Marhenyantoz's Blog

Bentrok di PT Central Pertiwi Bahari 3 Orang Tewas

Posted on: 14/03/2013

  • In: Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Bentrok di PT Central Pertiwi Bahari 3 Orang Tewas

Lagi-lagi bentrok antar dua massa terjadi di Lampung. Kali ini terjadi di tambak udang PT Central Pertiwi Bahari  bekas PT Central Pertiwi Bratasena yang lebih dikenal dengan tambak Bratasena. Dua kelompok petambak yang selama ini berbeda sikap terhadap perusahaan PT CPB di Dente Teladas, Kabupaten Tulangbawang, Lampung, Selasa, terlibat bentrokan, sehingga mengakibatkan 3 tewas dan  puluhan orang mengalami luka-luka.

Bentrokan yang terjadi antara petambak plasma Forum Silaturahmi (Forsil) dengan plasma P2K (Petambak Pro-Kemitraan )dan karyawan yang sedang tugas ronda di Pos Ronda PLO dan Pos Ronda FPD.

Bentrokan itu dipicu akibat Cokro Edy Prayitno sang Ketua  pengurus Forsil serta-anggota Forsil yang menolak diperiksa ketika melewati Pos Security Pasiran setelah bersilaturahmi ke rumah Mubayin di Pasiran. Karena menolak diperiksa, maka Cokro dan Pengurus-Anggota Forsil dilarang masuk lokasi tambak PT CPB, dan akhirnya Cokro dan kawan-kawannya itu menginap di rumah Mubayin.

Namun, setelah mendengar Ketua, Pengurus, dan anggota Forsil dilarang masuk areal pertambakan PT CPB, plasma Forsil dari Kampung Adiwarna dan Kampung Mandiri berhimpun untuk menjemput Cokro dan rombongan di Pasiran, akan tetapi mereka mendapatkan penghadangan dari plasma P2K dan karyawan yang sedang ronda di Pos Ronda PLO dan Pos Ronda FPD.

Akibatnya, kemudian terjadilah bentrok fisik antarkedua kelompok itu pada dua tempat tersebut, sehingga jatuh korban jiwa dan luka-luka puluhan orang.

Saat ini korban akibat bentrokan itu sebanyak tiga orang meninggal , Suwandi alias Wawan karyawan cold storage yang ditemukan pkl 09.30 WIB di kanal MO Kampung Adiwarna, Edi Ardiansyah karyawan coldroom, alamat Dusun 4 RT/RW 04/04 Rekso Binangun Rumbia yang ditemukan pkl 14.00 WIB tenggelam di kanal sekitar PLO Kampung Adiwarna, dan Sumanto petambak plasma, alamat Blok 1, Jalur 22, Petak 12 Kampung Adiwarna yang ditemukan pkl 15.30 WIB di kanal sekitar PLO Kampung Adiwarna.

Sungguh sangat disayangkan kejadian ini menimpa rakyat kecil yang mencari rezeki di sebuah perusahaan untuk menghidupi keluarga. Bentrok yang melibatkan karyawan dengan petambak adalah sebuah kejanggalan.

Pos security yang mestinya dijaga satpam malah dijaga para karyawan seperti bagian cold storage, coldroom, serta petambak P2K adalah sebuah kesalahan. Ini yang perlu diselidiki pihak aparat keamanan, siapa saja yang berada dikelompok pro perusahaan yang ikut memeriksa di pos ronda. Mengapa dalam satu perusahaan ada yang pro dan kontra dengan perusahaan? Ada apa antara P2K yang jumlahnya ratusan dengan Forsil berjumlah ribuan petambak?

Mudah-mudahan cepat diselesaikan dan kondisi tambak cepat kondusif dan berproduksi kembali, rakyat kecil tenang, keluarganya sejahtera.

Iklan

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,357,569 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: