Marhenyantoz's Blog

Kultum Ramadhan : PERUSAK HATI

Posted on: 17/08/2010

Kultum Ramadhan : PERUSAK HATI

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah, menyebutkan lima (5) perkara perusak hati manusia yaitu bergaul dengan banyak kalangan (baik dan buruk), angan-angan kosong, bergantung kepada selain Allah, kekenyangan dan banyak tidur.

Hati adalah pengendali dalam diri manusia. Jika hatinya baik maka perbuatannya baik pula, demikian pula sebaliknya. Untuk itu di bulan ramadhan ini mari kita jaga hati kita tetap terjaga. Di bulan suci ini Allah SWT, memberi kemudahan pada hamban-Nya berbuat baik, karena Allah SWT telah membelenggu semua setan dari golongan jin/setan. Serta Allah SWT membuka semua pintu surga. Tinggal kita mau pilih masuk ke pintu mana? Surga atau neraka.

Jika ada yang menanyakan kenapa masih ada hamba-hamba yang tidak berbuat kebaikan? Setan mana yang mengganggu? Jawabannya adalah setn dari golongan manusia.
Pertama, bergaul dengan banyak kalangan
Bergaul dengan baik itu penting, tapi jangan asal bergaul dengan seseorng. Bergaul denngan orang yang salah tentu akan menimbulkan masalah. Carilah teman bergaul dengan melihat kualitas agamanya, jika dengan orang rusak maka agamanya rusak, jika dengan orang shaleh maka agamanya baik.
QS Az-Azukhruf (43) :67. Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.
Maka bergaullah dengan orang-orang shaleh, ulama, jangan bergaul dengan orang ahli bid’ah dan ahli maksiat.
Kedua, larut denngan angan-angan kosong
Banyak angan-angan kosong adalah tipu daya. Sedangkan orang yang mempunyai cita-cita tinggi dan mulia, maka akan berkaitan dengan ilmu, iman dan amal shaleh yang mendekatkan diri pada Allah SWT.
Ketiga, Bergantung kepada selain Allah
Inilah faktor terbesar perusak hati. Orang yang menyerahkan dirinya selain kepada Allah SWT maka akan dihinakan dia oleh Allah SWT. Hanya kepada Allah SWT kita bergantung. Perhatika Firman Allah SWT dalam QS Maryam (19) ayat 81-82 :81. Dan mereka Telah mengambil sembahan-sembahan selain Allah, agar sembahan-sembahan itu menjadi pelindung bagi mereka, dan 82. Sekali-kali tidak. kelak mereka (sembahan-sembahan) itu akan mengingkari penyembahan (pengikut-pengikutnya) terhadapnya, dan mereka (sembahan-sembahan) itu akan menjadi musuh bagi mereka.

Serta QS. Al-Isra’ (17) ayat 22 : Janganlah kamu adakan Tuhan yang lain di samping Allah, agar kamu tidak menjadi tercela dan tidak ditinggalkan (Allah).

Keempat, Makanan
Makan itu penting, apalagi yang bergizi cukup 4 sehat 5 sempurna. Tapi ingat akan pembagian jenisnya ada yang HALAL dan HARAM. Demikian juga jangan kekenyangan, anda akan malas, ngantuk, itulah temannya setan. Pedoman makan yang disampaikan oleh Rasulullah saw seperti dalam HR. At-Tirmidzi, Ahmad dan Hakim, disahihkan oleh Al-Albani yaitu ” Tidaklah seorang anak Adam memenuhi bejana yang lebih buruk dari memenuhi perutnya(dengan makanan dan minuman). Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap (makanan) yang bisa menegakkan tulang rusuknya. Jika harus dilakukan, maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga lagi untuk nafasnya”.

Kelima, kebanyakan tidur
Banyak tidur mematikan hati, memenatkan badan, menghabiskan waktu, membuat lupa dan malas. Kapan tidur yang paling bermanfaat? Yaitu pada saat dibutuhkan. Tidur yang sangat dibenci adlah antara shalat Subuh denga terbitnya matahari.

Marilah pada bulan suci ramadhan ini kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya untuk bekal kehidupan dunia – akhirat. Dan meraih derajat sebagai insan kamil dan insan yang Taqwa.

Kultum Ramadhan : Manfaat dan Keutamaan Istighfar

Salah satu cara untuk menghapus dosa dan meraih ampunan Robb semesta alam adalah dengan istighfar.
Manfaat dan Keutamaan Istighfar
1. Perintah Allah SWT kepada para hamba-Nya
QS Al Baqarah (2) : 199. Dan mohonlah ampun kepada Allah; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

2. Meraih kenikmatan yang terus mengalir
QS. Hud (11) :3. Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang Telah ditentukan dan dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. jika kamu berpaling, Maka Sesungguhnya Aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.

3. Ampunan Allah SWT hanya untuk Mukmin yang bertaqwa
QS. Al-Maidah (5) : 9. Allah Telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

4. Allah SWT tidak mengadzab kaum yang beristighfar
QS. Al-Anfaal (8) : 33. Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.
5. Rezeki akan turun dari Langit bagi yang beristighfar
QS. Nuh (71) : 10-12 Maka Aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya dia adalah Maha Pengampun-,
Niscaya dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Uploaded with ImageShack.us

Tebar Dakwah ….Cukup Klik Gambar

Download Fatwa MUI


Download yg lainh di http://www.mui.or.id/index.php/fatwa-mui.html

Wakaf Al-Qur’an

Pengingat Hari ini

Marhaban Yaa Ramadan Mari kita isi bulan Ramadhan 1433 H dengan kegiatan yang penuh dengan amal ibadah untuk meraih insan yang fitri, serta mutaqin di akhir Ramadan

Translate to your language

Radio Online

Kajian.Net

Selamat

Daftar Isi

Slogan

Marquee Tag - http://www.marqueetextlive.com

doctor ratings" Jika kejujuran kita miliki ..Kebenaran pasti menang..Kebatilan pasti Tumbang"

IP

IP

Blog Stats

  • 852,741 hits

Pengunjung dari ……

free counters

Arsip Tulisan

Peta Visitor

Majalah berilmu sebelum beramal dan berdakwahatau versi cetak "Cukup Berlangganan"

Link Gambar

Admin

Image by FlamingText.com

Pingin klik sajaFlamingText.com

RSS Abiubaidah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Republika Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Hidayatullah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Era Muslim

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Arrohmah.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Quick Counter

HTML hit counter - Quick-counter.net

Do’a Selepas Shalat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: