Marhenyantoz's Blog

Pemimpin Yang Amanah

Posted on: 02/05/2013

Tugas kita sebagai seorang manusia di muka bumi ini ternyata sangatlah berat. Dikatakan bahwa manusia terkadang berlaku sombong karena merasa sedang memiliki kekuasaan , memilki jabatan penting yang memiliki segudang kewenangan. Jabatan yang sedang dipegangnya mungkin saja bukan merupakan kehendaknya untuk menduduki jabatan tersebut. Tetapi bisa saja atas kemauan mereka sendiri lantaran berkeinginan menduduki jabatan tersebut.

Banyak pejabat yang mempunyai jabatan penting dan setrategis karena kemauannya, artinya dengan segala macam cara berusaha agar bisa menduduki jabatan tersebut. Sikut kanan sikut kiri, sodok kanan sodok kiri, sogok sana sogok sini, suap sana suap sini.

Tetapi ketika berbicara di depan orang banyak, entah anak buahnya atau dihadapan teman temannya, atau atasanya dengan ringan lidahnya mengatakan : mendapat amanah. Namanya amanah itukan sebuah pemberian tanpa ada permintaan dari yang diberi. Dengan demikian jika mereka minta jabatan artinya jabatan itu bukanlah sebuah amanah.

Barangkali suatu saat anda diberikan sebuah amanah, jalankanlah dengan sebaik-baiknya, sekuat tenaga, semampunya, berbuat sebaik mungkin, berlaku adil terhadap anak buahnya, berbuat baik terhadap kerabatnya, jangan berbuat keji, membuat kemungkaran , membuat permusuhan sesama anak buahnya, sesama tema-temannya. Janganlah membuat peta konflik di dalam area kerjanya. Mengadu domba sesama anak buahnya dengan menjual nama salah satu temanya agar terjadi konflik. Dengan demikian dia akan mendapatkan keuntungan dengan adanya konflik tersebut. Tujuannya untuk mempertahankan kedudukannya.

Bisakah anda sebagai seorang pemimpin berbuat adil, menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya ?

Pertanyaannya seperti apakah ciri-ciri pemimpin yang tidak amanah itu?

Pemimpin yang tidak memenuhi syarat keahlian, yaitu sebagaimana syarat pemimpin yang disepakati ulama Islam, adalah: Islam, baligh dan berakal, lelaki, mampu (kafaah), merdeka atau bukan budak dan sehat indera dan anggota badannya.

Pemimpin yang tidak memiliki syarat keahlian pasti tidak amanah. Misalnya, seorang yang tidak sehat indera dan anggota badannya dan menjadi pemimpin sebuah negara atau bangsa. Ia bisa dipastikan tidak mampu menjalankan amanahnya karena faktor kesehatannya, kemudian dia juga tidak mampu melakukan tugas-tugas yang berat karena cacat sehingga akhirnya lebih banyak berbuat untuk dirinya sendiri daripada untuk rakyatnya.

Berikutnya pemimpin yang tidak amanah adalah mementingkan diri sendiri, keluarga dan kelompoknya, tidak menegakkan keadilan bagi seluruh rakyatnya. Ia juga tidak mengembangkan kekayaan negeri untuk kepentingan rakyatnya, tetapi untuk kepentingan diri sendiri, keluarga dan kelompoknya saja, bahkan bila perlu dengan mengorbankan rakyat dan negaranya.

Berikutnya pemimpin yang tidak amanah adalah berlaku zhalim. Pemimpin yang tidak amanah bersifat zhalim. Dia melaksanakan kepemimpinan itu bukan untuk melaksanakan amanah, melainkan untuk berkuasa dan memiliki segala kekayaan negeri sehingga dapat berbuat zhalim kepada rakyatnya. Yang dipikirkan adalah kekuasaannya dan fasilitas dari kekuasaan itu, tidak peduli rakyat menderita dan sengsara.

 

About these ads


Uploaded with ImageShack.us

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 798,753 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Era Muslim

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: