Marhenyantoz's Blog

Workshop dan Ujian Pengadaan Barang dan Jasa

Posted on: 08/10/2012

  • In: Berita
  • Komentar Dimatikan

 

 

 

 

Workshop dan Ujian Pengadaan Barang dan JasaWorkshop Pengadaan Barang dan Jasa telah berlangsung selama 3 hari (6-8 oktober 2012) di Hotel Nusantara  Jl By Pas Bandar Lampung. Workshop ini dilaksanakan oleh Kementrian Agama Prop. Lampung bekerjasama dengan LKPP Pusat sebagai penguji untuk mendapatkan sertifikat Tenaga Profesional bidang Pengadaan Barang dan Jasa.

Pada Workshop Pengadaan Barang dan Jasa ini diikuti oleh 100-an peserta dari beberapa satker MIN, MTsN , MA adalah para guru.. Diakhir sesion hari Sabtu adalah saatnya ujian Pengadaan Barang dan Jasa  yang diikuti 200-an  peserta, yang terdiri dari guru, staf, Kepala-kepala madrasah serta para pejabat Kemenag Kabupaten/Kota serta para pejabat di Linkungan Kementerian Agama Propinsi Lampung.

Acara malam hari diisi dengan absensi diaula serta pembagian kelompok workshop. Kemudian hari minggu pagi dari jam 08.00 sampai jam 16.30 dikebut dengan materi. Malam hari tidak ada acara , peserta dipersilahkan yang mau belajar, santai, ..silahkan saja. Maklum saja workshop kali ini tanpa ada pembagian jadwal kegiatan yang resmi, apa yang disampaikan panitia secara lisan akan diikuti peserta.

Pada hari senin pagi  mulai jam 09.12 sampai dengan 11.12 para  peserta kurang lebih 200-an mengikuti ujian tulis untuk mendapatkan sertifikasi dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pusat. Dimana, bagi peserta yang lulus ujian akan dipersiapkan sebagai Panitia Pengadaan Barang/Jasa dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kementerian Agama. Sebagian besar peserta nampak serius mengikuti ujian, sebagian lain dengan santainya yang penting mengisi LJK. Ada peserta yang berbisik-bisik , “banyak yang sekedar mengikuti ujian karena perintah atasan” dan tidak ingin lulus ujian.

Memang betul soal-soalnya agak susah, karena baru sekali ini belajar tentang Pengadaan Barang dan Jasa . Apalagi sama sekali belum pernah membaca Perpres No 70/2012 sedangkan soal yang ada berasal dari Perpress tersebut serta berbagai permaslahan yang sering muncul pada saat  proses pelelangan.   Berdasarkan penuturan sebagian peserta sudah ikut ujian sampai 3-5 kali belum lulus juga. Sementara Kemenag membutuhkan tenaga ahli yang bersertifikat Pengadaan Barang dan Jasa  sesuai aturan pada 2013 petugas PPK(Pejabat Pembuat Komitmen)  harus bersertifikat.

Pada saat workshop berlangsung munculah berbagai “CURHAT” sebagian peserta yang pernah menjadi PPK atau panitia lelang. Siapakah yang mau menjadi PPK? Panitia Pengadaan Barang/jasa Pemerintah sangat beresiko tinggi. Pada saat dimulainya proses  Pengadaan Barang dan Jasa  akan berhadapan dengan para  calon Kontraktor dengan berbagai pengawalan ketat “para preman”. Yang rata-rata “berwajah  dan bersikap keras” terhadap sesama calon kontraktor . “Perang” biasa terjadi di lokasi memasukkan penawaran, tidak peduli sekalipun di Sekolahan.  Saling adu keberanian dalam menakuti calon kontraktor lain  dengan berbagai cara, berbagai “senjata” pun di bawa.

Karena PPK akan berurusan dengan penggunaan uang negara, bisa jadi  berurusan dengan BPK, KPK, Kejaksaan, Kepolisian, dan akhirnya penjara.  Tidak hanya itu saja, wartawan “bodrek”, LSM-LSM juga ikut meramaikan suasana “panas” karena urusan proyek yang  menggunakan uang negara. Tentu banyak lagi permasalahan yang lebih serem lagi….jika semua mantan PPK menyampaikan CURHAT-nya.

Untuk itu pemerintah berusaha mencari solusi dengan meluncurkan cara baru yaitu E-Procurement secara online   dengan  tujuan untuk meminimalisir temu muka para kontraktor, sehingga mengurangi resiko “tawuran”.

About these ads
Tag: ,


Uploaded with ImageShack.us

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 855,078 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Era Muslim

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: