Marhenyantoz's Blog

Al Quran Terbesar di Dunia

Posted on: 24/08/2012

Al Qur’an Terbesar Di Dunia

Al Qur’an adalah Kitab suci umat muslim, yang sering kita lihat Al-Quran dicetak dalam berbagai ukuran dan bentuk. Suatu hal yang tidak asing bila kita melihat ukuran dan bentuk Al-quran yang kecil atau biasa. Dengan ukuran kecil, Al-Quran mudah dan bisa dibawa ke mana-mana saat kita hendak membacanya.

Berbeda dengan yang ada di Republik Tatarstan, Federasi Rusia ini, Al-quran memiliki ukuran dan bentuk sangat besar dan merupakan yang terbesar di dunia. Al-Quran yang dicetak ini memiliki berat 800 pound(sekitar 500 kg), 120 pound diantaranya berat jilid Al-Quran itu sendiri.

Jilid Al-Quran terbuat dari batu malachite dan dilengkapi dengan batu-batu permata lainnya, seperti jasper atau batu merah, turquoise atau pirus, koral, gold leaf, topaz dan perak. Untuk membuka jilid Al-Quran ini dibutuhkan tenaga 4-6 orang.

Al-Quran dengan tebal 632 halaman ini  dicetak di Italia dengan menggunakan kertas khusus dari Skotlandia. Setiap lembarnya memiliki berat 250 gram. Lebar Al-Quran 1,5 meter, panjang 2 meter dan tebal 25 sentimeter. Apabila dalam keadaan terbuka, lebarnya menjadi 3 meter.

 

Dengan keunikan ini, Al-Quran tersebut masuk ke dalam buku Guinness World Records. Sementara itu, Kementerian Kebudayaan Federasi Rusia mencatat Al-Quran ini sebagai buku yang memiliki nilai-nilai budaya.

Pada tanggal 17 November 2011 Al-Quran terbesar di dunia tersebut tiba di Kazan, Ibukota Republik Tatarstan dan disimpan di Masjid Agung Kul-Sharif yang berlokasi di Kremlin Kazan.

Pada tanggal 17 Mei 2012 puluhan umat muslim Tatarstan membaca Kitab Suci ini secara bergantian selama sehari semalam di Masjid Kul-Sharif.

Pencetakan Al-Quran tersebut untuk menjunjung Islam dan nilai-nilainya sebagai agama tradisional yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Tatarstan.

Sejak tanggal 21 Mei 2012 Kitab Suci yang masuk buku Gunness World Record ini disimpan di sebuah gedung khusus memorial muslim di Bulgar, Tatarstan. Penempatan Al-Quran ini juga untuk memperingati  1090 tahun Islam sebagai agama resmi pemerintah di wilayah Volga Bulgary.

Bulgar adalah sebuah kota tua dan bersejarah bagi umat muslim Tatarstan. Pada bulan Mei 922 masehi Islam dijadikan agama resmi pemerintahan di wilayah Volga Bulgary saat itu. Volga Bulgary juga merupakan pemerintahan muslim pertama di Eropa Timur. Sementara itu, menurut para ahli sejarah, Islam sendiri masuk ke Bulgar pada tahun 737 masehi atau 185 tahun sebelum dijadikan agama resmi pemintahan.

al quran terbesar di dunia dari Republik Tatarstan

Baca  di  http://www.islamlife.ru/blog/90.html  dan http://www.pravda.ru/photo/album/18526/5/

About these ads


Uploaded with ImageShack.us

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 676,096 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Era Muslim

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 68 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: