Marhenyantoz's Blog

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Buka Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru

Posted on: 06/07/2012

Satu lagi perguruan tinggi  teknik berdiri di SUMATRA, yang diberinama Institut Teknologi Sumatra(ITERA).  Perguruan Tinggi ini akan berdiri di Kota Baru Lampung Selatan. ITERA  ini sementara ditangani oleh ITB Bandung dari awal, pengembangan dan penyelenggaraannya.

Ini memberikan peluang bagi lulusan SMA/MA/SMK untuk bersaing mendapatkan kursi di PT  teknik, walaupun sementara kursi terbatas.

Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan dalam beberapa tahapan, dilakukan secara on-line melalui situs ITB diwww.itera.itb.ac.id pada tanggal 6-15 Juli 2012.

Syarat Pendaftaran

  1. Lulusan SMA/MA/SMK-Sejeanis tahun 2010, 2011, 2012.
  2. Bagi Calon Penerima Beasiswa Pemerintah Daerah di Sumatera melalui Kemitraan Daerah, calon harus berasal (asal sekolah atau domisili) dari Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah pemerintah daerah pemberi beasiswa.

Tata Cara Pendaftaran On-Line

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (SPM-ITERA 2012) dilakukan dalam beberapa tahap, diantaranya harus dilakukan secara on-line pada alamat: www.itera.itb.ac.id dengan tata cara pendaftaran sebagai berikut:

  1. Calon peserta menyiapkan soft-copy (scan) pas foto terbaru dan berwarna dalam format JPG atau PNG dengan ukuran maskimal 100 kB.
  2. Melakukan pendaftaran secara on-line pada alamat usm.itera.itb.ac.id dengan mengisikan data nama lengkap, email, username dan password. Peserta akan mendapatkan “Nomor Form”.
  3. Melakukan Login untuk pengisian biodata, upload file foto serta pemilihan program studi.
  4. Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran SPM-ITERA 2012 sebesar Rp 150.000,00 (Seratus lima puluh ribu rupiah) setelah menerima nomor form. Pembayaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 15 Juli 2012 pukul 14.00 WIB melalui Rekening ITB-ITERA No. 0901048020 di Bank BNI melalui loket/teller atau ATM. Bukti pembayaran diemail keitera@pusat.itb.ac.id atau dikirim melalui fax ke nomor 022-2508519 paling lambat tanggal 15 Juli 2012 pukul 15.00 WIB. Pada bukti pembayaran harus dicantumkan nama lengkap dan nomor form.
  5. Panitia SPM-ITERA 2012 memeriksa bukti pembayaran dan melakukan konfirmasi melalui email peserta yang didaftarkan.
  6. Calon peserta yang oleh Panitia SPM-ITERA 2012 dinyatakan telah melalukan pembayaran dapat melakukan download Tanda Peserta Ujian Masuk ITERA 2012 dan mencetaknya, kemudian menandatangani pada kolom yang disediakan. Tanda Peserta Ujian Masuk ITERA 2012 ini harus dibawa pada saat mengikuti ujian.

Adapun Program Studinya adalah :

Program Studi

Institut Teknologi di Sumatera (ITERA) dirancang untuk mengoptimalkan potensi dan sumberdaya terutama yang berada di Sumatera. Untuk itu ITERA dirancang untuk memiliki berbagai program studi dalam bidang sains, teknologi dan budaya yang relevan berdasarkan pengalaman yang dimiliki ITB. Kurikulum program studi di ITERA dirancang sesuai dengan program studi serupa di ITB, namun tetap memperhatikan potensi spesifik yang ada. Sebagai tahap awal untuk Tahun Akademik 2012/2013 ada 5 (lima) program studi sarjana (S1) yang akan dibuka dengan daya tampung masing-masing sebanyak 20 mahasiswa setiap program studi, yaitu:

Program Studi

Daya Tampung

Fisika

20

Teknik Geodesi dan Geomatika

20

Teknik Elektro

20

Teknik Geofisika

20

Perencanaan Wilayah dan Kota

20

Uraian ringkas program studi dapat dilihat pada www.itera.itb.ac.id. Pada SPM-ITERA 2012, setiap pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi dengan urutan pilihan yang menunjukkan prioritas.

a. PROGRAM STUDI FISIKA
Ilmu fisika merupakan salah satu pilar utama ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan pemahaman mengenai fenomena alam serta kemungkinan aplikasinya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia. Di dalam Prodi ini mahasiswa akan mempelajari berbagai hal ditinjau dari aspek fisisnya. Sebagai contoh dalam fisika dipelajari tentang gelombang: sifatnya, perilaku gelombang dan contoh dalam peristiwa sehari-hari. Proses belajar di prodi ini tidaklah lepas dari kegiatan laboratorium. Banyak mata kuliah dari tahun pertama hingga tahun terakhir yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswanya untuk lebih memahami apa yang dipelajari melalui praktikum di laboratorium.

b. PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO
Bidang teknik elektro adalah satu bidang rekayasa yang sangat berpengaruh dalam perkembangan peradaban manusia dalam seratus tahun terakhir ini. Kontribusi Teknik Elektro diperkirakan akan terus dalam masa yang akan datang. Terbukanya berbagai usaha manusia hanya dimungkinkan dengan adanya teknologi yang dikembangkan oleh Teknik Elektro. Lulusan Teknik Elektro adalah agen transformasi yang sangat dibutuhkan dengan memberikan praktek kerekayasaan yang terbaik dalam setiap aspek kerekayasaan seperti operasi dan pemeliharaan, perancangan, dan inovasi produk baru, melakukan riset yang paling terkini, dan lain-lain. Kebutuhan akan lulusan Teknik Elektro adalah satu yang paling tinggi diantara bidang rekayasa lainnya.

c. PROGRAM STUDI TEKNIK GEOFISIKA
Teknik Geofisika mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamis bumi, yang mencakup kegiatan pengukuran dengan menggunakan peralatan geofisika (gravity, seismic, geomagnetic, geoelectric, elasticity, radiometric dating, serta melakukan kuantifikasi proses alam dalam bentuk nyata), melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam, serta melakukan interpretasi data yang secara keseluruhan dapat dimanfaatkan oleh komunitas ilmu kebumian. Selain itu dipelajari pula teknologi untuk pemanfaatan sumberdaya bumi dan lingkungan alam. Mahasiswa Teknik Geofisika mempelajari juga mitigasi bencana alam (pencegahan dan usaha meminimumkan dampak-dampak negatif bencana alam dan mengusahakan sara-sarana pendukungnya untuk meminimumkan dampaknya), pada saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor dan patahnya lempengan kerak bumi.

d. PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA
Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota adalah prodi yang mempelajari tentang perencanaan, baik pada aspek keruangan (spasial) atau yang dikenal dengan perencanaan tata ruang dan pembangunan atau perencanaan pembangunan. Pemahaman tentang aspek keteknikan, ekonomi, sosial, kemasyarakatan menjadi bahan kajian untuk menghasilkan lulusan yang dapat membuat perencanaan pada skala lokal (site plan atau detailed plan), perencanaan kabupaten/kota, propinsi dan nasional. Adapun bidang kajiannya antara lain dapat juga, namun tidak terbatas, pada pariwisata, transportasi, industri, pedesaan, partisipasi masyarakat, kebencanaan, perubahan iklim dan sejenisnya.

e. PROGRAM STUDI TEKNIK GEODESI DAN GEOMATIKA
Bidang Teknik Geodesi dan Geomatika telah berperan sangat penting dalam pembangunan sepanjang sejarah, dan telah berkembang semakin pesat seiring dengan perkembangan sains & teknologi pada abad modern ini. Mahasiswa dipersiapkan sebagai manajer informasi geospasial yang handal dalam pengelolaan data geospasial. Dalam Program Sarjana Teknik Geodesi dan Geomatika, mahasiswa dididik melalui kegiatan perkuliahan, praktikum (di laboratorium dan lapangan), kemah kerja dan penelitian tugas akhir. Mata kuliah wajib dalam kurikulum mencakup mata kuliah ilmu dasar (geodesi, (survey dan pemetaan) serta teknologi informasi spasial (satelit penginderaan jauh dan sistem informasi geografi) dan mata kuliah pilihan yang merupakan pendalaman dan aplikasi dari ilmu geodesi yaitu antara lain: sistem informasi geospasial, kadaster, survei rekayasa pantai, survei satelit untuk penentuan posisi, dan survei deformasi & geodinamika. Lapangan kerja terbentang luas bagi lulusan program studi Teknik Geodesi dan Geomatika.

Biaya Pendidikan

  1. Biaya pendidikan pada tahun pertama sebesar Rp 40.000.000,- (Empat puluh juta rupiah).
  2. Mahasiswa tahun pertama ditempatkan di asrama kampus ITB Jatinangor dengan biaya Rp 5.400.000 setahun (diluar biaya listrik pra-bayar).

Bagi mahasiswa penerima beasiswa dari Pemerintah Daerah di Sumatera dapat memperoleh informasi di situs www.itera.itb.ac.id.

Informasi

Sekretariat SPM-ITERA 2012
Gedung CCAR ITB Lantai 4, Jalan Tamansari No. 64 Bandung.
Telp/fax: 022-2508519, 022-2530689
E-mail: itera@pusat.itb.ac.id

Dinas Pendidkan Provinsi Lampung
Jl. Drs.Warsito No. 72/1 Bandar Lampung
-Agus Dwi Sunarti,SE,MM (08117210662)
-Agraini Latif (081379277697)
-Sakdial (08127289462)

About these ads
Tag:


Uploaded with ImageShack.us

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 857,062 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Republika Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Era Muslim

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: