Marhenyantoz's Blog

Kekeringan Melanda Negeri

Posted on: 03/07/2012

Kemarau di awal juli sudah mulai terasa. Siang hari tadi udara panas menyengat, sinar matahari tanpa terhalang mendung sedikitpun. Melihat kanan kiri jalan hanya berjajar pohon-pohon beton, hamparan tanah pekarangan berupa pavingblock. Ranting-ranting pohon digelantungi dedaunan yang mulai mengering. Daun-daun kusam kotor Nampak kecoklatan terlapisi dengan debu-debu yang menempel di daun.

Begitulah suasan yang dapat digambarkan perjalanan menyusuri jalan tengah kota yang terasa panas, apalagi saat menunggu lampu hijau akan menyala diperempatan jalan berlampu merah. Padahal hanya menunggu sekitar 1 menit rasanya seperti terpanggang karena panasnya siang tadi.

Pohon-pohon besar digantikan dengan pohon beton, tanaman tampak ada daunya yang tidak begitu rimbun di pot-pot median jalan, atau tanaman di median jalan. Wlaupun tiap sore disiram air menggunakan mobil tanki, tetapi tanaman tersebut tidak subur juga. Ibaratnya orang disuruh minum terus, tanpa diberi makanan pokok, apalagi diberi vitamin tambahan, mana bisa gemuk subur dan sehat. Tanaman penghojauandi median jalan tiap hari hanya disiram air tanpa dipupuk, lama-lama yang akan mati juga, sehingga nantinya tinggal median jalan dari semen yang tersisa.

Jika berandai-andai dikanan-kiri jalan banyak pohon besar dan rindang, alangkah adem rasanya disiang hari walaupun kondisi musim kemarau. Kota terasa sejuk, hijau, asri. Pertanyaannya : bisakah diwujudkan ?
Pemerintah telah mencanangkan One Billion Indonesian Trees (OBIT) Penanaman Satu Milyar Pohon. Akankah bisa terwujud? Pememimpin dipusat telah senang mendapat laporan-laporan yang menyenangkan dari bawahan. Telah ditanam sekian juta di kota A, B, C, dst. Sehingga jumlahnya 1 milyar pohon.

Begitu besar dana yang dipersiapkan dan dikucurkan oleh program penghijauan tersbut. Berapa yang ditanam? Pohon apa yang ditanam?
Nampaknya program tersebut tidak akan dapat hasil maksimal. Kenapa?
Pengadaan bibit asal dibuat, sehingga bukan bibit yang bagus tetapi asal berujud bibit yang tertanam dipolybag. Itulah kondisi hasil proyek pemerintah yang melibatkan orang-orang berkeinginan cari keuntungan pribadi tanpa mementingkan kondisi yang akan terjadi sekian puluh tahun kedepan yang akan berakibat pada anak cucu mereka.

Kondisi cuaca, kondisi alam yang begitu drastic perubahannya seperti musim kemarau tahun ini, baru 1 bulan tidak hujan sama sekali, terasa benar panasnya, pohon-pohon mulai mati, sumber air susah didapat, kehidupan masyarakat bawah makin terasa parah, ditambah aparat pemerintah banyak yang berbuat tidak terpuji dengan dengan korupsinya.

Namun patut masyarakat berterima kasih jika pemerintah benar-benar ingin menyalurkan bantuan penanganan kekeringan baik untuk keperluan rumah tangga ataupun pertanian. Asalkanbantuan benar-benar sampai dan senilai dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

Seperti diberitakan Tempo Interaktif, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 1,7 triliun untuk mengatasi kekeringan akibat musim kemarau. Anggaran ini akan diambil dari anggaran kontijensi pangan dalam APBN 2011 yang totalnya Rp 3 triliun. “Pemerintah menyiapkan beberapa program, salah satunya yakni program pompanisasi,” kata Hatta di Istana Negara, Senin 12 September 2011.

Sebenarnya tidak cukup hanya diberikan dana sebesar itu, namun akan lebih berarti ditambah dengan pendidikan kesadaran masyarakat pentingnya akan Penghijauan , menjaga kelestarian hutan, pemahaman akan ke Keyakinan Beragama, Peningkatan kadar Iman, meningkatkan kesadaran tidak Korup, sehingga negara kita akan terhindar dari kekeringan, yaitu :

Kekeringan Air, kekeringan Iman, kekeringan Mental tidak akan melanda negeri kita.

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Doa Usai Shalat Fardhu (uji coba) file beda

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 1,285,367 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

%d blogger menyukai ini: