman tersebut. Agar tidak terjadi kemacetan dan memudahkan rusaknya jalan-jalan di sepanjang Jl. Sudirman.

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,452,125 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: